Traveloka PayLater

Andai Kala itu Aku Tahu Traveloka PayLater #JujurGunaBanget

Libur panjang merupakan hal yang paling menyenangkan, terutama untuk seorang perantau sepertiku. Sebab ketika libur panjang datang, aku bisa memanfaatkannya untuk pulang kampung. Bertemu dengan orang tua dan saudara-saudara di kampung adalah liburan yang paling menyenangkan jika dibandingkan dengan mengunjungi tempat wisata manapun. Maka dari itu, untuk semua perantau yang sedang menikmati libur panjang, sebaiknya sisihkan waktu liburan tersebut untuk pulang ke kampung halaman. Jangan sampai nasib kalian sama sepertiku yang tidak bisa pulang kampung dalam waktu yang cukup lama.

Menunda Pulang Kampung

Ada sebuah kisah menarik yang aku alami ketika pertama kali pandemi melanda Indonesia. Saat itu, negeri kita tercinta masih baik-baik saja walaupun covid-19 sudah menghantui dunia. Tentu saja aku dan semua masyarakat Indonesia tidak ingin virus mematikan tersebut masuk ke nusantara. Namun kenyataan berkata lain, Indonesia akhirnya terkena serangan virus corona.

Virus corona membuat perubahan drastis dalam waktu singkat, masyarakat menjadi ketakutan, perekonomian memburuk, hingga aktivitas kegiatan yang dibatasi. Akses dari satu daerah ke daerah lainnya pun ditutup demi menghentikan penyebaran covid-19. Jujur saja, hal tersebut membuat aku sedih karena gagal pulang kampung. Padahal beberapa hari sebelumnya aku sudah merencanakan pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga. Sebab sebagai seorang perantau, aku sangat rindu bertemu dengan keluarga di rumah.

Pulang Kampung Menggunakan Traveloka PayLater

Sebenarnya beberapa hari sebelum kejadian itu terjadi, aku sudah berkeinginan untuk pulang kampung. Namun karena belum gajian, akhirnya aku menunda keinginan tersebut hingga tiba tanggal gajian nanti. Belum juga datang hari gajian, peraturan pembatasan kegiatan masyarakat sudah diterapkan. Alhasil, aku harus menunggu keinginanku untuk pulang kampung tanpa tahu kapan bisa terwujud. Ya, aku tak bisa pulang kampung dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan.

Seandainya dulu aku tahu ada Traveloka PayLater, mungkin kejadian seperti itu tidak akan terjadi. Sebab aku bisa memesan tiket kereta api tanpa harus menunggu tanggal gajian tiba, sehingga keinginan untuk pulang kampung bisa segera diwujudkan. Sebenarnya salahku juga karena saat itu belum menggunakan aplikasi bermanfaat seperti Traveloka.

Traveloka PayLater

Traveloka PayLater adalah salah satu fitur yang ada di aplikasi Traveloka dan harus diaktifkan terlebih dahulu agar bisa digunakan. Fitur PayLater memungkinkan pengguna dapat membayar pemesanan dengan metode mencicil/kredit sehingga bisa membantu para pengguna yang sedang mengalami masalah keuangan. Pemesanan yang dimaksud bisa berupa tiket kereta, tiket pesawat, tiket bus/travel, dan sebagainya yang dipesan melalui aplikasi.

Menariknya, fitur Traveloka PayLater tidak hanya digunakan pada aplikasi Traveloka saja, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan pemesanan pada aplikasi atau ecommerce lain. Jadi kamu bisa bebas berbelanja berbagai macam barang seperti baju, sepatu, wajan, pisau, hingga peralatan elektronik pada ecommerce lain dengan menggunakan Traveloka PayLater.

Traveloka PayLater

Ada dua jenis limit yang terdapat pada Traveloka PayLater, yaitu limit PayLater yang digunakan untuk pemesanan di aplikasi Traveloka dan limit Virtual Card Number (VCN) yang digunakan untuk pemesanan di luar aplikasi Traveloka (ecommerce lain). Kira-kira perbandingan limitnya sekitar 70% PayLater dan 30% VCN. Sebelum dapat menggunakan Virtual Card Number ini, pengguna diharuskan melakukan pemesanan pada aplikasi Traveloka terlebih dahulu dengan menggunakan limit paylater. Setelah itu, baru kemudian bisa menggunakan limit Virtual Card Number untuk melakukan pemesanan pada ecommerce pilihan.

Pada dasarnya Virtual Card Number sama seperti nomor kartu kredit yang digunakan untuk berbelanja secara online namun tidak memiliki potongan tiap bulan atau tiap tahunnya. Maka dari itu, ketika melakukan pemesanan di luar aplikasi Traveloka, gunakan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Oh, iya. Penggunaan Virtual Card Number yang sangat membantu ini merupakan kolaborasi antara Traveloka dengan Bank BNI.

Dulu seandainya aku tahu ada Traveloka PayLater, tentu sudah aku gunakan untuk memesan tiket kereta agar bisa pulang kampung walaupun belum gajian. #JujurGunaBanget

Cara Mengaktifkan Traveloka PayLater

Secara default, fitur Traveloka PayLater yang terdapat pada aplikasi Traveloka belum aktif. Oleh sebab itu, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu agar bisa digunakan. Cara mengaktifkan fitur Traveloka PayLater sangat mudah, hanya dengan beberapa langkah saja pengguna sudah dapat mengaktifkannya. Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur Traveloka PayLater.



  1. Buka aplikasi Traveloka, lalu pilih menu Akun Saya.
  2. Setelah itu klik tombol PayLater.
  3. Kemudian akan muncul halaman panduan Progress Pendaftaran, lalu klik tombol Lanjutkan Pendaftaran.
  4. Isi data diri seperti Nama, Nomor Telepon, Email, Tingkat Pendidikan, Jumlah Tanggungan, Status Kepemilikan Rumah, dan Alamat Rumah. Jika sudah, klik tombol Simpan & Lanjutkan.
  5. Isi data keluarga seperti Hubungan, Nama Lengkap, Nomor Handphone dan Nama Ibu Kandung. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan.
  6. Isi data pekerjaan seperti Pekerjaan saat ini, Alamat Kantor, Nomor Telepon Kantor, Nomor Ekstensi, Status Pekerjaan, Pemasukan Bulanan, Pengalaman Kerja Total, dan Pilihan Tanggal Pembayaran. Lalu klik tombol Simpan & Lanjutkan.
  7. Foto KTP dan wajah dengan menggunakan kamera handphone, kemudian klik tombol Daftar.
  8. Periksa kembali data yang sudah dimasukan, apakah sudah benar atau belum? Jika sudah benar semua, lanjutkan dengan mengklik tombol Kirim Data Saya.
  9. Izinkan aplikasi Traveloka untuk mengakses Lokasi, Galeri, Kontak, dan Pesan di handphone. Setelah itu verifikasi menggunakan kode melalui nomor handphone atau email.
  10. Jika sudah semua, silakan tunggu proses peninjauan yang dilakukan oleh tim Traveloka. Selesai.

Kelebihan Traveloka PayLater

Hadirnya fitur Traveloka PayLater membawa angin segar untuk para perantau yang ingin pulang kampung namun belum memiliki uang, seperti aku kala itu. Setelah menjadi pengguna Traveloka, aku tidak ragu lagi untuk pulang kampung agar bisa bertemu dengan keluarga di rumah. Sebab Traveloka sangat membantu aku untuk menyediakan tiket kereta pulang dengan metode pembayaran dicicil. Dengan kata lain, aku masih bisa pulang kampung walaupun belum gajian. Selain itu, Traveloka PayLater juga memiliki berbagai kelebihan yang akan memanjakan pengguna. Berikut ini beberapa kelebihan Traveloka PayLater yang #JujurGunaBanget

Kelebihan Traveloka PayLater

Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Proses pengajuan untuk mengaktifkan limit Traveloka PayLater terbilang sangat mudah. Hanya dengan rebahan di atas ranjang, pengguna sudah bisa melakukan pengajuan. Terlebih dukungan user interface yang sangat user friendly pada aplikasi Traveloka, membuat siapa saja langsung bisa memahaminya. Selain mudah, proses pengajuan juga bisa dikatakan sangat cepat. Hanya kurang dari 24 jam setelah melakukan pengajuan, Traveloka PayLater sudah aktif dan dapat digunakan untuk memesan tiket kereta, tiket pesawat, tiket bus/travel, kamar hotel, serta membeli barang-barang yang diinginkan.

Limit Pinjaman Besar

Maksimal limit pinjaman yang disediakan oleh Traveloka PayLater sebesar Rp. 50.000.000. Jumlah yang sangat fantastis, bukan? Dengan limit sebesar itu, pengguna bisa membeli apapun untuk berbagai kebutuhan seperti tiket kereta untuk pulang kampung, sepeda untuk olahraga, dan masih banyak lagi. Batas minimal pemesanan agar bisa menggunakan Traveloka PayLater sebesar Rp. 50.000 dan opsi pemilihan cicilan akan muncul saat pengguna melakukan pemesanan di atas Rp. 500.000. Sistem pembayaran dengan metode mencicil/kredit seperti ini sangat berguna ketika seseorang ingin memenuhi kebutuhan hidup namun belum memiliki uang.

Bebas Biaya Administrasi

Limit traveloka PayLater dibagi menjadi dua, yaitu limit PayLater yang digunakan untuk pemesanan pada aplikasi Traveloka serta limit Virtual Card Number (VCN) yang digunakan untuk pemesanan di luar aplikasi Traveloka (ecommerce pilihan). VCN ini hampir sama dengan kartu kredit namun dalam bentuk virtual, sehingga pengguna harus memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit dalam melakukan transaksi di ecommerce pilihan. Namun perlu diketahui, meskipun mirip dengan kartu kredit, VCN ini tidak memiliki biaya administrasi maupun potongan setiap bulan.

Memiliki Izin OJK

Setiap aplikasi keuangan yang resmi, tentu sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab OJK merupakan lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan terhadap kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, aplikasi keuangan yang dapat dipercaya sudah pasti terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Traveloka PayLater didukung oleh Pasar Dana Pinjaman (Danamas) dan Caturnusa Sejahtera Finance yang merupakan perusahaan keuangan berbasis teknologi berizin resmi dari OJK. Jadi, tak perlu khawatir dalam menggunakan Traveloka PayLater.

Banyak Promo

Salah satu kelebihan dari Traveloka yang paling banyak disukai pengguna adalah banyaknya promo. Ya, masyarakat Indonesia tentu sangat antusias ketika mendengar kata promo, gratis, atau potongan harga. Seakan memahami kesukaan masyarakat Indonesia, Traveloka sering mengadakan promo-promo yang menarik. Promo tersebut bisa berupa cash back, potongan harga, kupon, hadiah, point, dan sebagainya. Selain itu, ada juga tantangan-tantangan menarik dari Traveloka yang berupa game untuk mendapatkan hadiah. Wah, bisa mabar dengan sesama pengguna Traveloka.

Bunga Rendah

Setiap pengguna Traveloka PayLater akan menerima bunga yang berbeda-beda tergantung dari tingkatan kelasnya. Ada tiga kelas pengguna, yaitu Primary, Priority, dan Privilege. Setiap kelas tersebut terdapat dua level, misalnya Primary level 1 dan Primary level 2. Pengguna bisa menaikan kelas maupun level dengan cara melakukan transaksi menggunakan Traveloka PayLater. Besaran bunga pada semua kelas terbilang cukup rendah, yaitu pada kisaran 2,14% – 4,78% per bulan. Perlu diketahui juga bahwa bunga tersebut bersifat flat dan rata untuk setiap bulannya.

Fleksibel

Traveloka PayLater bersifat fleksibel karena bisa digunakan di luar aplikasi Traveloka. Hal ini sangat menguntungkan karena pengguna dapat memilih ecommerce lain yang diinginkan. Cara untuk menggunakan Traveloka PayLater di luar aplikasi Traveloka juga terbilang sangat mudah. Pengguna hanya perlu memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk menggunakan Traveloka PayLater. Sifat fleksibel yang dimiliki oleh Traveloka PayLater ini tentu akan membuat pengguna merasa nyaman dalam menggunakannya.

Akhir Cerita

Bagi seorang perantau seperti aku, pulang kampung adalah satu hal yang harus terpenuhi. Sebab lelah dalam bekerja akan terobati dengan bertemu keluarga di kampung halaman.

Belajar dari masa lalu saat aku gagal pulang kampung, kini aku sudah menginstal Traveloka agar bisa menggunakan fitur Traveloka PayLater untuk membeli tiket kereta walaupun belum gajian. Sehingga tidak ada alasan lagi bagiku untuk menunda kepulangan ke kampung tercinta.

Oh, iya. Musabab Traveloka PayLater bisa digunakan di luar aplikasi Traveloka, aku juga bisa menggunakannya untuk membeli beberapa kebutuhan yang mendesak melalui ecommerce pilihan. Terima kasih Traveloka, #JujurGunaBanget pakai Traveloka PayLater ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top