Banyak yang berpendapat bahwa dunia kerja itu kejam. Memang benar. Sebab, banyak orang yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan dan malah menjadi pengangguran setelah masuk ke dalam dunia kerja. Maka dari itu, mari bekali diri dengan pendidikan yang memadai, pendidikan yang bisa meningkatkan kemampuan kita agar dibutuhkan di dunia kerja. Sampoerna University menawarkan pendidikan internasional dengan kompetisi global yang memungkinkan para peserta didik bersaing di kancah nasional dan internasional, baik secara akademis maupun profesional.

Persyaratan Kerja yang Terlalu Tinggi

Kita sering melihat informasi lowongan pekerjaan yang ada di media sosial atau media massa lainnya yang mencantumkan persyaratan terlalu tinggi. Maksud dari ‘terlalu tinggi’ di sini adalah kriteria yang ditentukan untuk pekerja yang akan mengisi lowongan pekerjaan tersebut terlalu tinggi walaupun job desk yang akan dihadapi cukup mudah dan memiliki risiko kecil.

Contohnya: Ada lowongan pekerjaan mencuci piring yang menentukan batas minimal pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Padahal, lulusan Sekolah Dasar (SD) pun bisa mencuci piring. Bahkan yang tidak bersekolah pun bisa mencuci piring, tetapi ternyata persyaratan pekerjaan tersebut mengharuskan calon pekerja memiliki minimal pendidikan SMA.

Persyaratan Pekerjaan Terlalu Tinggi

Selain persyaratan yang terlalu tinggi, para pencari kerja juga dihadapi oleh banyak tantangan lain, seperti:

  1. Persaingan semakin ketat karena jumlah pengangguran terus meningkat.
  2. Adanya ‘orang dalam’ yang membuat persaingan menjadi tidak adil.
  3. Maraknya calo yang sangat merugikan para pencari kerja.

Tantangan tersebut akan menjadi lebih berat ketika para pencari kerja berada di wilayah-wilayah pelosok yang jauh dari kota dan kawasan industri. Sebab mereka harus mendekat ke sumber lowongan pekerjaan yang tentu saja akan menghabiskan banyak uang dan tenaga. Belum lagi kalau ternyata mereka tidak lulus seleksi dan hanya pulang dengan membawa tangan kosong. Melihat kenyataan ini, tak bisa dipungkiri bahwa dunia kerja yang kejam memang benar adanya.

Persiapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja

Setelah mengetahui bagaimana sulitnya mencari pekerjaan, seharusnya kita lebih siap dalam menghadapi segala tantangan sebelum terjun ke dunia kerja. Nah, untuk mengatasi tantangan tersebut, ada cara dari Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bapak Oni Arief Benyamin, yang bisa kita gunakan. Dalam acara Study Banding di Gedung DPR/MPR RI, bapak Oni memberikan Formula 4B yang bisa digunakan dalam dunia kerja. Formula 4B tersebut merupakan singkatan dari Berkemampuan, Berhubungan baik, Bertanggung jawab, dan Bekerja keras.

Bekal Menghadapi Dunia Kerja

Berkemampuan/Berkompeten

Seseorang yang memiliki kemampuan mumpuni di bidang tertentu, bukan hanya dibutuhkan oleh industri, tetapi juga bisa menciptakan industrinya sendiri. Artinya, hal utama yang harus kita miliki untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja adalah kemampuan. Sebab dengan kemampuan, kita juga bisa membuat usaha sendiri alih-alih mencari pekerjaan. Contohnya: seseorang yang paham dan fasih dalam berbahasa inggris, bisa membuka tempat les sendiri alih-alih mendaftar pekerjaan menjadi translator di sebuah perusahaan.

Berhubungan Baik

Setiap pekerjaan pasti mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, menjalin hubungan yang baik adalah salah satu hal yang harus kita lakukan. Selain bisa menarik perhatian industri, berhubungan baik juga diperlukan untuk membuat sebuah koneksi dengan banyak orang. Nah, dengan memiliki banyak koneksi ini, tentu peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin besar. Sebab, bisa saja koneksi kita tersebut merupakan pemilik perusahaan yang sedang mencari pekerja.

Bertanggung Jawab

Sikap bertanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang merupakan sebuah kelebihan yang akan dipertimbangkan oleh industri. Sebab karyawan yang bertanggung jawab akan menyelesaikan pekerjaannya sesuai prosedur sehingga membuat industri menjadi puas. Orang yang memiliki rasa tanggung jawab biasanya akan menjadi karyawan yang baik, sehingga menjadi orang pertama yang akan dipilih oleh industri.

Bekerja Keras

Menjalani pekerjaan atau apa pun itu tanpa adanya kerja keras tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, banyak industri yang melirik para pencari kerja yang mampu bekerja keras. Bagaimana tidak, sebab para pekerja yang bisa bekerja keras akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam pekerjaannya. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan bagi industri.

Miliki Kompetensi Global Bersama Sampoerna University

Salah satu senjata yang bisa dipakai untuk menghadapi dunia kerja yaitu dengan memiliki kemampuan atau kompetensi. Maka dari itu, sejak duduk di bangku sekolah, seharusnya kita sudah melatih kemampuan atau kompetensi tersebut. Baik kompetensi di bidang pendidikan maupun kompetensi bekerja sebagai profesional. Masalahnya, banyak siswa/siswi atau mahasiswa/mahasiswi yang terjebak di lingkaran ‘penilaian’. Alih-alih melatih dan meningkatkan kompetensi, justru mereka lebih fokus pada nilai yang di dapat dari suatu mata pelajaran tertentu. Jelas, hal ini akan berpengaruh terhadap kompetensi yang diraih.

Kelebihan Sampoerna University

Melihat permasalahan ini, Sampoerna University datang dengan membawa kurikulum internasional dari Amerika yang bisa membantu para peserta didiknya untuk mendapatkan kompetensi global dengan mudah. Seperti yang dijelaskan pada website resminya, bahwa Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas, dan operasional Amerika Serikat. Maka dari itu, Sampoerna University memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh universitas lain. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Memiliki sistem pendidikan seperti di Amerika yang merupakan salah satu pendidikan tinggi terbaik di dunia.
  • Bisa mencapai kurikulum Amerika Serikat secara penuh dari Indonesia.
  • Menggunakan kurikulum Amerika tetapi dengan biaya kuliah lokal.
  • Terdapat sistem akademik kelas dunia.
  • Program terkurasi agar siap untuk menghadapi masa depan.
  • Memiliki 94% lulusan yang bisa bekerja dalam 3 bulan.

Kesimpulan

Ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menghadapi dunia kerja yang kejam. Salah satu cara untuk menaklukan tantangan tersebut bisa dengan menggunakan Formula 4B dari Bapak Oni Arief Benyamin, yaitu: Berkemampuan/Berkompeten, Berhubungan baik, Bertanggung jawab, dan Bekerja keras.

Memiliki kemampuan atau kompetensi merupakan hal pertama yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum terjun ke dunia kerja. Maka dari itu, kemampuan atau kompetensi harus dilatih sejak masih duduk di bangku sekolah. Sayangnya, banyak peserta didik yang tersesat di lingkaran ‘penilaian’. Dimana mereka lebih fokus mendapatkan nilai besar ketimbang meningkatkan kemampuan.

Kompetensi Global Sampoerna University

Di sinilah Sampoerna University hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut. Melalui pendidikan ala Amerika, Sampoerna University menawarkan kompetensi global untuk para peserta didiknya sehingga mereka bisa tampil percaya diri di kancah internasional, baik di bidang pendidikan maupun pekerjaan. Terbukti, 94% lulusan Sampoerna University berhasil mendapatkan pekerjaan hanya dalam waktu 3 bulan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo persiapkan senjata dengan kompetensi global untuk menghadapi dunia kerja yang kejam bersama Sampoerna University!