Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website WikoCaK. Sengaja saya membangun website ini sebagai sarana untuk mengembangkan skill menulis yang saat ini sedang saya tekuni. Mungkin beberapa tahun yang lalu, menulis adalah hal yang jarang sekali saya lakukan. Akan tetapi berhubung saya memiliki kebiasaan menyendiri, jarang berkumpul, dan sulit untuk menyampaikan ide/gagasan yang saya punya, maka dari itu, saya melampiaskan semuanya melalui tulisan. Sebenarnya saya sudah menulis blog (platform blogspot) sejak tahun 2015, namun hanya sebatas ‘corat-coret’ yang tidak memiliki aturan atau gaya penulisan dan itupun sangat jarang. Kemudian pada tahun 2019, saya membuat website idebebas.com dan mulai aktif menulis hingga saat ini.

Di sana saya menulis berbagai hal, mulai dari petualangan, teknologi, pengetahuan dan sebagainya. Awalnya, idebebas.com dibangun dengan tujuan yang sama seperti pembuatan blog sebelumnya, yaitu untuk mengungkapkan apa yang saya pikirkan. Seiring berjalannya waktu, idebebas.com mulai bermitra dengan google untuk menayangkan iklan (google adsense). Saya pun mulai tergiur dengan penghasilan yang didapatkan dari adsense tersebut. Sehingga dalam menulis artikel, selain mencari kata atau diksi yang baik, saya juga harus mempertimbangkan SEO. Hal ini dilakukan agar artikel yang saya buat bisa muncul di halaman pertama google. Sampai akhirnya, saya berada pada titik dimana harus memilih SEO yang baik atau gaya penulisan yang baik. Tentu saja, ini adalah pilihan yang sangat sulit. Tapi akhirnya saya menemukan solusinya, yaitu tetap mempertahankan SEO yang baik di website idebebas.com dan membuat website ini untuk mengedepankan segala aspek kepenulisan. Ya, website ini saya bangun tanpa memikirikan SEO maupun penghasilan adsense.

Sebab, pembuatan website ini dimaksudkan untuk meningkatkan skill saya dalam menulis. Serta membangun brand atas nama saya sendiri Wiko Nurdian. Lalu dari mana asal kata WikoCaK?

Setidaknya ada tiga pengertian dari kata WikoCaK, yaitu sebagai berikut:

  1. WikoCaK merupakan penggabungan dua kata yaitu Wiko dan Kocak.
  2. WikoCaK merupakan singkatan dari Wiko Eca Keren. Siapa Eca? Dia adalah seseorang yang saya lamar beberapa hari lalu, yang InshaAllah akan menjadi pendamping hidup. Sebenarnya singkatan tersebut kami buat sejak kelas 2 SMA. Tapi maaf, alur cerita awal mula singkatan tesebut tidak bisa saya jelaskan karena pasti akan sangat panjang.
  3. WikoCaK dapat dieja dengan suara wi-ko-cak. Dimana pelafalan suku kata wi sama seperti pelafalan arti kami dalam bahasa inggris (we). Jadi dapat diucapkan seperti ini We Kocak, yang berarti Kami Kocak.

Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa website ini sangat identik dengan kata Kocak?

Jawabannya sangat sederhana.

Website ini merupakan representasi dari kebahagiaan, senyuman, dan tawa yang saya miliki. Intinya, semua hal yang menyenangkan saya representasikan di website ini. Sesuatu yang dapat membuat orang tertawa dan bahagia adalah hal lucu. Tentu saja, Kocak disini berarti lucu atau jenaka. Ini pula yang menjadi harapan saya untuk para pembaca agar selalu merasa bahagia.

Oh iya, untuk memudahkan dalam menyebut atau memanggil para pembaca website WikoCaK, saya membuat sebutan khusus untuk para pembaca sekalian, yaitu Cakers/Para Cakers. Tidak ada arti khusus dari kata Cakers tersebut. Hanya saja, saya menganggap bahwa orang yang selalu kocak/menyenangkan/bahagia bisa disebut dengan nama Cakers/Para Cakers.

Berbicara tentang filosofi nama, tak lepas juga dari pembahasan tentang logo. WikoCaK memiliki logo dengan bentuk umum belah ketupat. Warna dasar putih dan panjinya berwarna merah dengan outline berwarna hitam.

Logo WikoCaK memiliki filosofi yang sangat dalam dan penuh makna. Berikut ini penjelasan dari logo WikoCaK.

  1. Warna yang mendominasi adalah merah dan putih. Warna ini memiliki arti yang sama seperti warna dasar website WikoCaK.com, yaitu melambangkan keberanian dan kesucian seperti bendera Indonesia tercinta.
  2. Bentuk belah ketupat mencerminkan kekuatan dan kekokohan yang identik dengan islam.
  3. Sekilas, bentuk logonya terlihat menyerupai berlian. Ini merupakan harapan agar website WikoCaK terus berkilau dan bersinar layaknya berlian.
  4. Bentuk simetris dari logo ini melambangkan keseimbangan yang harus dimiliki agar tercapainya kehidupan yang harmonis.
  5. Jika diputar 90 derajat ke kanan, maka akan terlihat huruf-huruf yang bisa dirangkai menjadi W I K O C A K.

Terakhir, saya berharap website ini bisa menjadi wadah dalam mengasah skill menulis yang menjadi hobi ini. Memberikan banyak manfaat, baik untuk saya sendiri maupun untuk para pembaca.

Terima kasih.