Berto Imunku

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bersama Keluarga dan Berto ImunKu dari Martha Tilaar

Saat ini kita semua sedang dalam kondisi waspada dan menjaga diri dari penyakit yang berbahaya. Ancaman kematian yang bisa datang kapanpun dan dimanapun kita berada, membuat gerak kita sangat terbatas. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini akan menyerang daya tahan tubuh kita sehingga berpotensi membuat gangguan kesehatan pada beberapa organ tubuh. Terlebih jika tubuh yang sedang terserang corona dalam kondisi yang tidak fit, tentu akan sangat berbahaya. Maka dari itu, kita diwajibkan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari resiko kematian karena virus corona. Untung saja selalu ada keluarga dan Berto ImunKu dari Martha Tilaar yang siap menjaga daya tahan tubuh kita!

Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh atau bisa kita sebut sebagai sistem imunitas merupakan perlindungan pertama yang akan aktif secara otomatis ketika ada serangan penyakit berupa bakteri, kuman, virus, atau objek lain yang berasal dari luar tubuh. Sistem imunitas kita dapat mengidentifikasi setiap objek yang masuk ke dalam tubuh dan melakukan tindakan yang tepat terhadap objek tersebut.

Hal ini berlaku juga untuk virus corona yang akan masuk ke tubuh kita. Sistem imunitas yang ada di dalam tubuh akan mengidentifikasi bahwa virus ini merupakan ancaman yang berbahaya sehingga sistem imunitas kita akan bertindak untuk melemahkannya.

Sistem Imunitas

Jika sistem imunitas kita dalam kondisi prima, maka virus corona dapat dikalahkan dengan mudah dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus meminum obat sekalipun. Sebaliknya, jika sistem imunitas kita tidak sedang dalam kondisi prima, maka kesehatan kita akan terganggu dan ancaman kematian bisa saja terjadi.

Jadi, solusi yang tepat untuk mengatasi rasa takut karena corona ada pada daya tahan tubuh atau sistem imunitas kita. Selama daya tahan tubuh kita kuat, tentu kita bisa menghadapi pandemi seperti sekarang ini. Namun meskipun demikian, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi untuk mengurangi resiko terserang virus corona.

Mengenal Imunomodulator

Imunomodulator merupakan zat yang dapat mempengaruhi (memodulasi) sistem imun tubuh untuk mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu. Menurut dr. Inggrid Tania, selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, menjelaskan pengertian imunomodulator sebagai berikut.

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif. Artinya, setiap ketidak seimbangan dari sistem imun tersebut akan dikembalikan menjadi kearah yang seimbang.

dr. Inggrid Tania

Lanjut menurut dr. Inggrid Tania, secara garis besar imunomodulator dibagi menjadi dua, yaitu Imunostimulan dan Imunosupresif.

Imunostimulan bersifat up regulation, yaitu suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun yang diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi. Contoh bahan herbal yang mengandung imunostimulan: meniran, jahe, kunyit, bawang putih, sambiloto, jinten hitam, kelor, dan sebagainya.

Sedangkan imunosupresif bersifat down regulation, yaitu digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi organ.

Imunostimulan dari Herbal

Keluarga Sebagai Daya Tahan Tubuh Alami

Peran serta orang-orang terdekat seperti keluarga, bisa jadi merupakan support system yang baik sebagai cara menaikan imun ditubuh kita. Interaksi yang hangat dan menyenangkan bersama mereka akan membuat kita merasa bahagia. Saat seseorang merasa bahagia, maka di dalam tubuhnya akan melepaskan hormon Oksitosin. Hormon ini merupakan salah satu hormon yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Oksitosin juga biasa disebut sebagai hormon cinta, yaitu hormon yang diperoleh ketika kita melakukan kegiatan bersama orang terdekat atau orang lain dengan penuh kasih sayang.

Imunitas Keluarga

Selain itu, keluarga juga berperan besar terhadap keberhasilan kita dalam menghadapi pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh I Gusti Ngurah Santika yang berjudul Optimalisasi Peran Keluarga dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur, mengungkapkan bahwa keluarga dapat berperan penting untuk mengatasi masalah covid-19 yang saat ini sedang terjadi. Tingkat keberhasilan peran keluarga tersebut dapat dilihat dari upaya-upaya yang dilakukan seperti berikut:

  1. Kemampuan untuk mendisiplinkan seluruh perilaku anggotanya.
  2. Mengedukasi atau mendidik anak untuk mengikuti protokol kesehatan.
  3. Mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan anggota keluarganya.
  4. Menanamkan pola hidup sehat pada keluarga dengan berolahraga secara rutin dan teratur.
  5. Memelihara kesehatan mental anggotanya.
  6. Saling memotivasi dan menguatkan.
  7. Sosialisasi kemasyarakatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, kita diwajibkan untuk mengurangi mobilitas dan harus tetap di rumah saja selagi tidak ada keperluan mendesak. Seharusnya momen ini bisa kita manfaatkan agar lebih intens berinteraksi dengan anggota keluarga. Di rumah saja tidak akan menjadi bosan ketika kita melakukan kegiatan hangat bersama orang-orang terkasih. Bisa jadi, hal ini merupakan cara menaikan imun secara alami.

Berto ImunKu untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berto ImunKu merupakan salah satu produk dari Martha Tilaar Group, berupa cairan herbal dari konsentrat bahan jahe, kencur, kunyit, madu, temulawak, dan meniran. Cairan atau minuman dengan bahan-bahan tersebut memang sudah banyak di pasaran, namun harganya masih relatif mahal dan kemasannya kurang praktis. Membaca permasalahan tersebut, Berto ImunKu hadir untuk memberikan produk imunomodulator dengan harga yang terjangkau dan kemasan yang lebih praktis.

Produk luar biasa ini sudah terverifikasi halal, alami, dan telah teruji manfaatnya. Hal ini dikarenakan kandungan alami dalam Berto ImunKu dapat menjadi imunomodulator yang akan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas kita. Menurut website resmi Martha Tilaar Group, kandungan yang ada di dalam Berto ImunKu antara lain Meniran (Phyllanthus niruri), Jahe (Zingiberis officinale), Kunyit (Curcumae domesticae), Kencur (Kaempferiae galangae), Temulawak (Curcumae xanthorrhizae), dan Madu (Mel depuratum).

Herbal Di Dalam Berto ImunKu

Selain harga murah dan kemasannya yang praktis, ada beberapa kelebihan lain dari Berto ImunKu jika dibandingkan dengan produk lain yang serupa. Dalam sebuah wawancara secara daring untuk menyambut peluncuran Berto ImunKu, CEO Matha Tilaar Group, Kilala Tilaar, menyebutkan keunggulan Berto ImunKu daripada produk lain, yaitu sebagai berikut.

  1. Formulasi Berto ImunKu sangat luar biasa dengan memakai bahan herbal dari Indonesia yang memiliki berbagai khasiat, seperti meniran, jahe, kunyit, dan sebagainya.
  2. Paduan rasanya pas dan enak di mulut, cocok untuk anak-anak dan dewasa.
  3. Kemasannya praktis, hanya tinggal sobek langsung bisa dinikmati. Tidak seperti produk lain yang cenderung memiliki kemasan kurang praktis.
  4. Harganya murah sehingga bisa diterima di seluruh segmen masyarakat.

Manfaat Herbal yang Ada Di Dalam Berto ImunKu

Seperti yang kita ketahui bahwa produk dari Martha Tilaar, Berto ImunKu, mengandung berbagai macam herbal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Herbal tersebut antara lain Meniran, Jahe, Temulawak, Kunyit, Kencur, dan Madu. Keenam herbal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar tetap fit. Kita bisa membuktikan manfaat dari herbal tersebut melalui penelitian-penelitian yang pernah dilakukan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat Bahan Herbal Berto Imunku

Meniran

Selain menjadi imunomodulator, meniran juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Laotesa Rammang dkk, mengungkapkan bahwa meniran sangat cocok untuk penderita DBD. Efek dari mengkonsumsi meniran akan meningkatkan daya tahan tubuh dan antihepatoksik yang digunakan untuk mengatasi penurunan imun dan peradangan hati pada penderita DBD.

Meniran ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Ria Khusnul Khotimah. Penelitian yang menggunakan jenis penelitian semu (Quasy Experiment) dengan pendekatan pretest-posttest design ini, berhasil mengungkapkan bahwa rebusan daun meniran dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tentu saja hasil penelitian ini dapat dikaji lebih lanjut agar meniran bisa dijadikan obat untuk penderita hipertensi.

Jahe

Herbal yang satu ini memang sudah tidak diragukan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh I Wayan Redi Aryanta yang berjudul Manfaat Jahe untuk Kesehatan. Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa Jahe dapat mengobati berbagai penyakit, seperti: impoten, batuk, pegal-pegal, kepala pusing, rematik, sakit pinggang, masuk angin, bronchitis, nyeri lambung, nyeri otot, vertigo, mual saat hamil, osteoarthritis, gangguan sistem pencernaan, rasa sakit saat menstruasi, kadar kolesterol jahat dan trigliserida darah tinggi, kanker, sakit jantung, fungsi otak terganggu, Alzheimer, penyakit infeksi, asma, produksi air susu ibu terganggu, gairah seksual rendah, dan stamina tubuh rendah.

Ada beberapa jenis jahe, salah satunya adalah jenis jahe merah yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Fakta ini diungkapkan melalui jurnal yang dibuat oleh Tri Lamtiur Pakpahan dengan judul Manfaat Jahe Merah (Zingiber officinale Roscoe) terhadap Kadar Asam Urat. Rimpang jahe merah mengandung minyak atsiri sekitar 2,58%-3,90% dan oleoresin 3% yang dapat menurunkan kadar asam urat.

Kunyit

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eris Septiana dkk, bertujuan untuk mengetahui aktivitas antimikroba dan antioksidan dari beberapa organ tanaman kunyit yang meliputi akar, rimpang, batang, dan daun. Penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak etil asetat dari daun dan batang memiliki aktivitas penghambatan tertinggi terhadap S.aureus, ekstrak etil asetat dari akar dan batang memiliki aktivitas penghambatan tertinggi terhadap E.coli, dan ekstrak etil asetat dari daun memiliki aktivitas penghambatan tertinggi terhadap C.albicans. Ekstrak etil asetat dari rimpang memiliki aktivitas antioksidan tertinggi diantara ekstrak lainnya.

Di dalam kunyit terdapat senyawa kurkumin yang berkhasiat untuk penderita diare karena memiliki efek antibakteri yang dibuktikan dengan uji hambat bakteri. Seperti yang kita ketahui bahwa diare merupakan permasalahan yang cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini sangat berguna jika dikembangkan lebih lanjut untuk menemukan obat diare alami dari bahan dasar kunyit. Fakta ini sudah diungkapkan oleh Rahmat Febriawan dalam publikasinya yang berjudul Manfaat Senyawa Kurkumin dalam Kunyit pada Pasien Diare.

Kencur

Nurul Pudiastutiningtyas dkk dalam jurnalnya yang berjudul Diversifikasi Kunyit (Curcuma Domesticae) dan Kencur (Kaempferiae Galanga L) sebagai Minuman Herbal Serbuk Siap Saji, mengungkapkan bahwa kencur yang dicampur dengan kunyit dapat dijadikan minuman herbal kaya manfaat. Khasiat dari minuman herbal dari bahan dasar kencur tersebut dapat menyegarkan dan menyehatkan badan.

Sementara itu, dalam jurnal penelitian berjudul Daya Hambat Ekstrak Kencur (Kaempferiae Galanga L.) Terhadap Trichophyton Mentagrophytes dan Cryptococcus Neoformans Jamur Penyebab Penyakit Kurap pada Kulit dan Penyakit Paru yang ditulis oleh Djaenudin Gholib, menunjukkan nilai konsentrasi hambat minimal (KHM) yang terjadi pada koloni jamur. Hasil penelitian menunjukkan nilai KHM ekstrak adalah 0,15% terhadap T. mentagrophytes, dan 2% terhadap C. neoformans. Daya hambat ekstrak rimpang kencur lebih besar terhadap T. mentagrophytes dibandingkan dengan C. neoformans.

Temulawak

Khasiat temulawak sebagai obat herbal memang sudah dikenal sejak zaman dulu. Tumbuhan ini sudah dipakai oleh nenek moyang kita untuk membuat jamu yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, temulawak juga bisa berperan sebagai antioksidan yang terdapat di dalam senyawa kurkumin. Temulawak sebagai antioksidan sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, salah satunya pada jurnal yang ditulis oleh Ali Rosidi dkk. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ekstrak temulawak memiliki aktivitas antioksidan tergolong aktif sehingga  berpotensi  sebagai antioksidan alami yang baik.

Temulawak juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang dapat berfungsi sebagai antibakteri. Menyadari hal ini, Putri dkk melakukan penelitian untuk mengetahui efek antibakteri ekstrak tunggal dan kombinasi (temu putih dan temulawak) terhadap Streptococcus mutans. Meskipun hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak tunggal temu putih memiliki antibakteri yang paling baik diantara sampel lainnya, namun penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ekstrak temu putih dan temulawak mengandung 3 senyawa aktif utama yang memiliki aktivitas antibakteri yaitu germacrone, a-curcumene, dan zingiberene.

Madu

Menurut buku yang ditulis oleh Faisal M. Sakri dengan judul Madu dan Khasiatnya, madu memiliki beberapa keunggulan yaitu sebagai pengganti gula, mudah dicerna, sumber vitamin dan mineral, sumber antioksidan, memenuhi kebutuhan protein, dan mengandung zat antibiotik. Di dalam buku yang sama, juga menerangkan tentang khasiat madu antara lain sebagai berikut.

  1. Madu dapat membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.
  2. Jika dibanding jumlah gula yang sama, kandungan kalori pada madu juga 40 persen lebih rendah.
  3. Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit.
  4. Molekul gula bebas membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengkonsumsi terbesar untuk gula.

Kesimpulan

Berto ImunKu dari Martha Tilaar merupakan produk yang sarat akan manfaat. Bukan hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja, melainkan juga sebagai obat tradisional atau jamu yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan Berto ImunKu mengandung berbagai herbal seperti meniran, jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan madu. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan herbal tersebut memiliki berbagai macam khasiat yang sudah dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian. Oleh sebab itu, jadikan Berto ImunKu sebagai booster imun untuk melindungi kita dari berbagai macam penyakit yang disebabkan daya tahan tubuh lemah.

Berto Imunku sebagai Pencegah Covid19

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, dimana tubuh kita tidak boleh lemah sedikitpun. Maka dari itu, selain menjalankan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas), kita juga harus meminum Berto ImunKu agar kondisi badan tetap fit. Berto ImunKu merupakan imunomodulator yang bisa kita beli dengan harga murah dan dengan kemasan yang praktis. Tunggu apa lagi?! Ayo jaga daya tahan tubuh kita dan keluarga dengan Berto ImunKu!

Sumber

https://www.liputan6.com/health/read/4404410/bantu-jaga-imunitas-4-hormon-ini-berperan-munculkan-perasaan-bahagia

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIIS/article/view/28437

https://www.marthatilaargroup.com/detail/id/582/pt-martina-berto-tbk-luncurkan-berto-imunku,-minuman-sehat-keluarga-untuk-tingkatkan-imunitas#:~:text=Kandungan%20alami%20dalam%20Berto%20ImunKu,dan%20Madu%20(Mel%20Depuratum).

http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Meditek/article/view/1271

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top