Aplikasi OASSE

Membangun Bisnis Bersama #AplikasiOASSE agar Cepat Berkembang, Seperti ini Cara Lengkap dalam Menggunakannya!

Melalui telepon, bapak mengeluh kepadaku karena warungnya terus merugi walaupun pembelinya banyak. Aku yang mendengar keluhan bapak, tidak bisa berbuat apa-apa karena sedang berada di perantauan. Dugaanku, kerugian yang dialami oleh bapak dikarenakan adanya transaksi yang tidak terpantau sehingga mempengaruhi perhitungan laba-rugi. Beruntung, aku menemukan aplikasi OASSE yang bisa dicoba oleh bapak untuk mengelola warungnya. Hasilnya, kini transaksi pada warung bapak bisa diawasi dan dimonitoring dengan mudah sehingga tidak merugi lagi. Bahkan, aku pun bisa melihat perkembangan warung bapak dari sini, dari tempat perantauan yang jaraknya ratusan kilometer. Inilah keuntungan menggunakan aplikasi OASSE, yaitu dapat membantu bisnis berkembang dengan cepat. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi OASSE? Yuk, cek!

Pembeli Ramai tetapi Rugi

Kecelakaan sepeda motor yang menimpa ibu ketika dalam perjalanan, membuat bahu kanannya patah dan harus dioperasi. Meskipun operasi berjalan lancar, tetapi butuh waktu sampai beberapa bulan hingga ibu kembali pulih. Dampak dari kecelakaan tersebut mengakibatkan bapak yang sedang bekerja di luar kota harus pulang kampung untuk menjaga ibu. Bapak pun membuka warung di rumah agar tetap mendapat penghasilan selama di kampung halaman.

Baru beberapa hari bapak membuka warung, pembelinya langsung ramai. Hal tersebut dikarenakan bapak juga membuka usaha wifi di rumah. Jadi, pelanggan wifi bisa sambil jajan di warung bapak. Melihat keadan warungnya yang ramai, bapak pun menjadi senang. Sebab, itu berarti dapur di rumah bisa tetap ngebul.

Sebenarnya aku ingin membantu bapak untuk merawat ibu di rumah, tetapi apa daya, saat ini aku sedang bekerja di perantauan. Sehingga hanya bisa membantu bapak dari jarak jauh, seperti memberi ide menjual jajanan yang laris, mengatur tempat jualan agar pembeli nyaman, hingga mengirim uang tiap bulan, apa pun itu asalkan bisa membantu keluarga tercinta di rumah.

Mengelola Warung Menggunakan OASSE

Awal bapak membuka warung, aku merasa senang karena beliau bilang bahwa warungnya ramai pembeli. Syukurlah, setidaknya ada pemasukan walaupun sedang di rumah. Namun, hal tersebut tak bertahan lama. Sebab setiap akhir bulan ketika bapak menghitung penghasilan dari warung tersebut, ternyata hitungannya selalu menunjukkan kerugian. Melihat fakta tersebut, kami semua menjadi bingung. Apakah ada yang salah dengan hitungan bapak? Sepertinya tidak mungkin, sebab bapak sudah berkali-kali menghitung dan hasilnya tetap rugi.

Warung bapak yang ramai pembeli tetapi merugi, sempat membuat aku kebingungan. Mau membantu pun tidak bisa karena jarak dari kampung halaman ke tempat perantauan sangat jauh. Hingga akhirnya aku tak sengaja membaca informasi tentang aplikasi OASSE. Aku pun mencoba aplikasi tersebut, dan dampaknya sangat luar biasa!

Sebenarnya, apa sih aplikasi OASSE itu? Kenalan, yuk!

Aplikasi OASSE sebagai Solusi

OASSE adalah sebuah aplikasi kasir online (point of sales) yang dapat memudahkan pemilik bisnis untuk membuat laporan pembelian, penjualan, piutang, hutang, stok barang, dan berbagai macam kegiatan administratif lainnya. Musabab kegiatan tersebut dilakukan secara online, maka dari itu pemilik bisnis bisa memonitoring usaha mereka dengan mudah secara realtime, kapanpun dan dimanapun berada.

OASSE sendiri merupakan singkatan dari One Application Solution for Small Enterprise yang bermakna: cukup satu aplikasi saja sebagai solusi bagi UMKM dalam mengelola bisnisnya. Aplikasi ini digagas oleh Ahmad Syahfuddin. Ak, CA. yang merupakan pemimpin Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Ahmad Syahfuddin, seorang akuntan yang sudah mempelajari dan melayani lebih dari 60 perusahaan di bawah naungan PT. ASCON INOVASI DATA yang berbasis di Bengkulu.

Monitoring Usaha Menggunakan OASSE

Penggunaan nama OASSE sendiri merupakan pengingat dari visi perusahaan untuk terus berinovasi membantu pelaku UMKM agar berkembang dan naik kelas. Kedepan, OASSE akan terus melakukan perkembangan sehingga bisa membantu semua aspek bisnis UMKM, bukan hanya sebatas aplikasi Point of Sale saja.

Aplikasi kasir online OASSE bisa digunakan pada beberapa bidang UMKM, seperti Minimarket, Apotek, Bakery, Kelontong, Klinik, Kuliner, Retail, Salon, dan sebagainya. Hingga saat ini, OASSE sudah membantu banyak pelaku bisnis dan digunakan lebih dari 9.000 pelanggan dengan transaksi lebih dari 100.000 dan 6.000.000 lebih produk yang telah terjual.

Terdapat beberapa paket layanan OASSE, dimana setiap paket memiliki fitur yang berbeda-beda. Paket tersebut yaitu: Paket Silver, Paket Gold, dan Paket Platinum. Berikut ini detail fitur yang ada di dalam paket OASSE.

Paket Silver OASSE

PAKET SILVER

  1. Data Kategori
  2. Data Sub Kategori
  3. Data Satuan
  4. Data Produk
  5. Penjualan
  6. Daftar Pesanan
  7. Rekap Harian
  8. Rekap Per Transaksi
  9. Rekap Faktur Pembelian
  10. Laporan Transaksi
  11. Lap. Laba Produk
  12. Pengaturan Struk
  13. Export Data Master
  14. Import Data Master
  15. Tagihan
  16. Informasi Usaha
  17. Profil Owner
  18. Aktivitas Login
  19. Lap. Pembayaran
  20. Lap. Harian Kasir
  21. Pengaturan Pembulatan
  22. Pengaturan Toko Online
  23. Lap. Transaksi Kasir
  24. Transaksi Detail
  25. Uji Coba Gratis

Harga:
Rp.99.000/bulan
atau
Rp. 990.000/tahun

Paket Gold OASSE

PAKET GOLD

  1. Data Kategori
  2. Data Sub Kategori
  3. Data Satuan
  4. Data Produk
  5. Data Harga Grosir
  6. Data Pelanggan
  7. Data Tipe Pelanggan
  8. Data Suplier
  9. Data Pengguna
  10. Pembelian
  11. Penjualan
  12. Tambah Pesanan
  13. Daftar Stok
  14. Daftar Pesanan
  15. Cetak Stok Barang
  16. Stok Opname
  17. Files Pesanan
  18. Transaksi Kasir
  19. Rekap Harian
  20. Rekap Bulanan
  21. Rekap Per Transaksi
  22. Rekap Tabulasi Harian
  23. Laporan Transaksi
  24. Lap. Persediaan
  25. Lap. Laba Produk
  26. Cetak Lap. Persediaan
  27. Pengaturan Struk
  28. Export Data Master
  29. Import Data Master
  30. Tagihan
  31. Informasi Usaha
  32. Pengaturan Akses
  33. Rekap Rekam Medis
  34. Profil Owner
  35. Aktivitas Login
  36. Lap. Pembayaran
  37. Lap. Harian Kasir
  38. Pengaturan Toko Online
  39. Lap. Transaksi Kasir
  40. Perubahan Harga Jual
  41. Transaksi Detail
  42. Uji Coba Gratis

Harga:
Rp.399.000/bulan
atau
Rp. 3.990.000/tahun

Paket Platinum OASSE

PAKET PLATINUM

  1. Data Kategori
  2. Data Sub Kategori
  3. Data Satuan
  4. Data Produk
  5. Data Harga Grosir
  6. Data Pelanggan
  7. Data Tipe Pelanggan
  8. Data Suplier
  9. Data Voucher
  10. Data Pengguna
  11. Data Rekening
  12. Pembelian
  13. Penjualan
  14. Tambah Pesanan
  15. Daftar Stok
  16. Daftar Pesanan
  17. Cetak Stok Barang
  18. Stok Opname
  19. Files Pesanan
  20. Transaksi Kasir
  21. Transaksi Hutang
  22. Transaksi Piutang
  23. Retur Pembelian
  24. Retur Penjualan
  25. Rekap Harian
  26. Rekap Bulanan
  27. Rekap Per Transaksi
  28. Statistik Per Jam
  29. Rekap Tabulasi Harian
  30. Rekap Faktur Pembelian
  31. Statistik Harian
  32. Statistik Bulanan
  33. Rekap Poin Pelanggan
  34. Rekap Hutang
  35. Laporan Transaksi
  36. Rekap Piutang
  37. Manajemen Poin
  38. Rekap Sales
  39. Lap. Persediaan
  40. Lap. Laba Produk
  41. Cetak Lap. Persediaan
  42. Pengaturan Struk
  43. Export Data Master
  44. Import Data Master
  45. Tagihan
  46. Informasi Usaha
  47. Pengaturan Akses
  48. Rekap Rekam Medis
  49. Profil Owner
  50. Poin Pelanggan
  51. Aktivitas Login
  52. Pengaturan Poin
  53. Rekap Stok Opname
  54. Lap. Pembayaran
  55. Lap. Harian Kasir
  56. Pengaturan Pembulatan
  57. Pengaturan Toko Online
  58. Lap. Transaksi Kasir
  59. Pengaturan Tanggal Transaksi
  60. Perubahan Harga Jual
  61. Transaksi Detail
  62. Uji Coba Gratis

Harga:
Rp.699.000/bulan
atau
Rp. 6.990.000/tahun

Hadirnya aplikasi kasir online OASSE memberikan angin sejuk bagi pemilik bisnis. Sebab, para pemilik bisnis tidak harus menghabiskan waktunya di depan toko atau meja kasir untuk memantau bisnisnya. Cukup dengan aplikasi OASSE, para pemilik bisnis bisa memantau tokonya kapanpun dan dimanapun berada.

Maka dari itu, melihat aplikasi luar biasa seperti OASSE, aku pun penasaran untuk mencoba dan menggunakannya pada warung bapak. Setelah menggunakan akun OASSE uji coba tersebut aku bisa menyimpulkan bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan. Mari aku tunjukkan bagaimana cara menggunakan aplikasi kasir online OASSE.

Persiapan Menggunakan OASSE

Sebelum mulai menggunakan aplikasi OASSE, kita harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Di dalam proses persiapan ini, kita akan melakukan beberapa hal seperti: melakukan pendaftaran, membuat akun, menambah produk, dan sebagainya.

Beruntung bagiku karena bisa mencoba paket tertinggi, yaitu Paket Platinum sehingga dapat merasakan semua fiturnya dengan lengkap.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi OASSE agar bisa melakukan transaksi dan monitoring usaha dengan mudah.

1. Mendaftar Akun OASSE

Nah, untuk mendaftar akun di OASSE, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Buka halaman website OASSE, lalu klik tombol Daftar atau bisa langsung akses halaman pendaftaran berikut: https://kasir.oasse.id/daftar

1. Cara Daftar OASSE

2. Isi form pendaftaran dengan lengkap, setelah itu klik tombol Daftar Sekarang.

2. Cara Daftar OASSE

3. Masukan kode verifikasi yang dikirimkan kepada nomor Whatsapp, lalu klik tombol Verifikasi.

3. Cara Daftar OASSE

4. Setelah berhasil di verifikasi, silakan login akun yang sudah didaftarkan tadi untuk mengisi data usaha yang dimiliki.

4. Cara Daftar OASSE

5. Setelah berhasil masuk ke dashboard OASSE, kita akan diminta untuk melengkapi data usaha, silakan klik tombol Lengkapi Data Usaha.

5. Cara Daftar OASSE

6. Isi informasi usaha dengan lengkap, mulai dari Nama Usaha, Jenis Usaha, hingga Logo Usaha. Setelah diisi semua, klik tombol Simpan.

6. Cara Daftar OASSE

7. Selanjutnya kita akan diminta untuk memilih paket yang tersedia. Silakan pilih paket sesuai kebutuhan (contoh: Paket Platinum), lalu klik tombol Pilih Paket.

7. Cara Daftar OASSE

8. Proses pendaftaran selesai.

8. Cara Daftar OASSE

2. Membuat Akun OASSE

Di dalam aplikasi OASSE terdapat tiga akun yang memiliki fungsi berbeda-beda dan bisa disesuaikan, yaitu Administrator, Kasir, dan Sales. Akun yang tadi didaftarkan merupakan akun Administrator yang bisa mengoperasikan semua fitur di dalam OASSE. Selain itu, kita juga bisa membuat akun Administrator baru, Kasir dan Sales yang hanya bisa mengakses fitur-fitur tertentu saja. Berikut ini cara membuat akun di OASSE.

1. Login ke halaman dashboard akun Administrator yang tadi sudah didaftarkan, setelah itu pilih menu Data Master > Data Pengguna. Di sini, kita bisa melihat akun pengguna yang sudah ada (jika sebelumnya pernah membuat akun pengguna). Silakan klik tombol Tambah untuk membuat atau menambahkan akun pengguna baru.

1. Cara Buat Akun OASSE

2. Isi Data Pengguna yang dibutuhkan seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Username, Tipe User, Password, Ulangi Password, No HP, Email, Akses Login, dan Hak Akses.

2. Cara Buat Akun OASSE

3. Pada bagian Tipe User, silakan pilih tipe akun yang diinginkan: Administrator, Kasir, atau Sales. Setelah memilih Tipe User, secara otomatis sistem akan memilih Hak Akses untuk masing-masing akun (Hak Akses default). Kita bisa mengubah Hak Akses default tersebut agar sesuai dengan keinginan dengan cara mencentang/uncentang fitur-fitur yang tersedia.

3. Cara Buat Akun OASSE

4. Jika sudah diisi semua, scroll ke bawah untuk menambahkan foto pengguna. Klik tombol Browse lalu pilih foto yang ada di komputer. Atur foto agar sesuai, setelah itu klik tombol Simpan.

4. Cara Buat Akun OASSE

5. Selamat, akun pengguna baru (Administrator) sudah berhasil dibuat.

5. Cara Buat Akun OASSE

3. Membuat Kategori dan Sub Kategori

Kategori dan Sub Kategori digunakan untuk mengelompokkan produk yang dijual agar mudah dicari. OASSE menyediakan fitur untuk membuat Kategori dan Sub Kategori yang bisa digunakan dengan mudah. Hanya beberapa langkah saja, kita sudah berhasil membuat Kategori dan Sub Kategori.

Berikut ini cara untuk membuat Kategori.

1. Buka halaman Dashboard Administrator yang sudah dibuat, setelah itu pilih menu Data Master > Data Kategori. Akan muncul daftar Kategori yang pernah dibuat, silakan klik tombol Tambah untuk membuat atau menambahkan Kategori baru.

1. Cara Buat Kategori OASSE

2. Isi data Kategori seperti Nama, Kode, dan Status. Jika sudah, klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Kategori OASSE

3. Kategori sudah berhasil dibuat.

3. Cara Buat Kategori OASSE

Sebenarnya cara untuk membuat Sub Kategori hampir sama dengan membuat Kategori. Hanya ada satu hal yang berbeda, berikut cara untuk membuat Sub Kategori.

1. Buka halaman Dashboard Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Sub Kategori. Kemudian akan muncul daftar Sub Kategori yang pernah dibuat, silakan klik tombol Tambah untuk membuat atau menambahkan Sub Kategori.

1. Cara Buat Sub Kategori OASSE

2. Isi data Sub Kategori seperti Nama, Kategori, Kode, dan Status. Kolom Kategori diisi dengan Kategori yang pernah kita buat sebelumnya. Jika sudah, klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Sub Kategori OASSE

3. Sub Kategori sudah berhasil dibuat.

3. Cara Buat Sub Kategori OASSE

4. Membuat Satuan Produk

Satuan produk digunakan untuk menentukan ukuran atau unit dari nilai produk, seperti contohnya: kg, pcs, liter, buah, pack, sachet, dan sebagainya. Aplikasi kasir online OASSE menyediakan fitur untuk membuat satuan produk sendiri sesuai keinginan pengguna. Cara untuk membuat satuan produk di OASSE sangat mudah, yaitu seperti berikut.

1. Buka halaman dashboard Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Satuan. Kemudian akan muncul daftar satuan yang pernah dibuat sebelumnya. Silakan klik tombol Tambah untuk membuat satuan baru.

1. Cara Buat Satuan OASSE

2. Masukan nama satuan (contohnya: Pcs) serta pilih statusnya, setelah itu klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Satuan OASSE

3. Satuan produk sudah berhasil dibuat.

3. Cara Buat Satuan OASSE

5. Membuat Daftar Produk

Produk yang kita jual bisa dimasukan dengan mudah dalam Daftar Produk melalui OASSE, sehingga pengelolaan dan pemantauannya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi ini. Nantinya, Daftar Produk yang dibuat ini akan diintegrasikan dan ditampilkan ke Website Toko Online. Keren, bukan? Nah, untuk membuat Daftar Produk di OASSE bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, berikut caranya.

1. Masuk ke halaman dashboard Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Produk. Setelah itu akan muncul data produk yang pernah dibuat, silakan klik tombol Tambah untuk membuat produk baru.

1. Cara Buat Produk OASSE

2. Masukan detail produk seperti Nama Produk, Harga Modal, Harga Jual, Satuan, Kategori dan Sub Kategori, Tanggal Expired, dan sebagainya. Isi selengkap mungkin untuk memudahkan dalam memonitoring produk. Setelah itu, scroll ke bawah. Klik tombol Browser lalu masukan gambar produk yang sesuai. Jika sudah klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Produk OASSE

3. Produk baru berhasil dibuat.

3. Cara Buat Produk OASSE

6. Membuat Tipe dan Data Pelanggan

Data Pelanggan dibuat untuk mencatat transaksi dari pelanggan tertentu, seperti pelanggan yang loyal, pelanggan setia, pelanggan yang berhutang, dan sebagainya. Selain itu, kita juga bisa menentukan Tipe Pelanggan dengan membuat tingkatan tertentu, seperti Pelanggan tipe Platinum, Gold, Silver, atau tingkatan sejenis agar bisa membedakan pelanggan satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut dimaksudkan agar pelanggan yang paling loyal bisa diperlakukan lebih istimewa seperti mendapat diskon dan sebagainya. Nah, di OASSE terdapat fitur untuk membuat Tipe dan Data Pelanggan seperti ini.

Berikut cara untuk membuat Tipe Pelanggan.

1. Masuk ke dashboard Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Tipe Pelanggan. Setelah itu akan muncul daftar tipe pelanggan yang sudah dibuat sebelumnya, klik tombol Tambah untuk membuat tipe pelanggan baru.

1. Cara Buat Tipe Pelanggan OASSE

2. Masukan Nama tipe pelanggan yang diinginkan, Status, dan Keterangan. Setelah itu, klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Tipe Pelanggan OASSE

3. Data Tipe Pelanggan sudah berhasil dibuat.

3. Cara Buat Tipe Pelanggan OASSE

Setelah membuat Tipe Pelanggan, sekarang kita akan membuat Data Pelanggan yang memuat berbagai informasi tentang pelanggan. Cara membuat Data Pelanggan di OASSE ini juga sangat mudah, yaitu seperti berikut.

1. Masuk ke dashboard Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Pelanggan. Setelah itu akan muncul data pelanggan yang sudah dibuat sebelumnya. Silakan klik tombol Tambah untuk menambahkan data pelanggan baru.

1. Cara Buat Data Pelanggan

2. Masukan data pelanggan seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, No HP, Alamat, dan sebagainya termasuk Tipe Pelanggan yang tadi sudah dibuat. Masukan juga foto pelanggan dengan mengklik tombol Browse. Jika sudah diisi semua, klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Data Pelanggan

3. Data Pelanggan sudah berhasil dibuat.

3. Cara Buat Data Pelanggan

7. Membuat Data Suplier

Suplier adalah pihak pemasok atau penyuplai produk-produk yang kita jual. Dengan membeli produk melalui suplier, maka harganya bisa lebih murah. Hal tersebut tentu akan meningkatkan keuntungan bagi para penjual atau pebisnis. Oleh sebab itu, OASSE menyediakan fitur untuk menambahkan data suplier agar laporan transaksi antara pebisnis dengan suplier bisa dipantau dengan mudah.

Cara untuk menambahkan Data Suplier pada OASSE sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Masuk ke halaman Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Suplier. Setelah itu akan muncul daftar suplier yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Silakan klik tombol Tambah untuk menambahkan data suplier baru.

1. Cara Buat Data Suplier OASSE

2. Masukan data suplier seperti Nama, Alamat, No HP, dan sebagainya. Setelah itu, klik tombol Simpan.

2. Cara Buat Data Suplier OASSE

3. Data Suplier baru berhasil ditambahkan.

3. Cara Buat Data Suplier OASSE

8. Membuat Data Rekening

Pada aplikasi kasir OASSE terdapat fitur untuk memasukkan data rekening yang akan digunakan sebagai KAS usaha. Data rekening ini tidak hanya terbatas pada rekening bank semata, tetapi juga rekening e-wallet. Dengan begitu, kita bisa memiliki beberapa rekening untuk melakukan proses transaksi secara online. Hal ini tentu akan menambah kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan. Cara untuk membuat data rekening ini sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Masuk ke halaman dashboard Administrator, lalu pilih menu Data Master > Data Rekening. Kemudian akan muncul data rekening yang pernah dibuat sebelumnya, silakan klik tombol Tambah untuk menambah data rekening baru.

1. Cara Menambah Data Rekening OASSE

2. Masukan Jenis Rekening, Nomor Rekening, Bank/E-Wallet, dan Status. Ada beberapa Jenis Rekening yang bisa dipilih, yaitu QRIS, E-WALLET, EDC, dan BANK. Setelah sudah diisi semua, klik tombol Simpan.

2. Cara Menambah Data Rekening OASSE

3. Data Rekening baru sudah berhasil ditambahkan.

3. Cara Menambah Data Rekening OASSE

Mulai Menggunakan OASSE

Setelah semua data usaha disiapkan, sekarang saatnya untuk mulai melakukan transaksi dan memonitoring usaha melalui aplikasi OASSE. Ada beberapa transaksi yang bisa dilakukan, seperti Transaksi Pembelian, Penjualan, Hutang, Piutang, dan sebagainya. Selain itu, kita juga bisa memonitoring laporan dan rekap transaksi dari jarak jauh. Selain memudahkan, aplikasi OASSE ini juga sangat keren, bukan?

Berikut ini beberapa kegiatan usaha yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi OASSE.

1. Transaksi Pembelian

Transaksi Pembelian dilakukan ketika kita membeli produk, sehingga transaksi ini melibatkan pihak suplier. Di dalam aplikasi OASSE, terdapat fitur untuk melakukan transaksi pembelian yang bisa dilakukan dengan mudah. Perlu diketahui bahwa data transaksi pembelian akan terintegrasi juga dengan data lain seperti Hutang (jika transaksi pembelian tidak lunas atau pembayaran kurang) dan data laporan transaksi lainnya.

Berikut ini cara untuk melakukan transaksi pembelian menggunakan aplikasi OASSE.

1. Masuk ke halaman Administrator, lalu pilih menu Pembelian. Setelah itu pilih produk yang ingin dibeli. Produk ini merupakan Data Produk yang sudah kita buat sebelumnya. Ada dua cara untuk memilih produk yang ingin dibeli, yaitu menggunakan kolom pencarian lalu klik Enter atau langsung klik tombol Cari. Kita coba dengan cara mengklik tombol Cari.

1. Fitur Pembelian OASSE

2. Muncul form Daftar Produk yang pernah dibuat, silakan klik tombol + untuk menambahkan produk ke daftar pembelian. Tutup form Daftar Produk jika sudah selesai.

2. Fitur Pembelian OASSE

3. Masukkan Jumlah produk yang ingin dibeli dan diskonnya (bila ada). Pada tahap ini, pastikan bahwa Harga Beli tidak lebih besar dari Harga Jual. Sebab jika Harga Beli lebih tinggi dari Harga Jual maka akan rugi. Setelah selesai, silakan klik tombol Proses Transaksi.

3. Fitur Pembelian OASSE

4. Muncul form Data Transaksi. Pilih Suplier tempat kita membeli produk, masukan No. Faktur Pembelian, Diskon Transaksi (bila ada), Ongkos Kirim (bila ada), PPN, Jumlah Pembayaran, dan Catatan. Setelah selesai, klik tombol Proses Transaksi.

4. Fitur Pembelian OASSE

*Jika pembayaran kurang, maka akan masuk ke dalam Hutang.

5. Transaksi Pembelian sudah berhasil diproses. Di sini kita bisa melihat detail produk yang dibeli. Kita juga bisa melakukan retur bila ada produk yang rusak dengan cara mengklik tombol Retur Transaksi. Silakan cetak transaksi tersebut dengan mengklik tombol Cetak Transaksi.

5. Fitur Pembelian OASSE

6. Silakan cetak struk transaksi yang dibutuhkan. Ada tiga struk, yaitu Panda Pos 58 (Master), A4 Faktur, dan A4 Surat Jalan.

6. Fitur Pembelian OASSE

7. Berikut contoh ketiga struk tersebut.

7. Fitur Pembelian OASSE

2. Transaksi Penjualan

Transaksi Penjualan merupakan yang paling penting karena transaksi ini bisa menghasilkan keuntungan. Seperti namanya, transaksi ini terjadi ketika kita menjual produk ke pelanggan. Di dalam OASSE terdapat fitur untuk melakukan transaksi Penjualan dengan mudah. Selain Administrator, fitur ini juga bisa diakses oleh kasir. Sebab kasir lah yang menjual produk di toko kita. Meskipun begitu, kita sebagai pemilik bisnis tetap bisa memantau transaksi Penjualan ini dengan mudah melalui aplikasi OASSE.

Berikut ini cara melakukan transaksi penjualan melalui aplikasi OASSE.

1. Login ke aplikasi OASSE, baik menggunakan akun Administrator maupun Kasir, lalu pilih menu Penjualan. Cari produk yang akan dijual pada kolom pencarian lalu tekan Enter, atau klik tombol Produk. Kita akan coba menggunakan tombol Produk.

1. Penjualan OASSE

2. Muncul form Daftar Produk. Klik tombol + untuk memasukan produk ke dalam daftar penjualan. Jika sudah memilih semua produk yang akan dijual, tutup kembali form Daftar Produk tersebut.

2. Penjualan OASSE

3. Masukan Jumlah produk yang dijual dan Diskon (bila ada). Pada kolom Sales, pilih sales yang berperan dalam mengajak pelanggan untuk melakukan transaksi tersebut (bila ada).

3. Penjualan OASSE

4. Setelah itu masukan informasi pembayaran pada form Detail Transaksi yang ada di sebelah kanan.

4.1. Penjualan OASSE

Isi semua detail pembayaran pada form Detail Transaksi seperti berikut.

4.2. Penjualan OASSE

Pelanggan: Cari pelanggan yang melakukan transaksi (bila data pelanggan sudah diinput). Apabila data pelanggan yang melakukan transaksi belum diinput, maka bisa dikosongkan saja.
Tanggal: Masukan tanggal dan waktu transaksi (terisi otomatis).
Harga Total: Menampilkan harga total penjualan.
Lainnya: Pilih potongan biaya seperti Diskon (Diskon Persen, Diskon Rupiah, Diskon Poin, Diskon Voucher) atau Biaya tambahan seperti Biaya PPN, Biaya Ongkir, dan Biaya Lainnya.
Pembayaran: Masukan nominal yang dibayarkan oleh pelanggan. Jika uang pelanggan kurang, maka akan masuk ke Piutang.
Kembalian (Rp): Masukan jumlah kembalian (bila ada).
Struk: Pilih struk yang ingin dicetak (Panda Pos 58, Faktur, Surat Jalan).

Jika sudah diisi semua, silakan klik tombol Proses Transaksi. Setelah itu, langsung pada langkah nomor 6.

5. Pada langkah ke-4, jika pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan melalui transfer (cashless), maka pada kolom Pembayaran pilih Non-Tunai.

5.1. Penjualan OASSE

Kemudian akan muncul form Pembayaran Non-Tunai. Silakan isi Metode Pembayaran (rekening tujuan pembayaran), Nominal Pembayaran, dan Keterangan. Jika sudah, klik tombol Tambahkan Pembayaran.

5.2. Penjualan OASSE

6. Transaksi Penjualan sudah selesai dilakukan, kemudian akan muncul halaman untuk mencetak struk Penjualan. Klik tombol Print untuk mencetak struk tersebut.

6. Penjualan OASSE

7. Struk penjualan sebagai bukti kepada pelanggan sudah berhasil dicetak.

7. Penjualan OASSE

3. Transaksi Kasir

Ada kalanya kasir yang menjaga toko kita membutuhkan uang untuk melakukan pembayaran tertentu seperti, bayar listrik toko, bayar galon air minum, bayar PDAM, dan sebagainya. Nah, pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan oleh kasir ini dapat dicatat dengan mudah melalui aplikasi OASSE. Transaksi ini bisa dilakukan dengan menggunakan akun Administrator maupun akun Kasir. Berikut ini cara melakukan transaksi kasir melalui aplikasi OASSE.

1. Masuk ke halaman dashboard Administrator atau Kasir, lalu pilih menu Transaksi Kasir. Kemudian masukan Metode Transaksi (rekening yang digunakan untuk bertransaksi), Jenis Transaksi (Pengeluaran atau Pemasukan), Produk Transaksi, Nominal, Jumlah, dan berhubungan dengan siapa transaksi tersebut. Jika berhubungan dengan pelanggan, maka klik tombol Pilih Pelanggan; Jika berhubungan dengan suplier, maka klik tombol Pilih Suplier. Jika tidak keduanya, bisa diabaikan saja (tidak perlu mengklik tombol apa pun). Setelah diisi semua, silakan klik tombol Proses.

1. Transaksi Kasir

2. Transaksi kasir sudah berhasil diproses dan sudah tercatat pada sistem.

2. Transaksi Kasir

4. Transaksi Hutang

Transaksi Hutang terjadi ketika kita membeli produk pada suplier tetapi uang yang dibayarkan kurang. Seperti contohnya: kita membeli produk pada Suplier Minuman, total biaya yang seharusnya kita bayar adalah Rp.230.000 tetapi kita baru membayarnya sebesar Rp.150.000, maka kita menghutang sebesar Rp.80.000 pada suplier tersebut. Nah, transaksi seperti inilah yang nantinya akan masuk ke dalam Hutang.

Transaksi Hutan OASSE

Lalu bagaimana cara membayar Transaksi Hutang tersebut? Di dalam aplikasi OASSE terdapat fitur yang bernama Hutang-Piutang. Fitur ini berfungsi untuk melihat daftar hutang sekaligus melakukan transaksi pembayaran atas hutang tersebut. Prosesnya sangat mudah, koq! Berikut ini cara membayar Transaksi Hutang melalui OASSE.

1. Masuk ke dashboard Administrator, lalu pilih menu Hutang-Piutang > Transaksi Hutang. Kemudian cari suplier yang ingin dibayarkan hutangnya dengan memasukan ID suplier lalu klik tombol Proses atau dengan mengklik tombol Cari Suplier. Kita akan coba dengan mengklik tombol Cari Suplier.

1. Transaksi Hutang OASSE

2. Muncul form Daftar Suplier. Klik tombol Pilih untuk memasukan suplier ke dalam transaksi, contohnya: Suplier Minuman. Jika sudah selesai, tutup kembali form Daftar Suplier tersebut.

2. Transaksi Hutang OASSE

3. Setelah itu akan muncul Transaksi Hutang yang pernah dilakukan dengan Suplier Minuman tersebut. Kita bisa melihat Total Hutang di sebelah kanan. Untuk membayar hutang silakan masukan Jenis Transaksi (Pembayaran Hutang), Metode Transaksi (rekening yang digunakan untuk bertransaksi), Nominal Transaksi, dan Keterangan. Jika sudah diisi semua, klik tombol Proses.

3. Transaksi Hutang OASSE

4. Pembayaran Transaksi Hutang sudah berhasil diproses, kini Total Hutang menjadi Rp.0,-

4. Transaksi Hutang OASSE

5. Transaksi Piutang

Transaksi Piutang terjadi ketika kita memberikan hutang pada orang lain. Transaksi ini sering kita lakukan dengan pelanggan yang uang pembayarannya kurang atau memang ingin berhutang kepada kita. Pastikan pelanggan yang ingin berhutang pada kita sudah dimasukkan ke dalam Data Pelanggan. Contohnya: Pelanggan Ariel Noah membeli sabun Daia dengan total pembayaran Rp.500.000, tetapi hanya membayar sebesar Rp.400.000 sehingga ia berhutang Rp.100.000. Nah, proses inilah yang disebut sebagai Piutang, yaitu ketika kita memberikan hutang pada pelanggan Ariel Noah.

1. Transaksi Piutang

Jika suatu saat nanti Ariel Noah ingin melunasi hutangnya, maka kita harus memproses Transaksi Piutang yang sebelumnya sudah tercatat. Cara untuk melakukan pembayaran Transaksi Piutang ini sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Masuk ke dashboard Administrator, lalu pilih menu Hutang-Piutang > Transaksi Piutang. Kemudian cari nama pelanggan yang ingin dibayarkan hutangnya dengan memasukan ID pelanggan lalu klik tombol Proses atau dengan mengklik tombol Cari Pelanggan. Kita akan coba dengan mengklik tombol Cari Pelanggan.

1. Transaksi Piutang OASSE

2. Muncul form Daftar Pelanggan, silakan klik tombol Pilih yang ada di sebelah pelanggan Ariel Noah. Kemudian tutup form Daftar Pelanggan tersebut.

2. Transaksi Piutang OASSE

3. Setelah itu akan muncul detail Transaksi Piutang yang dilakukan oleh pelanggan Ariel Noah. Total Piutang bisa dilihat di sebelah kanan. Silakan pilih Jenis Transaksi (Pembayaran Piutang), Metode Transaksi (rekening yang digunakan untuk bertransaksi), Nominal Transaksi, dan Keterangan. Jika sudah selesai, klik tombol Proses.

3. Transaksi Piutang OASSE

4. Pembayaran Transaksi Piutang sudah berhasil diproses, kini Total Piutang menjadi Rp.0,-

4. Transaksi Piutang OASSE

6. Retur Produk

Terdapat dua macam retur produk, yaitu Retur Pembelian dan Retur Penjualan. Retur Pembelian terjadi ketika kita membeli produk dari suplier kemudian terdapat produk yang rusak sehingga kita melakukan pengembalian. Sebaliknya, Retur Penjualan terjadi ketika produk yang kita jual ke pelanggan mengalami kerusakan sehingga pelanggan mengembalikan produk tersebut pada kita. Aplikasi kasir online OASSE menyediakan fitur Retur Pembelian dan Retur Penjualan yang bisa dilakukan dengan mudah, sehingga retur produk bisa diproses dengan cepat.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Retur Pembelian melalui OASSE.

1. Pilih Nomor Transaksi yang produknya ingin di retur. Caranya, masuk ke dashboard Administrator lalu pilih menu Rekap Transaksi > Rekap Per Transaksi. Pilih jenis transaksi Transaksi Pembelian pada kolom bagian kiri atas kemudian klik ENTER. Muncul daftar Transaksi Pembelian, silakan copy Nomor Transaksi yang produknya ingin di retur.

1. Return Pembelian OASSE

2. Setelah itu, pilih menu Retur > Retur Pembelian. Masukan Nomor Transaksi yang tadi di copy lalu klik tombol Proses.

2. Return Pembelian OASSE

3. Muncul form Retur Pembelian. Silakan pilih produk yang ingin di retur beserta jumlahnya. Pada Retur Pembelian ini hanya bisa melakukan Pengembalian Barang ke suplier, tidak bisa diganti dengan barang baru. Untuk kasir yang melakukan Retur Pembelian, harus mengikuti instruksi pada Note yang ada di bagian bawah. Jika semua sudah diisi, klik tombol Proses.

3. Return Pembelian OASSE

4. Proses Retur Pembelian sudah berhasil diproses, kita bisa mencetak transaksi tersebut dengan mengklik tombol Cetak Transaksi.

4. Return Pembelain OASSE

Selain Retur Pembelian, terdapat juga Retur Penjualan. Retur Penjualan terjadi ketika ada pelanggan yang mengembalikan produk yang kita jual karena rusak atau lain hal. Cara melakukan Retur Penjualan juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Pilih Nomor Transaksi yang produknya ingin dikembalikan oleh pelanggan. Caranya, masuk ke dashboard Administrator lalu pilih menu Rekap Transaksi > Rekap Per Transaksi. Pilih jenis transaksi Transaksi Penjualan pada kolom sebelah kiri atas kemudian klik ENTER. Muncul form Daftar Transaksi Penjualan, silakan copy Nomor Transaksi yang produknya ingin dikembalikan oleh pelanggan.

1. Return Penjualan OASSE

2. Setelah itu, pilih menu Retur > Retur Penjualan. Masukan Nomor Transaksi yang tadi di copy lalu klik tombol Proses.

2. Return Penjualan OASSE

3. Muncul form Retur Penjualan. Silakan pilih produk yang ingin di retur oleh pelanggan beserta jumlahnya.

3. Return Penjualan OASSE

4. Pada Retur Penjualan ini, pelanggan bisa memilih untuk mengembalikan produk pada kita atau menukar produk dengan yang baru. Kasir harus melakukan aksi yang berbeda, tergantung dari pemilihan retur yang diinginkan oleh pelanggan.

4. Return Penjualan OASSE

5. Jika sudah diisi semua, silakan klik tombol Proses.

5. Return Penjualan OASSE

6. Retur Penjualan sudah berhasil diproses. Kita bisa mencetak transaksi tersebut dengan cara mengklik tombol Cetak Transaksi.

6. Return Penjualan OASSE

7. Contoh Surat Retur Penjualan yang dicetak.

7. Return Penjualan OASSE

7. Melihat Rekap Transaksi

Rekapitulasi atau Rekap Transaksi berguna untuk melihat detail transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu, meliputi produk yang terjual, total nominal penjualan, total hutang, total piutang, dan sebagainya. Di dalam aplikasi OASSE, terdapat fitur Rekap Transaksi yang bisa dilihat dengan mudah. Untuk melihat Rekap Transaksi cukup mudah, kita hanya perlu login ke dashboard Administrator, lalu pilih menu Rekap Transaksi. Setelah itu akan muncul beberapa sub menu yang bisa kita pilih sesuai keinginan.

Berikut ini beberapa tampilan Rekap Transaksi dari OASSE yang dapat memudahkan kita dalam memonitoring setiap detail transaksi.

1. Rekap Harian

Rekap Transaksi Harian OASSE

2. Rekap Bulanan

Rekap Bulanan OASSE

3. Rekap Per Transaksi

Rekap Per Transaksi OASSE

4. Rekap Tabulasi Harian

Rekap Tabulansi Harian OASSE

5. Rekap Poin Pelanggan

Rekap Poin Pelanggan OASSE

6. Rekap Hutang

Rekap Hutang OASSE

7. Rekap Piutang

Rekap Piutang OASSE

8. Rekap Sales

Rekap Sales OASSE

8. Melihat Daftar Stok

Salah satu kelebihan aplikasi kasir online OASSE yaitu kita bisa melihat daftar stok yang tersedia hanya dengan melalui smartphone dari jarak jauh. Jadi, kita tidak perlu repot-repot mendatangi gudang untuk menghitung dan melihat daftar stok yang tersedia. Hal ini jelas bisa memudahkan kita sebagai pebisnis untuk memonitoring ketersediaan produk yang ada. Fitur untuk melihat daftar stok ini berada di menu Manajemen Stok > Daftar Stok.

Berikut ini tampilan daftar stok yang bisa kita lihat.

1. Daftar Stok OASSE

Kita bisa mencari daftar stok yang diinginkan dengan cara memilih Kategori atau Sub Kategori produk. Daftar Stok ini menampilkan data Kode, Nama Produk, Kategori, Sub Kategori, Stok Minimal, Stok, Satuan, Keterangan, dan Aksi. Nah, pada kolom Aksi ini terdapat tombol Pilih yang bisa digunakan untuk melihat Kartu Stok dan Koreksi Stok.

2. Daftar Stok OASSE

Fitur Kartu Stok digunakan untuk melihat detail stok dari suatu produk yang meliputi Waktu, ID Transaksi, Nama Produk, Satuan, Jenis Transaksi, Masuk, Keluar, Stok, dan Keterangan.

3. Daftar Stok OASSE

Sedangkan fitur Koreksi Stok digunakan untuk mengubah jumlah stok yang tercatat pada sistem dengan stok yang sebenarnya. Perubahan ini bisa disebabkan karena stok produk yang rusak, hilang, kadaluarsa, dan sebagainya. Setelah stok sudah disesuaikan, klik tombol Proses.

4. Daftar Stok OASSE

Secara otomatis, jumlah stok produk tersebut akan berubah mengikuti data yang telah dikoreksi.

5. Daftar Stok OASSE

9. Melihat Laporan

Laporan transaksi sangat dibutuhkan oleh pemilik bisnis karena di dalamnya terdapat berbagai data aktivitas transaksi yang berkaitan dengan data keuangan. Selain memiliki fitur Laporan Transaksi, aplikasi kasir online OASSE juga memiliki fitur untuk melihat semua laporan seperti Laporan Persediaan, Laporan Laba Produk, Laporan Pembayaran, dan sebagainya sehingga kita bisa memonitoring kondisi keuangan bisnis dengan mudah dan dari jarak jauh. Fitur Laporan bisa diakses melalui menu Laporan yang ada di halaman utama dashboard Administrator. Berikut ini fitur Laporan yang ada di OASSE.

1. Laporan Transaksi

Laporan Transaksi OASSE

2. Laporan Persediaan

Laporan Persediaan OASSE

3. Laporan Laba Produk

Laporan Laba Produk OASSE

4. Laporan Pembayaran

Laporan Pembayaran

5. Laporan Harian Kasir

Jika kita memiliki beberapa kasir, maka kita bisa melihat laporan harian masing-masing kasir dengan cara memilih kasir yang berhubungan. Caranya mudah, kita hanya perlu mengakses menu Laporan > Laporan Harian Kasir, kemudian pilih kasir dan tanggal yang ingin dilihat laporannya, lalu klik tombol Cetak.

Laporan Harian Kasir OASSE 1

Setelah itu akan muncul detail laporan harian yang dilakukan oleh kasir tersebut yang meliputi laporan Transaksi Penjualan, Transaksi Retur, Pembayaran, dan sebagainya.

Laporan Harian Kasir

10. Melihat Statistik

Aplikasi kasir online OASSE juga memiliki fitur untuk menampilkan statistik dari Transaksi Pembelian, Penjualan, dan Retur yang bisa dilihat dari Nominal Transaksi atau Jumlah Transaksi. Semua statistik transaksi tersebut bisa ditampilkan dalam tiga periode, yaitu Statistik Per Jam, Statistik Harian, dan Statistik Bulanan. Kita bisa mengakses fitur ini melalui halaman dashboard Administrator pada menu Statistik. Data statistik ini nantinya bisa kita gunakan untuk mengatur strategi bisnis, seperti: stok produk yang paling laku ditambah dan mengurangi stok produk yang tidak terlalu laku, memantau puncak keramaian pembeli ada di tanggal dan jam berapa agar pada waktu tersebut bisa memaksimalkan marketing, dan strategi bisnis lainnya. Berikut ini tampilan fitur Statistik yang ada di OASSE.

1. Statistik Per Jam

Statistik Per Jam OASSE

2. Statistik Harian

Statistik Harian OASSE

3. Statistik Bulanan

Statistik Bulanan OASSE

Keuntungan Menggunakan Aplikasi OASSE

Setelah mencoba sendiri kehebatan aplikasi kasir online OASSE, aku menyimpulkan bahwa aplikasi ini memiliki banyak keuntungan bagi para penggunanya. Keuntungan tersebut bisa dirasakan secara langsung oleh pengguna sehingga mampu meningkatkan perkembangan bisnis secara signifikan. Berikut ini beberapa keuntungan dalam menggunakan aplikasi kasir online OASSE berdasarkan pengalaman pribadi ketika menggunakannya.

Pencatatan Transaksi Menjadi Mudah dan Rapi

Semua pencatatan transaksi melalui aplikasi OASSE bisa dilakukan dengan mudah, bahkan ketika sedang tidak berada di tempat usaha. Sebab aplikasi OASSE bisa digunakan dimanapun dan kapanpun secara online. Selain itu, transaksi yang dicatat pada aplikasi OASSE juga sangat rapi. Coba bandingkan dengan pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual pada buku catatan, tentu sangat jauh berbeda. Terlebih, catatan transaksi pada aplikasi OASSE tidak akan kotor karena debu, coretan, dan sebagainya.

Mudah Memonitoring Laporan Keuangan

Laporan keuangan bisnis bisa dimonitoring dengan mudah melalui aplikasi OASSE. Sebab aplikasi ini berbasis online sehingga bisa memonitoring laporan keuangan hanya melalui smartphone dan koneksi internet. Laporan keuangan yang bisa diakses dari jarak jauh membuat para pebisnis tidak khawatir dengan bisnis mereka, sehingga membuat mereka bisa traveling tanpa harus berada di tempat bisnis setiap waktu. Kemudahan ini bisa membuat pemilik bisnis dapat memonitoring beberapa laporan keuangan dalam satu waktu dengan cepat.

Keamanan Data Terjamin

Setiap transaksi yang tercatat pada aplikasi OASSE akan tersimpan di database server sehingga keamanan data tersebut dapat terjamin. Sebab data yang tersimpan di database tidak akan rusak atau hilang, berbeda dengan data yang dicatat pada buku yang rawan rusak, sobek, basah, bahkan hilang. Tentu saja, pemilik bisnis akan kelabakan ketika data transaksi bisnisnya hilang. Maka dari itu, ruang penyimpanan pada database merupakan salah satu solusi agar data transaksi yang dicatat dapat terjamin keamanannya.

Fitur yang Lengkap Sangat Memudahkan

Aplikasi kasir online OASSE memiliki fitur yang sangat lengkap dan mencakup semua transaksi yang dibutuhkan dalam bisnis. Fitur yang lengkap seperti ini akan memudahkan kita dalam menggunakannya sehingga proses transaksi bisa dilakukan dengan cepat. Tentu saja proses transaksi yang cepat seperti ini, bukan hanya disukai oleh kita sebagai pemilik bisnis, tetapi juga oleh pelanggan kita. Sebab mereka bisa mendapatkan pelayanan dengan cepat tanpa harus menunggu terlalu lama dalam bertransaksi.

Mudah Memantau dan Mencari Stok

Stok barang merupakan salah satu hal yang sering menjadi masalah dalam berbisnis, apalagi jika bisnis yang dijalani memiliki berbagai jenis produk. Biasanya, para pebisnis akan kesulitan dalam memantau stok barang karena harus mengunjungi tempat usaha terlebih dahulu. Belum lagi ketika harus mencari stok barang tertentu karena ada yang kurang atau transaksi tidak tercatat, tentu kejadian tersebut sangat merepotkan. Masalah seperti ini tak akan terjadi bila kita menggunakan aplikasi OASSE. Sebab aplikasi ini menyediakan fitur pembelian dan penjualan yang terintegrasi sehingga dapat mengetahui dan mencari stok barang secara realtime.

Bisa Menganalisis Penjualan

Setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi OASSE akan dicatat dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang memudahkan kita dalam membacanya. Statistik grafik ini bisa menampilkan berbagai transaksi seperti penjualan, pembelian, retur produk, dan sebagainya. Melalui grafik ini, kita bisa melihat dan menganalisis penjualan. Kita dapat melihat barang apa saja yang laku, sehingga bisa membeli barang tersebut lebih banyak lagi sebagai stok. Sebaliknya, kita juga dapat melihat barang yang tidak laku sehingga bisa mengurangi pembelian agar mencegah kerugian.

Mempermudah Strategi Bisnis

Aplikasi OASSE memungkinkan kita untuk melihat dan memantau setiap laporan transaksi yang terjadi secara realtime. Selain itu, terdapat juga fitur statistik yang datanya bisa dianalisis sehingga kita dapat membuat strategi bisnis dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Kemudahan dalam membuat strategi bisnis ini diharapkan mampu mengembangkan bisnis yang sedang dirintis. Bahkan, seharusnya kita bisa memanfaatkan kemudahan ini untuk menciptakan ide atau gagasan baru yang inovatif sehingga bisnis kita berkembang dengan pesat.

Harga yang Bersahabat

OASSE memiliki tiga paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Pemilihan paket yang tepat dapat meminimalisir pengeluaran biaya. Maka dari itu, cek terlebih dahulu fitur apa saja yang dibutuhkan untuk menangani transaksi bisnis kita. Sebenarnya, harga yang ditawarkan untuk masing-masing paket masih bersahabat. Bahkan, UMKM pun bisa menjangkau harga tersebut. Apalagi jika kita melakukan pemesanan selama satu tahun, maka harganya bisa lebih murah.

Kesimpulan

Aplikasi kasir online OASSE memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga bisa menangani berbagai macam transaksi. Aku yang beruntung karena bisa mencoba paket Platinum OASSE, menerapkan aplikasi ini pada bisnis warung milik bapak. Dampaknya sangat besar, sebab aku bisa memantau setiap transaksi dan laporan keuangan warung bapak dari jarak jauh. Sehingga misteri warung bapak yang ramai tetapi merugi, dapat terungkap. Ternyata, kerugian yang dialami bapak dikarenakan adanya pengambilan produk yang tidak tercatat. Mengapa bisa demikian? Sebab, ibu sering mengambil barang dagangan bapak untuk diberikan kepada keponakannya tetapi lupa dicatat karena buku catatan yang terkadang susah dicari. Nah, dengan menggunakan aplikasi kasir OASSE ini, setiap transaksi yang terjadi bisa dicatat dengan mudah melalui smartphone. Sehingga ibu tidak lupa mencatat barang yang diambilnya.

Bisnis Berkembang dengan OASSE

Akhirnya masalah pada warung bapak bisa terselesaikan. Ini semua berkat adanya aplikasi kasir online OASSE yang bisa digunakan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun kita berada. Warung bapak pun bisa mendapatkan banyak keuntungan dan berkembang dengan pesat. Aku yakin, OASSE akan menjadi aplikasi kasir online yang banyak diminati. Sebab OASSE memiliki fitur yang lengkap sehingga bisa diterapkan di segala jenis bisnis.

Aku sudah memberikan cara dalam menggunakan fitur OASSE dan mengenalkan keunggulan produk OASSE kasir online secara lengkap. Kini, saatnya kalian mencoba sendiri kemudahan dan keunggulan fitur yang ada di aplikasi ini.

Oh, iya. Bagi kalian yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bisa menjadi afiliator OASSE, lo! Tak tanggung-tanggung, OASSE memberikan komisi 15% untuk setiap produk yang terjual. Wow! Maka dari itu, ayo daftarkan diri menjadi #ReferalAffiliatorOASSE sekarang juga!

Sumber:

  • https://oasse.id/blog/oasse-sebuah-aplikasi-kasir-online-bagi-umkm.html
  • https://oasse.id/blog/5-manfaat-aplikasi-kasir-untuk-bisnis-yang-lebih-baik.html
  • https://oasse.id/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top