Sampoerna University

Mengenal Kurikulum Internasional Cambridge dan Perannya dalam Sistem Pendidikan Indonesia

Kurikulum adalah jantung dari sebuah sistem pendidikan. Maka dari itu, hendaknya kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan segala aspek yang bisa memaksimalkan mutu pendidikan. Di Indonesia sendiri terdapat kurikulum nasional yang dijadikan acuan oleh banyak sekolah. Namun, ada beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum internasional. Salah satu kurikulum internasional yang paling banyak dikenal adalah Kurikulum Cambridge. Sebenarnya apa itu Kurikulum Cambridge? Mari berkenalan lebih dekat dengan kurikulum ini.

Mengenal Kurikulum Cambridge

Kurikulum Cambridge adalah kurikulum yang merancang pendidikan individu sejak balita hingga usia 19 tahun untuk fokus pada mata pelajaran berdasarkan minat dan kelebihan mereka. Kurikulum ini pertama kali diperkenalkan oleh Cambridge Assessment International Education, penyedia kurikulum berkualifikasi internasional yang diakui secara global. Musabab pendidikan pada Kurikulum Cambridge dimulai sejak balita, maka dari itu, kurikulum ini bisa diterapkan dari anak masuk Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kurikulum Cambridge memiliki alur pembelajaran yang disebut sebagai Cambridge Pathway. Di dalam Cambridge Pathway terdapat empat tahapan, yaitu Cambridge Primary, Cambridge Lower Secondary, Cambridge Upper Secondary, dan Cambridge Advanced. Empat tahapan tersebut bertujuan untuk membimbing peserta didik agar menguasai pembelajaran dari pendidikan dasar hingga menengah atas. Meskipun dibangun dengan empat tahapan, tetapi semua tahapan tersebut dapat dilalui secara terpisah.

Kurikulum Cambridge memiliki lima elemen yang sangat bermanfaat bagi sekolah yang menggunakannya, yaitu: kurikulum internasional, pengajaran dan pembelajaran, penilaian, pengakuan internasional, dan komunitas global. Mari kita pahami lebih lanjut kelima elemen tersebut.

  1. Kurikulum Internasional.
    Menawarkan beragam mata pelajaran dan membentuk sebuah sekolah yang fleksibel untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan konteks, kebudayaan, dan etos yang berlaku di berbagai negara.
  2. Pengajaran dan Pembelajaran.
    Menyediakan pengembangan untuk pengajar agar semakin profesional, sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam mengajar. Kurikulum Cambridge mendorong pengajar untuk mengembangkan kemampuan siswa dengan pembelajaran yang diminati.
  3. Penilaian.
    Merancang penilaian yang adil, valid, andal, dan mudah dilaksanakan. Penilaian dilihat dari pengetahuan materi mendalam, pengetahuan konseptual, dan kemampuan berpikir tingkat yang lebih tinggi. Struktur penilaian yang fleksibel dapat memaksimalkan waktu pembelajaran
  4. Pengakuan Internasional.
    Kualifikasi Kurikulum Cambridge diakui secara luas oleh berbagai universitas dan pemberi kerja sehingga peserta didik bisa tampil percaya diri. Selain itu, peserta didik yang lulus kualifikasi akan dihargai sepanjang pendidikan dan kariernya, baik di negara sendiri maupun secara internasional.
  5. Komunitas Global.
    Sekolah dengan Kurikulum Cambridge termasuk dalam komunitas pendidikan internasional yang mendukung pembelajaran profesional dan menghubungkan pengajar di seluruh dunia sehingga dapat belajar satu sama lain serta berbagi pandangan, informasi, dan sumber daya.

Peran Kurikulum Cambridge untuk Pendidikan Indonesia

Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia sudah beberapa kali mengganti kurikulum pendidikan. Tujuannya jelas, agar bisa menciptakan dan menggunakan kurikulum yang terbaik sehingga peserta didik bisa belajar dengan maksimal. Pembuatan kurikulum ini bisa terinspirasi dari kurikulum lain, seperti Kurikulum Merdeka yang dianggap memiliki kemiripan dengan Kurikulum Cambridge.

Salah satu orang tua peserta didik yang juga merupakan Young Global Leaders of World Economic Forum, Iim Fahima Jachja, dalam acara Selamat Pagi Indonesia di MetroTV, mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka yang saat itu masih menjadi prototipe mirip dengan Kurikulum Cambridge.

Pendapat tentang Kurikulum Cambridge

Sebetulnya (prototipe Kurikulum Merdeka) itu mirip dengan kurikulum Cambridge yang anak saya ikuti, memang utamanya fokus pada minat dan bakat anak

Iim Fahima Jachja

Kurikulum Internasional, khususnya Kurikulum Cambridge, sedikitnya telah berperan dan menjadi referensi bagi sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Kurikulum Cambridge memiliki manfaat yang besar terhadap dunia pendidikan. Bukan hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Astria Ayu Ramadianti dengan judul “Studi Literatur: Analisis Implementasi Kurikulum Cambridge pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar“, menyebutkan bahwa Kurikulum Cambridge memiliki beberapa keuntungan jika diterapkan dalam pembelajaran di sekolah, diantaranya adalah anak fasih berbahasa inggris, memiliki cara pandang internasional, pendidikan yang modern dan terbaru, serta menyiapkan siswa sebagai pemimpin masa depan.

Sekolah yang Menerapkan Kurikulum Cambridge

Setelah mengenal Kurikulum Cambridge, siapa pun pasti akan tertarik untuk masuk ke sekolah yang menerapkan kurikulum tersebut. Untungnya, di Indonesia ada Sampoerna University yang menggunakan Kurikulum Cambridge dalam proses pembelajarannya. Perlu diketahui bahwa Sampoerna University merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tingkat tinggi ala Amerika. Ini merupakan puncak dari satu-satunya sistem sekolah di Indonesia yang terintegrasi secara nasional berdasarkan standar kualitas kelas dunia, sebagai bagian dari Sistem Sekolah Sampoerna. Jadi, peserta didik bukan hanya mahir di bidang akademis dengan standar internasional, melainkan juga siap bersaing dalam kehidupan nyata karena sudah memiliki bekal kompetensi bekerja yang dibutuhkan oleh industri.

Sampoerna University adalah universitas swasta, non-denominasi, nirlaba yang berlisensi dan terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Dibentuk dengan standar nasional dan internasional, Sampoerna University memenuhi syarat untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan.
Sampoerna University lebih dari sekadar kampus — melainkan merupakan sebuah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk sukses baik secara akademis maupun profesional. Di sini, siswa tidak hanya akan belajar dan memperoleh keahlian akademis—mereka akan ditantang untuk berpikir, melakukan, dan tumbuh menjadi lebih baik. Dengan program kami, siswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik yang akan membuka pintu untuk karir nasional atau internasional setelah mereka lulus.

Sampoerna University

Penggunaan Kurikulum Cambridge di Sampoerna University sudah diakui dan tercatat pada website resmi Cambridge Assessment International Education. Cara mengeceknya gampang, silakan kunjungi halaman Find a Cambridge School. Setelah itu masukan nama negara pada kolom Select a location dan nama kota pada kolom Select a state/city/town, kemudian klik tombol Search. Musabab Sampoerna University berada di Jakarta, maka kita pilih Negara Indonesia dan Kota Jakarta. Hasilnya, muncul nama Sampoerna University sebagai salah satu pengguna Kurikulum Cambridge yang terdaftar secara resmi.

Sampoerna University Pengguna Kurikulum Cambridge

Maka dari itu, tunggu apa lagi, ayo belajar di Sampoerna University yang sudah menerapkan Kurikulum Internasional Cambridge, kurikulum yang telah berperan dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Sumber

  • https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/kurikulum-cambridge-keunggulan-sampoernna-academy/
  • https://www.cambridgeinternational.org/languages/indonesia/programmes-qualifications-new/
  • https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/5b2Gv4nk-konsep-kurikulum-baru-disebut-mirip-kurikulum-cambridge
  • http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25550

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top