LMI

Bukan Hanya Memberi Ikan tetapi Juga Kail untuk Memancing, Mari Meluaskan Manfaat Bersama LMI

Seperti pepatah yang mengatakan: “Berikan seseorang ikan, maka kamu sudah membantu ia selama sehari. Namun, berikan seseorang kail untuk memancing, maka kamu sudah membantu ia bertahan seumur hidup“. Seperti itulah yang aku lihat dari Lembaga Manajemen Infaq (LMI). Sebab, LMI bukan hanya memberi tetapi juga memberdayakan masyarakat kurang mampu agar bisa hidup mandiri. Hal tersebut dapat mengurangi kesenjangan dalam masyarakat sehingga terciptanya kehidupan yang adil dan makmur. Tentu kita semua menginginkan kehidupan semacam itu. Oleh karenanya, mari ikut meluaskan manfaat bersama LMI agar kita bisa berkontribusi dalam membantu sesama.

Sedikit Berbagi Dapat Berarti

Sore itu, aku dan beberapa teman kontrakan sedang menyusuri jalanan kota Bekasi dengan misi membagikan nasi kotak kepada mereka yang membutuhkan. Target kami adalah tukang becak, tukang ojek, pemulung, tunawisma, dan semua orang yang dirasa membutuhkan. Satu persatu nasi kotak kami berikan kepada mereka, hingga tak ada yang tersisa lagi. Syukurlah, semua berjalan dengan lancar.

Aku merasa senang bisa berbagi seperti ini. Walaupun terbilang sangat sederhana, hanya sekotak nasi, tetapi itu sangat berarti bagi mereka yang sedang membutuhkan. Senyum yang mereka lontarkan tatkala menerima bantuan, merupakan kebahagiaan tersendiri untukku. Aku berharap suatu saat nanti bisa memberikan sesuatu yang lebih agar senyum mereka semakin lebar. Semoga Sang Pencipta mengabulkan harapanku. Aamiin.

Beberapa bulan setelah itu, Tuhan membuat rencana lain dalam hidupku. Alhamdulillah, aku diberikan kesempatan untuk memiliki rumah sendiri. Alhasil aku pun harus pindah dari kontrakan dan berpisah dengan teman-teman. Awalnya aku sempat murung karena tidak bisa melaksanakan keinginan untuk terus berbagai dengan sesama, bersama teman-teman lagi. Namun, akhirnya aku sadar. Meskipun berjauhan, dari tempat masing-masing kami masih bisa berbagi dengan sesama.

Berbagi dengan Sesama

Aku pun mengubah cara bersedekah yang selama ini kulakukan, dari membagikan makanan secara langsung, menjadi bantuan dalam bentuk uang ke yayasan atau panti asuhan terdekat. Kebetulan, saat itu di depan tempat kerjaku terdapat yayasan anak yatim, sehingga aku bisa menyisihkan sebagian rezeki kepada yayasan tersebut. Aku senang bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka. Walaupun apa yang aku berikan mungkin terlihat tak berharga di mata orang berada, tetapi mereka menerimanya dengan hati gembira.

Beberapa bulan kemudian, yayasan anak yatim tersebut pindah tempat sehingga aku tidak bisa mengunjunginya lagi. Hal tersebut sempat membuat aku kebingungan, akan bersedekah kemana lagi? Terlebih, pekerjaanku semakin sibuk sehingga jarang ada waktu luang. Namun, semua itu akhirnya bisa teratasi dengan keberadaan LAZNAS LMI. Keberadaan LAZNAS LMI membuat aku bisa bersedekah dengan mudah secara online dan transparan. Aku pun bisa bersedekah meskipun dalam kondisi sibuk.

Perihal sedekah, sebisa mungkin aku akan melakukannya secara rutin. Sebab walaupun apa yang aku sedekahkan bukan hal yang besar, tetapi itu sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu, bersedekah juga memiliki banyak manfaat untuk diriku, seperti:

  1. Memberikan keberkahan pada harta yang dimiliki.
  2. Bisa menghapus dosa.
  3. Membuat bahagia.
  4. Dapat menjadi amal jariyah.
  5. Membuka pintu rezeki.
  6. Terhindar dari bahaya.
  7. Melipatgandakan pahala.
  8. Sebagai bukti keimanan.
  9. Mendapat syafaat.
  10. dll.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bersedekah, maka dari itu, mari kita bersedekah secara rutin agar mendapatkan semua manfaat tersebut. Tak ada alasan untuk tidak bersedekah, karena ada LAZNAS LMI yang memudahkan kita untuk bersedekah kapan pun dan dari mana pun kita berada. Ayo bersedekah melalui LAZNAS LMI, Insyaa Allah berkah. Aamiin.

Mengenal LAZNAS LMI

Lembaga Manajemen Infaq (LMI) adalah lembaga filantropi profesional yang didirikan pada tahun 1995 di Kota Surabaya. Tujuan dibentuknya lembaga ini yaitu untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat kurang mampu (kaum fakir miskin) melalui penghimpunan dana sosial seperti zakat, infaq, sadaqah, wakaf, serta tanggung jawab sosial perusahaan.

Konsistensi LMI dalam menggapai tujuannya, akhirnya membuahkan hasil. Sebab pada tahun 2005, LMI disahkan sebagai amil zakat provinsi melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor: 451/1702/032/2005. Tak berhenti disitu, satu dekade kemudian LMI kembali dikukuhkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) sesuai Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 184 tahun 2016.

Lembaga Manajemen Infaq

Setahun setelah resmi menjadi LAZNAS, LMI berhasil meraih Baznas Award 2017 kategori Lembaga Amil Zakat Nasional dengan Penyaluran dan Pemanfaatan Terbaik. Penghargaan tersebut bagaikan penyemangat bagi LMI untuk terus berkembang hingga meroket di kancah nasional. Selain itu, LMI juga berkontribusi secara internasional dengan menjadi anggota Aliansi Kemanuisaan Indonesia (IHA).

LMI menyediakan beberapa layanan yang bisa memudahkan donatur untuk berbagi dengan sesama karena prosesnya dilakukan secara online. Ada beberapa layanan yang tersedia di LMI, yaitu sebagai berikut.

Qurbanholic

Qurbanholic

Qurbanholic disediakan oleh LMI untuk menampung dana dari donatur sebagai tabungan agar bisa membeli hewan kurban. Para donatur bisa menabung mulai dari Rp.200.000-an saja. Setelah mengirim uang untuk tabungan kurban, donatur tersebut akan mendapatkan kwitansi/bukti pembayaran setiap menabung. Jadi, meskipun dilakukan secara online, prosesnya memiliki prosedur yang jelas sehingga terjamin keamanannya. Hal ini merupakan solusi bagi siapa pun yang ingin berkurban tetapi belum memiliki dana yang cukup. Selain menabung, para donatur juga bisa membeli langsung hewan kurban melalui Qurbanholic. Nantinya, distribusi hewan kurban dilaksanakan oleh pihak LMI. Sangat mudah, bukan? Maka dari itu, mari mulai menabung melalui Qurbanholic agar bisa berkurban di tahun depan.


Infakin

INFAK.IN

Infak.in merupakan layanan yang disediakan oleh LMI untuk berinfak atau bersedekah dengan mudah. Sebab, melalui infak.in para donatur bisa berinfak atau bersedekah secara online sehingga dapat dilakukan dari mana pun dan kapan pun. Platform ini jelas bisa membuat para donatur lebih bersemangat dalam bersedekah. Perlu diketahui bahwa proses dalam melakukan sedekah di platform ini tidak ribet, sehingga bisa dilakukan dengan cepat. Donatur hanya perlu mengisi form Nama, Nomor Telepon, Email, dan Nominal Donasi. Setelah itu tinggal bayar melalui dompet digital atau aplikasi perbankan sesuai Nominal Donasi. Selesai. Sangat mudah dan cepat, bukan?


Wakafo

Wakafo

Selain menyediakan layanan untuk berinfak secara online, LMI juga menyediakan layanan wakaf online yang bernama wakafo. Layanan wakafo menyediakan sarana untuk beramal dengan Wakaf Uang. Sama seperti infak.in, wakafo juga dilakukan secara online sehingga memudahkan para donatur. Dalam menggunakannya juga tidak ribet, cukup memilih metode pembayaran, kemudian bayarkan wakaf yang sudah dipilih, selesai. Perlu diperhatikan bahwa platform ini hanya menyediakan wakaf uang, bukan dalam jenis lain. Meskipun demikian, pahala wakaf yang di dapatkan Insyaa Allah tidak akan berkurang barang sedikit. Aamiin.


Zakat Calculator

Zakat Calculator

Zakat Calculator merupakan salah satu layanan LMI yang digunakan untuk menghitung zakat yang harus dibayarkan oleh muzakki. Zakat Calculator ini dapat menghitung jumlah zakat profesi, zakat tabungan, zakat perdagangan, dan zakat emas yang harus dibayarkan. Selain itu, platform ini juga include dengan pembayaran zakat online yang sudah dihitung tersebut. Cara menggunakannya cukup mudah, kok. Donatur hanya perlu memilih jenis zakat yang ingin dibayarkan, kemudian masukan keterangan yang dibutuhkan pada Zakat Calculator. Setelah itu, Zakat Calculator akan menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan, tinggal klik Bayar Zakat lalu lakukan pembayaran. Proses membayar zakat sangat mudah dan cepat, hanya sebatas klik klik, selesai.


Donor Registration

Donor Registration

Selain berkurban, berinfak, dan membayar zakat melalui berbagai layanan online yang disediakan oleh LMI, siapa pun juga bisa mendonasikan sebagian rezekinya di lembaga amil zakat ini. Donatur baru yang belum pernah berdonasi melalui LMI bisa mendaftarkan diri pada menu yang ada di website LMI. Di sini para donatur bisa memberikan donasi insidentil maupun rutin (menjadi donatur tetap). Jika menjadi member toko swalayan saja bisa, masa menjadi donatur di LMI tidak bisa? Malu dong sama isi dompet. Mulai hari ini ayo donasikan sebagian rezeki melalui LMI agar menjadi berkah di dunia dan akhirat.


LMI Bukan Hanya Memberi

Perlu diketahui bahwa LMI bukan hanya sekadar menyalurkan bantuan kepada fakir miskin, tetapi juga memberdayakan mereka. LMI bukan hanya memberi seekor ikan yang habis dimakan dalam sehari, tetapi juga memberikan kail untuk memancing agar bisa mendapatkan ikan setiap hari. Itulah salah satu hal luar biasa yang dilakukan oleh LMI, yaitu memberikan bantuan sekaligus memberdayakan. Maka dari itu, mari ikut meluaskan manfaat bersama LMI agar bisa membantu dan memberdayakan masyarakat kurang mampu.

Sejauh ini, LMI sudah banyak berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat sehingga mampu mandiri. Pemberdayaan yang dilakukan oleh LMI meliputi pemberdayaan di bidang pendidikan, ekonomi, keagamaan, kesehatan, lingkungan, dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh keberhasilan LMI dalam memberdayakan masyarakat kurang mampu.

Meluaskan Manfaat Bersama LMI

Pada hari Senin, 13 Maret 2023, LMI berhasil mengantarkan 2 beasiswa sekaligus. Mereka adalah Widya (17) dan Liliyana (14), siswa yang mendapatkan beasiswa dari LMI. Selama ini Widya tinggal bersama ibunya yang merupakan seorang penjual gorengan dengan penghasilan yang tidak menentu. Sedangkan sang ayah sudah meninggal sejak Widya kecil. Widya sangat berterima kasih karena beasiswa dari LMI telah membantunya untuk membayar uang sekolah. Ia juga memberikan doa kepada donatur agar hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT. Di tempat lain, Liliyana juga mendapatkan beasiswa yang sama, sehingga dapat meringankan biaya sekolahnya.

Seperti yang diketahui bahwa pendidikan merupakan salah satu jalan terbaik untuk memberdayakan masyarakat. Sebab melalui pendidikan, masyarakat akan mendapatkan pengetahuan yang bisa digunakan sebagai bekal masa depan. Selain itu, LMI juga memberdayakan masyarakat kurang mampu melalui perekonomian.

Gempa Cianjur yang terjadi pada akhir tahun 2022, membuat banyak kerugian. Salah satu korban yang mengalami kerugian cukup besar adalah Bu Ella. Setengah rumahnya hancur sehingga membuatnya harus tinggal di depan rumah beralaskan terpal. Bukan hanya itu, warung Bu Ella juga ikut hancur sehingga membuatnya kesulitan untuk berdagang. Namun, Bu Ella masih bersemangat untuk berdagang sehingga membuat tim LMI memberikan dukungan dengan cara membangunkan warung untuk Bu Ella. Alhamdulillah, kini Bu Ella bisa kembali berdagang dengan mudah dan bisa bangkit dengan cepat.

LMI Memberdayakan Masyarakat

Selain memberdayakan masyarakat kurang mampu melalui pendidikan dan perekonomian, tak lupa, LMI juga memberdayakan masyarakat melalui keagamaan. Sebab bagaimana pun hidup di dunia hanya sementara. Oleh sebab itu, sudah seharusnya manusia memikirkan kehidupan setelah di duni ini. LMI peduli terhadap sesama umat muslim sehingga memberdayakan masyarakat agar selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan terutama saudara muslim yang baru masuk islam.

Salah satu muallaf binaan LMI, Bu Rani, berhasil mendapatkan bantuan berupa kambing ternak yang berasal dari Program Ternak Nusantara Lembaga Manajemen Infaq (LMI). Bu Rani mendapatkan lima ekor kambing betina dan seekor kambing jantan yang saat ini sudah beberapa kali melahirkan. Usaha ternak kambingnya tersebut berhasil membuat Bu Rani menjadi masyarakat yang mandiri secara finansial.

Itulah segelintir contoh bantuan dari LMI yang bisa memberdayakan masyarakat kurang mampu menjadi mandiri. Selain itu, masih banyak kisah bahagia dan inspiratif lainnya yang sudah dilakukan oleh LMI sehingga membuat masyarakat tersenyum dan bahagia.

Cara Berbagi melalui LMI

LMI menyediakan berbagai layanan online untuk berbagi dengan sesama, antara lain Qurbanholic, Infak.in, Wakafo, dan Zakat Calculator. Selain itu, LMI juga mempersilakan siapa pun untuk berdonasi dengan mendaftarkan diri melalui Donor Registration. Semua itu dibuat oleh LMI demi memudahkan para donatur dalam berbagi dengan sesama. Proses yang mudah dan cepat dalam berbagi dengan sesama, tentu akan merangsang siapa pun untuk ikut berbagi.

Layanan LMI Mudah Digunakan

Demi membuktikan kemudahan dan proses yang cepat dalam berbagi melalui LMI, aku mencoba semua layanan yang tersedia. Mulai dari layanan Qurbanholic, Infak.in, Wakafo, Zakat Calculator, hingga mendaftar menjadi donatur melalui Donor Registration. Semua itu aku praktekan dikala sedang bekerja. Dan hal tersebut sama sekali tidak mengganggu pekerjaanku karena prosesnya sangat mudah dan cepat. Berikut ini aku beri tahu cara berbagi melalui layanan yang disediakan oleh LMI.

Cara Menggunakan Qurbanholic

1. Buka website resmi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) di https://lmizakat.org/ lalu klik layanan Qurbanholic atau akses link berikut http://qurbanholic.lmizakat.id/.

Menu Qurbanholic LMI

2. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman Website Qurbanholic. Di sana terdapat nomor Whatsapp yang bisa dihubungi apabila ingin mendaftar menjadi member Qurbanholic atau bisa klik icon Whatsapp yang ada di sebelah kiri bawah agar lebih mudah.

Website Qurbanholic LMI

3. Secara otomatis akan muncul pesan whatsapp: “Saya ingin Berqurban di lmi mohon info detailnya kak“, silakan kirim pesan tersebut. Lalu tunggu balasan dari admin Qurbanholic. Silakan bertanya perihal layanan Qurbanholic yang disediakan oleh LMI, pasti ditanggapi dengan ramah oleh admin.

Admin Qurbanholic

4. Jika setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada layanan Qurbanholic, maka admin akan menuntun hingga proses pendaftaran selesai. Setelah itu silakan menabung secara rutin sembari terus berkomunikasi dengan admin. Selesai.

Cara Menggunakan Infak.in

1. Buka website resmi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) di https://lmizakat.org/ lalu klik layanan Infak.in atau akses link berikut https://infak.in/.

Cara Menggunakan Infakin

2. Setelah itu akan muncul halaman website Infak.in. Kamu bisa berinfak dengan cara mengisi form yang tersedia, seperti Nama Lengkap, Nomor Telepon, Email, dan Nominal Donasi. Ada empat pilihan Nominal Donasi, yaitu 25.000, 50.000, 100.000, dan nominal sesuai keinginan. Silakan isi semua kolom tersebut, lalu klik tombol DONASI SEKARANG.

2. Infakin

3. Pilih metode pembayaran yang diinginkan. Contoh: menggunakan metode transfer Bank BRI.

3. Infakin

4. Muncul Virtual Account yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran.

4. Infakin

5. Bayarkan tagihan sesuai nominal yang tertera pada Virtual Account.

5. Infakin

6. Selamat, kamu sudah berhasil berinfak melalui layanan Infak.in dari LMI.

6. Infakin

7. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email mengenai pembayaran infak yang sudah selesai dilakukan.

7. Infakin

Cara Menggunakan Wakafo

1. Buka website resmi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) di https://lmizakat.org/ lalu klik layanan Wakafo atau akses link berikut https://wakafo.org/.

Cara Menggunakan Wakafo

2. Muncul halaman website Wakafo, di sini hanya bisa melayani jenis wakaf uang. Silakan isi form yang tersedia, seperti Jenis Wakaf (Wakaf Uang), Metode Pembayaran, Nominal, Nama Lengkap, Nomor Telepon, dan Email. Ada dua jenis metode pembayaran, yaitu melalui Online Payment atau QR Code. Metode Online Payment memungkinkan kamu untuk membayar melalui GoPay, ShopeePay, Permata VA, BNI VA, dan BCA VA. Contoh: pembayaran melalui ShopeePay. Setelah selesai diisi, silakan klik tombol BAYAR WAKAF SEKARANG.

2. Wakafo

3. Muncul barcode ShopeePay untuk melakukan pembayaran.

3. Wakafo

4. Silakan scan barcode tersebut melalui aplikasi Shopee, lalu konfirmasi pembayaran dengan mengklik tombol OK.

4. Wakafo

5. Kamu akan mendapatkan informasi melalui whatsapp dan email bahwa wakaf sudah berhasil dibayarkan.

6. Sertifikat Wakaf Uang juga akan dikirimkan pada email.

Cara Menggunakan Zakat Calculator

1. Buka website resmi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) di https://lmizakat.org/ lalu klik layanan Zakat Calculator atau akses link berikut https://lmizakat.org/kal_zakat/.

2. Muncul halaman Zakat Calculator. Ada beberapa zakat yang bisa dibayarkan, yaitu Zakat Profesi, Zakat Tabungan, Zakat Perdagangan, dan Zakat Emas. Silakan pilih salah satu zakat yang ingin dibayarkan. Contohnya Zakat Tabungan. Setelah itu isi kolom yang tersedia untuk melihat besarnya zakat yang harus dibayar, kemudian klik tombol Bayar Zakat.

2. Zakat Calculator

3. Kamu akan diarahkan ke google form sebagai konfirmasi telah membayar zakat, silakan bayarkan zakat melalui nomor rekening yang ada di bagian bawah form tersebut.

3. Zakat Calculator

Nomor rekening:

  • BSM 708 260 7794
  • Muamalat 701 0055 054
  • Mandiri 142 000 463 9943
  • BCA 5200 163 399

4. Bayarkan zakat sesuai dengan perhitungan pada Zakat Calculator melalui nomor rekening tersebut.

5. Isi google form dengan lengkap, setelah itu klik tombol Submit. Selesai.

5. Calculator Zakat

Cara Menjadi Donatur LMI

1. Buka website resmi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) di https://lmizakat.org/ lalu klik layanan Donor Registration.

Cara Menjadi Donatur LMI

2. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke whatsapp LMI dan secara otomatis menulis pesan seperti berikut:
Assalamualaikum, Hello, I’m [your name] from [your country]. I want to register as a donor at LMI. Can you help me?
Silakan kirimkan pesan tersebut, lalu kamu bisa bertanya-tanya pada admin seputar donasi melalui LMI.

Donatur LMI

3. Jika kamu baru melakukan donasi melalui LMI, disarankan untuk mendaftar melalui layanan tersebut agar kamu terdaftar sebagai donatur, baik donatur insidentil maupun donatur tetap. Dengan begitu, kamu bisa berdonasi dengan mudah dan cepat melalui LMI. Selesai.

Kesimpulan

Apa yang dianggap tidak berguna, bisa jadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Sedikit uluran tangan kita, dapat membantu sesama. Maka dari itu, mari sisihkan sedikit rezeki kita untuk mereka yang sedang membutuhkan bantuan. Jangan takut miskin karena bersedekah, sebab menurut HR Muslim menjelaskan bahwa dalam salah satu hadist Qudsi, Allah berfirman:

“Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu”

Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersedekah, seperti: membantu sesama, membuat bahagia, menurunkan tingkat kesenjangan, dan sebagainya.

Apa lagi di era digital seperti saat ini, berbagi dengan sesama bisa dilakukan dengan mudah, yaitu secara online. Salah satu lembaga yang menyediakan layanan untuk berbagi secara online adalah Lembaga Manajemen Infaq (LMI). LMI menyediakan berbagai layanan yang bisa memudahkan kita untuk berbagi dengan sesama, layanan tersebut antara lain: Qurbanholic, Infak.in, Wakafo, dan Zakat Calculator. Melalui layanan ini, kita bisa berbagi dengan sesama hanya semudah klik klik saja. Sangat mudah!

Selain berbagi dengan sesama, melalui LMI juga kita bisa ikut memberdayakan masyarakat kurang mampu. Sebab LMI selalu membimbing masyarakat untuk mandiri agar dapat menurunkan tingkat kesenjangan. Hal ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Kesepuluh: Berkurangnya Kesenjangan. Maka dari itu, mari ikut meluaskan manfaat bersama LMI sehingga tercapainya tujuan yang mulia tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Lembaga Manajemen Infaq (LMI) melalui Instagram: @lmizakat dan Facebook: Laznas LMI.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog “Meluaskan Manfaat” yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Infaq dan Forum Lingkar Pena.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top