Belajar dari KBA Telaga Murni Bekasi

Belajar dari Perjuangan Rohdian dan Sunyoto dalam Membangun KBA Telaga Murni Bekasi yang Penuh Prestasi

Selama manusia masih bisa bernapas, maka tidak ada kata untuk berhenti belajar. Sebab dengan belajar, kemampuan manusia akan terus meningkat hingga akhirnya mencapai kesuksesan. Belajar dan kesuksesan merupakan dua kata yang tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu, jika sekarang kamu masih dalam proses belajar, teruslah seperti itu hingga kesuksesan menghampiri. Apa lagi belajar bisa dilakukan dengan mudah, sehingga siapa pun bisa melakukannya. Belajar bukan hanya dari sekolah atau lembaga formal saja, tetapi bisa dari mana saja termasuk belajar dari kesuksesan Rohdian dan Sunyoto dalam membangun KBA Telaga Murni Bekasi yang penuh prestasi.

Berkenalan dengan KBA Telaga Murni Bekasi

KBA adalah singkatan dari Kampung Berseri Astra yang merupakan implementasi dari cita-cita Astra untuk berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), Astra mewujudkan cita-cita tersebut sesuai dengan salah satu Filosofi Catur Dharma Astra, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Pelaksanaan kegiatan dari CSR ini berfokus pada empat pilar, yaitu: Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Kewirausahaan, dan Pilar Pendidikan.

Salah satu Kampung Berseri Astra yang berhasil menerapkan keempat pilar tersebut adalah KBA Telaga Murni Bekasi yang berada di Jl. Apel 1 Blok C 26 No. 20-21 RT. 06 RW. 05 Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Terbentuknya KBA Telaga Murni Bekasi diprakarsai oleh Rohdian yang merupakan Ketua RW 05 Desa Telaga Murni dan rekannya Sunyoto.

Pintu Masuk KBA Telaga Murni Bekasi

Berawal dari kepedulian Rohdian dan Sunyoto dalam mengatasi masalah lingkungan, membuatnya bertemu dengan takdir yang indah. Sebab kegiatan yang dilakukan oleh keduanya berhasil mendapat dukungan dari PT. Yutaka Manufacturing Indonesia melalui Corporate Social Responsibility (CSR). PT. Yutaka Manufacturing Indonesia sendiri merupakan salah satu anak perusahaan Astra yang berada di sekitar wilayah KBA Telaga Murni Bekasi.

Selain mendapat dukungan melalui CSR Astra, Rohdian dan Sunyoto juga mendapat dukungan dari warga sekitar. Warga yang awalnya acuh tak acuh dengan kondisi lingkungan yang kotor dan berpolusi, akhirnya ikut melakukan perubahan. Semua komponen KBA Telaga Murni Bekasi melakukan gebrakan besar-besaran sehingga mampu mengubah lingkungan yang kumuh menjadi bersih. Bukan hanya itu, kondisi udara yang awalnya gersang dan berpolusi berubah menjadi sejuk karena pepohonan hijau menghiasi.

KBA Telaga Murni yang Asri

Seiring berjalannya waktu, KBA Telaga Murni Bekasi terus konsisten dalam melakukan inovasi. Dampaknya, bukan hanya masalah lingkungan saja yang dapat teratasi, melainkan juga masalah sosial dan ekonomi. Sebab melalui program-program yang diterapkan, para warga semakin sering bekerja sama sehingga meningkatkan hubungan yang harmonis. Selain itu, perekonomian warga juga semakin membaik karena ada beberapa program yang bertujuan untuk memberdayakan warganya.

Implementasi Empat Pilar CSR Astra pada Program KBA Telaga Murni Bekasi

Saat ini, KBA Telaga Murni Bekasi sudah menerapkan beberapa program yang mencerminkan empat pilar Astra, yaitu Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Kewirausahaan, dan Pilar Pendidikan. Program-program tersebut dilakukan secara konsisten dan penuh semangat oleh warganya sehingga dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif.

Berikut ini beberapa contoh program yang terdapat di KBA Telaga Murni Bekasi yang mencerminkan empat pilar CSR Astra.

Pilar Lingkungan CSR Astra

Pilar Lingkungan

Contoh program yang ada di KBA Telaga Murni Bekasi yang mengimplementasikan Pilar Lingkungan yaitu Program Bank Sampah. Program ini menitikberatkan pada produksi sampah rumah tangga yang masih bisa dimanfaatkan, seperti sampah plastik, botol bekasi, elektronik, dan sebagainya. Sampah-sampah yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan, pupuk, atau di daur ulang. Sehingga selain dapat menjaga lingkungan, program ini juga bisa membantu perekonomian warganya.

Pilar Kesehatan CSR Astra

Pilar Kesehatan

Salah satu penerapan program di KBA Telaga Murni Bekasi yang mencerminkan Pilar Kesehatan adalah program Tabulan, Tabulin, dan Talita yang merupakan Program Kesehatan di dalam Posyandu. Program tersebut merupakan upaya untuk memberikan akses kesehatan kepada warga yang mengandung, melahirkan, hingga memiliki anak. Semua program tersebut sudah diintegrasikan dengan Bank Sampah sehingga proses pembayarannya melalui tabungan sampah. Keren!

Pilar Kewirausahaan CSR Astra

Pilar Kewirausahaan

Program di KBA Telaga Murni Bekasi yang mengimplementasikan Pilar Kewirausahaan yaitu Program Sadatasu (Sampah Dapur Tanaman Subur). Program ini bertujuan untuk membuat pupuk organik dari sampah dapur atau sisa makanan rumah tangga, kemudian menjualnya. Selain dijual, pupuk tersebut juga digunakan untuk warga sendiri agar tanaman mereka menjadi subur. Sehingga program ini bukan hanya memberikan dampak yang positif bagi perekonomian warganya tetapi juga membuat lingkungan semakin asri.

Pilar Pendidikan CSR Astra

Pilar Pendidikan

KBA Telaga Murni Bekasi mengimplementasikan Pilar Pendidikan pada Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbayar Sampah. Pendidikan merupakan hal wajib yang harus diterapkan sejak dini, maka dari itu, di KBA Telaga Murni Bekasi terdapat program ini. Jika ada orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya karena alasan tidak punya uang, itu tidak berlaku di KBA Telaga Murni Bekasi. Sebab biaya pendidikannya dibayar menggunakan sampah yang mana setiap orang pasti memilikinya.

Prestasi KBA Telaga Murni Bekasi

Penerapan program yang dilakukan secara konsisten, serta kerja keras yang tiada henti, akhirnya membuat KBA Telaga Murni Bekasi berhasil meraih berbagai prestasi. Menurut Rohdian, ada beberapa prestasi membanggakan yang berhasil diraih oleh KBA Telaga Murni Bekasi, baik dari tingkat lokal, kabupaten, hingga nasional. Berikut ini beberapa prestasi KBA Telaga Murni Bekasi dari berbagai pihak.

  • Juara 1 Bank Sampah Astra
  • Juara 1 Sadatasu di Kupang
  • Juara 1 K7 Tingkat Kabupaten
  • Juara 1 Grebek KBA
  • Juara 2 KBA Innovation Astra Babel
  • Juara 2 KTJ Tingkat Kabupaten
  • Posyandu Terbaik Astra di Babel
  • Penerima Certificate Utama Proklim dari KLHK

Daftar prestasi di atas merupakan prestasi KBA Telaga Murni Bekasi yang diingat oleh Rohdian dan diungkapkan ketika sesi tanya jawab. Selain itu, masih ada banyak prestasi lainnya yang belum diungkapkan.

Belajar dari KBA Telaga Murni Bekasi

Kesuksesan KBA Telaga Murni Bekasi dalam meraih prestasi merupakan hasil dari proses yang sangat panjang. Maka dari itu, alangkah baiknya bila kita belajar dari perjuangan Rohdian dan Sunyoto dalam membangun KBA Telaga Murni Bekasi sehingga meraih kesuksesan tersebut. Lalu, apa saja pelajaran yang bisa didapatkan?

  1. Berani memulai walaupun berbeda dengan kebanyakan orang.
  2. Bekerja keras.
  3. Konsisten dalam menuju kesuksesan.
  4. Pantang menyerah hingga akhir.
  5. Terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.
  6. Peduli terhadap lingkungan sekitar dalam meraih tujuan.
  7. Saling membantu satu sama lain.
  8. Memulai sesuatu dari hal yang mudah dan sederhana hingga akhirnya bisa.
  9. Tidak mudah puas hanya karena sudah mendapat satu prestasi.
  10. Terus mencoba hal baru.

Kesimpulan

Kesuksesan Rohdian dan Sunyoto dalam membangun KBA Telaga Murni Bekasi yang asri dan penuh prestasi, merupakan bukti nyata keberhasilan dari penerapan empat pilar CSR Astra. Ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari proses berdirinya Kampung Berseri Astra ini. Maka dari itu, sebaiknya sistem dan program yang ada di KBA Telaga Murni Bekasi ditiru oleh semua desa, tak terkecuali untuk desa di luar Kampung Berseri Astra. Sebab, keberadaan Kampung Berseri Astra memberikan dampak positif, baik di bidang lingkungan, ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top