VIO Optical Clinic

VIO Optical Clinic sebagai Solusi Kesehatan Mata yang Aman dan Nyaman dengan Harga yang Terjangkau

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Sebab tanpa mata, manusia tidak bisa melihat betapa indahnya dunia. Maka dari itu, hendaknya selalu menjaga kesehatan mata agar tidak terjadi masalah pada penglihatan kita. Meskipun sudah berusaha menjaga kesehatan mata, tetapi ancaman gangguan kesehatan mata selalu ada. Sebab ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mata. Tentu kita semua tidak ingin mengalami gangguan kesehatan mata, tetapi apabila itu terjadi, pastikan hal pertama yang dilakukan adalah mengunjungi VIO Optical Clinic. Mengapa demikian? Ayo, cari tahu!

Gangguan Kesehatan Mata yang Mengancam

Pada era digital seperti saat ini, ancaman kesehatan mata semakin nyata. Bagaimana tidak, di sekeliling kita ada banyak layar digital yang selalu memancarkan cahaya sehingga berpotensi mengganggu kesehatan mata. Sayangnya, kita tidak bisa lepas dari layar digital ini. Padahal layar digital yang bernama smartphone, laptop, televisi, dan sebagainya, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan mata. Hal inilah yang terjadi padaku.

Aku merupakan seorang karyawan yang bekerja di perusahaan hosting dan domain. Musabab aku ditempatkan sebagai Customer Services sekaligus Technical Support, maka dari itu, aku diharuskan standby di depan laptop selama 8 jam dalam sehari. Mataku tak bisa lepas dari laptop agar pelayanan yang diberikan kepada pelanggan bisa cepat dan maksimal.

Awalnya aku tidak merasakan apa pun, tetapi setelah beberapa bulan, mataku mulai terasa pedih. Saat sedang bekerja, aku merasakan beberapa gejala lain seperti, mata yang terasa panas, kepala pusing, dan penglihatan kabur. Aku coba mengabaikan gejala tersebut karena menganggap bahwa itu hanya sementara. Namun, ternyata tidak demikian. Aku terus mengalami gejala itu tatkala terlalu lama menatap layar laptop. Alhasil, hal ini sempat mengganggu pekerjaanku.

Computer Vision Syndrome

Untungnya, aku memiliki istri yang berpengalaman dalam permasalahan kesehatan mata. Menurutnya, aku terkena Sindrom Penglihatan Komputer (SPK) atau Computer Vision Syndrome (CVS). Sindrom ini terjadi karena penggunaan komputer, ponsel, laptop, dan alat elektronik lainnya yang ditandai dengan adanya sekumpulan gejala atau gangguan pada penglihatan. Menurut website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, gejala yang timbul karena adanya CVS antara lain:

  • Mata menjadi buram.
  • Nyeri kepala.
  • Iritasi mata.
  • Penglihatan menjadi ganda.
  • Mata merah & kering.

Menyadari bahwa gejala CVS sudah mulai menyerang dan bisa membahayakan kesehatan mata, aku tak mau tinggal diam. Berbagai cara aku lakukan untuk bisa terbebas dari gejala tersebut, salah satunya dengan memakai kacamata anti radiasi. Benar saja, ternyata cara tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja mataku. Aku yang awalnya merasakan gejala CVS ketika sedang bekerja, kini sudah tidak merasakan hal tersebut lagi.

Selain itu, ada cara lain untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan mata karena terlalu lama di depan komputer. Beberapa cara berikut ini didapatkan dari website resmi VIO Optical Clinic, yaitu:

  1. Atur pencahayaan layar komputer agar ‘bersahabat’ dengan mata.
  2. Jarak antara layar dan mata sekitar 50-60 cm.
  3. Bersihkan debu dan sidik jari dari layar.
  4. Memilih jenis layar yang bisa dimiringkan dan diputar.
  5. Gunakan filter pada layar.
  6. Sesuaikan penerangan ruangan agar nyaman untuk mata.
  7. Coba ketetapan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit lihatlah objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.
  8. Kompres mata dengan air hangat.

VIO Optical Clinic sebagai Solusi

Mungkin aku adalah salah satu orang yang beruntung karena bisa terbebas dari gejala gangguan mata, tetapi tidak dengan istriku. Sejak masih di Sekolah Menengah Atas (SMA), istriku sudah menderita mata minus atau rabun jauh (miopi). Istriku merupakan salah satu dari banyaknya penderita gangguan kesehatan mata yang ada di Indonesia.

Rabun jauh/mata minus/miopi terjadi ketika cahaya yang masuk ke dalam mata, jatuh di depan retina. Keadaan ini terjadi karena mata terlalu kuat dalam memfokuskan cahaya atau struktur bola mata yang terlalu panjang sehingga objek yang jauh terlihat buram.

Solusi Kesehatan Mata VIO Optical Clinic

Di masa pandemi, penderita mata minus terus bertambah. Bahkan, mengutip artikel dari website Liputan6, Pharmacy Business mengungkapkan bahwa di tahun 2050 penderita mata minus meningkat hingga hampir 200 juta. Beberapa negara akan mengalami peningkatan tersebut, termasuk Indonesia. Hal ini menjadi kabar buruk untuk Indonesia, sebab masih banyak penderita mata minus yang belum disembuhkan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan mata minus, yaitu dengan menjalankan operasi atau melakukan terapi. Menjalankan operasi boleh jadi pilihan yang tepat untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat. Namun, ada banyak kendala untuk melakukan operasi. Kendala tersebut antara lain biaya yang mahal, takut dioperasi, tidak bisa mengakses layanan kesehatan, dan sebagainya. Maka dari itu, penderita mata minus bisa mencoba opsi yang kedua, yaitu melakukan terapi.

Di sinilah VIO Optical Clinic hadir untuk memberikan pelayanan terapi mata minus dan Vision Therapy lainnya. Sebenarnya, apa itu VIO Optical Clinic dan bagaimana metode terapi yang dijalankan?

Mengenal VIO Optical Clinic

VIO Optical Clinic adalah Eyecare Professional yang didirikan pada tahun 2013 dan dinaungi langsung oleh dokter Andri Agus Syah yang merupakan dokter optometri lulusan Cebu Doctor University dengan sertifikasi Fellow American Academy of Optometry (FAAO). Selain itu, dokter Andri Agus Syah juga memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy berskala internasional.

VIO Optical Clinic berlokasi di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dengan menjalin sinergi bersama Dokter Optometri dan Dokter Spesialis Mata berpengalaman.

Pasien yang datang ke VIO Optical Clinic untuk terapi mata akan dilayani oleh eyecare profesional yang dibekali dengan peralatan pemeriksaan canggih, lengkap, dan terbaru untuk mendeteksi penyakit berbahaya yang mengancam mata.

Pendiri VIO Optical Clinic

Selain melayani terapi mata (terapi mata juling, terapi mata malas, terapi mata minus/Ortho-K), Myopia Control, dan rehabilitasi penglihatan untuk penyandang Low Vision dengan menggunakan alat bantu penglihatan Low Vision (Jordy, Bioptic Telescope, Pebble Magnifier, dan lain-lain), VIO Optical Clinic juga menyediakan alat bantu penglihatan seperti kacamata dan lensa kontak.

VIO Optical Clinic memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan mata masyarakat Indonesia sehingga terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan agar dapat mewujudkan visi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan penglihatan optimal serta membantu Indonesia melihat lebih jelas.

Berikut ini beberapa layanan yang disediakan oleh VIO Optical Clinic.

Vision Therapy

Vision therapy atau terapi penglihatan merupakan salah satu layanan yang ada di VIO Optical Clinic. Terapi ini menjalankan serangkaian latihan visual untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Selain itu, vision therapy juga bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan dengan cara meningkatkan koordinasi antara mata dan otak. Vision therapy merupakan salah satu metode pengobatan tanpa perlu melakukan operasi sehingga sangat aman dan bisa memberikan hasil koreksi penglihatan yang lebih efektif.

Vision Therapi VIO Optical Clinic

Ada beberapa layanan Vision Therapy yang disediakan oleh VIO Optical Clinic, yaitu:

  • Terapi Ortho-K.
    Terapi Ortho-K (Orthokeratology) merupakan salah satu cara untuk menurunkan mata minus dan silinder tanpa operasi. Lensa kontak permeabel gas dibutuhkan dalam menjalankan prosedur perawatan ortho-k. Dalam pelaksanaannya, lensa ortho-k akan di pakai pada malam hari dan dilepas pada keesokan harinya ketika bangun tidur. Lensa ortho-k dirancang secara khusus untuk menyesuaikan kontur kornea dan menekannya guna meningkatkan ketajaman penglihatan. Awalnya, terapi ortho-k digunakan untuk mengatasi masalah mata minus saja, tetapi kemudian berkembang dan bisa menyembuhkan kelainan refraksi lain termasuk astigmatisme atau mata silinder.
  • Terapi Proprioseptif.
    Terapi proprioseptif adalah terapi yang dilakukan untuk memperbaiki mata juling. Terapi ini berfungsi untuk memperbaiki kondisi mata juling laten yang diakibatkan adanya persepsi penglihatan yang salah. Caranya adalah dengan menyelaraskan persepsi penglihatan dan gerak tubuh pada anak. Selain itu, terapi ini juga bisa membantu menyejajarkan posisi kedua mata agar kondisi normal. Sehingga mata bisa menyampaikan informasi visual secara tepat dan akurat serta dapat berkoordinasi dengan baik.
  • Terapi Penglihatan Binokuler.
    Terapi penglihatan binokuler adalah terapi yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan penglihatan ganda pada mata. Caranya dengan meningkatkan kerjasama mata sebagai satu tim yang baik, sehingga otak tidak menerima informasi visual yang berbeda dari kedua mata. Adapun pemeriksaan penglihatan ganda meliputi: Cover-Uncover Test (untuk mengetahui mata dominan), Pemeriksaan Worth for Dot (pasien diminta untuk menunjukan bagian 4 warna yang dilihat oleh kedua mata dan satu mata), dan Pemeriksaan dengan prisma (untuk mengetahui sudut kemiringan antara kedua mata).
  • Terapi Amblyopia.
    Amblyopia atau mata malas adalah gangguan kesehatan mata dimana penderitanya hanya bisa melihat dengan satu mata saja sehingga terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua matanya. Hal tersebut disebabkan kurangnya stimulasi penglihatan pada sebelah mata. Dampak dari amblyopia cukup berbahaya karena selain menyebabkan mata juling, penderitanya juga kesulitan melihat objek secara 3 dimensi, bahkan bisa menyebabkan kebutaan permanen. VIO Optical Clinic memiliki layanan terapi Amblyopia atau mata malas untuk memperbaiki kondisi tersebut. Namun, pendeteksian dini adanya mata malas diperlukan agar kondisi mata penderita tidak parah. Sehingga pemeriksaan secara rutin menjadi hal wajib, terutama bagi orang yang sudah menggunakan kacamata.

Clinical Refraction

Layanan Clinical Refraction yang disediakan oleh VIO Optical Clinic menyediakan pemeriksaan mata secara menyeluruh untuk mendeteksi gangguan penglihatan pada pasien. Layanan ini tidak terbatas pada pemeriksaan mata minus, plus, dan silinder saja, tetapi juga pemeriksaan lain seperti:

  1. Pemeriksaan buta warna.
  2. Pemeriksaan keseimbangan penglihatan kedua mata (Stereopsis).
  3. Pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit Glaukoma (Tekanan Intra Ocular)
  4. Pemeriksaan kornea untuk mendeteksi penyakit katarak dan pengguna lensa kontak.
  5. Pemeriksaan retina (Funduscopy) yang meliputi: Cup Disc Ratio (Bintik Buta), kejernihan media, dan pembuluh darah mata.
Clinical Refraction VIO Optical Clinic

Semua pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tenaga ahli profesional dan ahli di bidangnya. Hasil dari pemeriksaan akan dianalisis untuk mengetahui kondisi mata pasien, sehingga gangguan kesehatan mata yang berpotensi mengakibatkan kebutaan dapat dideteksi sejak dini.

Low Vision Treatment

Low Vision Treatment atau Rehabilitasi Mata adalah layanan yang disediakan oleh VIO Optical Clinic untuk memaksimalkan penglihatan mata pada penderita mata lemah. Low Vision Treatment ini merupakan satu-satunya harapan bagi penderita mata lemah, disaat kacamata, obat-obatan, dan operasi tidak dapat membantu.

Low Vision Treatment VIO Optical Clinic

VIO Optical Clinic menyediakan peralatan canggih dan terbaru untuk mendukung proses rehabilitasi mata ini. Peralatan tersebut antara lain Teleskop yang digunakan untuk melihat lebih jelas, Magnifier/Microscope untuk melihat jarak dekat, dan Telemicroscope untuk melihat pada jarak menengah. Semua peralatan ini akan digunakan sesuai kebutuhan pasien agar bisa melihat dengan lebih jelas tanpa bantuan orang lain.

Contact Lens Specialist

Selain memberikan layanan Vision Therapy, VIO Optical Clinic juga menyediakan alat bantu penglihatan seperti kacamata dan lensa kontak. Penderita gangguan kesehatan mata bisa mendapatkan alat bantu penglihatan yang sesuai dengan kebutuhan agar penggunaan menjadi maksimal. Bahan dan desain alat bantu penglihatan tersebut juga akan disesuaikan dengan kondisi kornea dan lamanya pemakaian, sehingga memberikan kenyamanan.

Contact Lens Specialist

Pemeriksaan kondisi kornea dan kadar air mata merupakan hal utama yang dilakukan oleh VIO Optical Clinic untuk memastikan bahwa penglihatan pasien selalu dalam kondisi prima. Maka dari itu, alat bantu penglihatan dari VIO Optical Clinic selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan untuk penggunanya. Perlu diketahui bahwa penggunaan alat bantu penglihatan yang tidak sesuai dengan rekomendasi ahli bisa menyebabkan permasalahan mata seperti mata kering, sensitif terhadap cahaya, suka berair dan menjadi merah.

Mata Sehat, Harga Bersahabat

Semua layanan yang disediakan oleh VIO Optical Clinic untuk membantu mengatasi masalah penglihatan pasien, tidak menggunakan metode bedah atau operasi. Sehingga prosesnya bisa dilakukan dengan aman. Selain itu, hasilnya juga bisa lebih maksimal.

Meskipun didukung oleh tenaga profesional dan ahli di bidangnya, tetapi VIO Optical Clinic tetap mematok harga yang sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan biaya operasi, tentu saja layanan di VIO Optical Clinic jauh lebih murah. Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih pengobatan gangguan kesehatan mata melalui VIO Optical Clinic.

Berikut ini beberapa harga pengobatan kesehatan mata yang ada di VIO Optical Clinic.

Harga Paket MECU A VIO Optical Clinic

Paket MECU A
Pemeriksaan Mata Reguler
Rp. 180.000,-

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder).
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata.
  3. Pemeriksaan kornea dan retina.
  4. Pemeriksaan ketajaman penglihatan.
  5. Pemeriksaan kesejajaran pandangan.
  6. Pemeriksaan penglihatan ganda.
  7. Test buta warna.
  8. Konsultasi lengkap kesehatan mata.
Harga Layanan VIO Optical Clinic

Paket MECU B
Pemeriksaan Mata Lengkap + Screening Terapi
Rp. 480.000,-

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder).
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata.
  3. Pemeriksaan kornea dan retina.
  4. Pemeriksaan ketajaman penglihatan.
  5. Pemeriksaan kesejajaran pandangan.
  6. Pemeriksaan penglihatan ganda.
  7. Test buta warna.
  8. Konsultasi lengkap kesehatan mata.
  9. Pendeteksian dini penyakit mata dengan pemetaan kornea.
  10. Resume medis.

Note: Biaya pemeriksaan mata menjadi GRATIS apabila disertai dengan pembelian alat bantu penglihatan atau penggunaan layanan terapi.

Perlu diketahui bahwa VIO Optical Clinic juga sering mengadakan promo menarik, sehingga pasien bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Kesimpulan

Aku hampir mengalami gangguan mata Computer Vision Syndrome karena terlalu lama berada di depan komputer. Untungnya, istriku mengingatkan aku tentang bahaya gangguan kesehatan mata tersebut sehingga aku masih bisa melihat dengan normal. Meskipun demikian, aku sadar bahwa gangguan kesehatan mata terus mengintai. Maka dari itu, hendaknya kita selalu menjaga kesehatan mata.

Aku termasuk orang yang beruntung karena bisa terbebas dari gangguan kesehatan mata. Namun, tidak dengan istriku dan ribuan orang lainnya yang mengalami masalah pada matanya. Istriku mengalami mata minus sejak SMA dan belum sembuh hingga saat ini. Berbagai cara sederhana sudah dilakukan untuk menyembuhkan mata minus tersebut, tetapi belum menemui titik terang.

Pelayanan VIO Optical Clinic

Orang bilang hanya operasi yang bisa menyembuhkan mata minus, maka dari itu istriku tidak mau mencobanya karena terkendala biaya. Faktanya ternyata tidak demikian. Sebab, VIO Optical Clinic menyediakan beberapa layanan yang dapat dicoba untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan mata tanpa operasi. Layanan tersebut antara lain Vision Therapy, Clinical Refraction, Low Vision Treatment, dan Contact Lens Specialist. Semua terapi yang dilakukan oleh VIO Optical Clinic tidak menggunakan metode bedah atau operasi, sehingga sangat aman, nyaman, dan murah.

Setelah mengenal VIO Optical Clinic, istriku dan mungkin ribuan orang dengan gangguan kesehatan mata, seperti menemukan titik terang dari gelapnya dunia.

Oh, iya. Bagi kalian yang tidak memiliki gangguan mata juga sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan mata ke VIO Optical Clinic. Sebab dengan rutin memeriksakan kondisi mata, akan membuat mata tetap sehat. Kalaupun ada masalah pada mata, itu akan terdeteksi sejak dini sehingga penyembuhannya lebih mudah.

Maka dari itu, ayo cek kesehatan mata kita di VIO Optical Clinic. “Help You SEE Better

VIO Seo Contest

Sumber:

  • https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/page/15/apa-itu-cvs-computer-vision-syndrome
  • https://viooptical.com/4-cara-cegah-mata-rusak-meski-seharian-di-depan-komputer
  • https://fkkmk.ugm.ac.id/indonesia-menempati-urutan-tertinggi-kedua-gangguan-penglihatan-di-dunia/
  • https://rsud.sukoharjokab.go.id/v3/home/detail/rabun-jauh-atau-miopia
  • https://www.liputan6.com/health/read/3986788/jumlah-anak-rabun-jauh-di-indonesia-meningkat-drastis-pada-2050
  • https://viooptical.com/about-us
  • https://viooptical.com/cara-menurunkan-mata-minus-dan-silinder-tanpa-operasi-dengan-orthokeratology-ortho-k
  • https://viooptical.com/perbaiki-masalah-gangguan-mata-juling-dengan-terapi-di-klinik-mata
  • https://viooptical.com/clinical-refraction
  • https://viooptical.com/low-vision-treatment
  • https://viooptical.com/contact-lens-specialist
  • https://viooptical.com/contact-lens-specialist

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top