Soul in a Box Cover

Penyedia Catering yang Lengkap, Halal, dan Higienis? Ya, Soul in a Box!

Makanan merupakan hal terpenting untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka dari itu, makanan yang kita konsumsi harus dipastikan layak. Masalahnya, ada banyak makanan di luar sana yang sangat jauh dari kata layak. Oleh sebab itu, kita sebagai konsumen harus pintar dalam membeli makanan. Menjawab permasalahan tersebut, Soul in a Box datang sebagai solusinya. Sebenarnya apa itu Soul in a Box dan apa kelebihannya? Ayo, cek!

Penyedia Catering Soul in a Box

Soul in a Box merupakan sebuah brand yang dibangun oleh PT. Jiwa Tekno Kultura sejak tahun 2017 silam. Perusahaan ini bergerak di bidang penyedia makanan seperti catering, snack, lauk-pauk, prasmanan, nasi kotak, dan tumpeng mini. Awalnya Soul in a Box merupakan sebuah dapur rumahan kecil yang berkapasitas 100 porsi/hari, namun kini sudah berkembang menjadi perusahaan yang mampu melayani 3.000 porsi/hari.

Perusahaan ini memiliki kepercayaan bahwa karyawan yang bahagia dalam menjalankan pekerjaannya akan membuat karyawan tersebut bekerja dengan produktif. Oleh sebab itu, Soul in a Box selalu memastikan kebahagiaan untuk karyawannya. Ternyata metode yang digunakan oleh Soul in a Box ini sudah dibuktikan secara ilmiah dengan kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kebahagiaan di tempat kerja dengan kinerja karyawan.

Apa itu Soul in a Box

Diantara karyawan yang ada, terdapat koki handal yang sudah menguasai berbagai jenis makanan seperti makanan Nusantara, Chinese, Japanese, hingga Western. Cita rasa yang dihasilkan sangat menggugah selera sehingga dapat memanjakan lidah para konsumen. Koki yang handal juga memiliki integritas yang baik sehingga makanan yang disajikan akan terjamin kebersihannya.

Selain memperhatikan karyawan, Soul in a Box juga selalu memperhatikan para konsumennya. Semua masakan yang dibuat sangat terjaga kualitasnya agar konsumen merasa puas. Bukti adanya komitmen untuk mengutamakan kepuasan pelanggan ini dapat dilihat dengan diperolehnya berbagai sertifikat seperti Sertifikat Halal, Sertifikat Laik Higiene Sanitasi, ISO 22000, dan CHSE.

Sertifikat Halal

Sertifikat halal pada makanan sangat penting bagi umat islam. Sebab umat islam diwajibkan untuk memakan makanan yang halal dan baik. Demi memenuhi kebutuhan konsumen akan kehalalan pada makanan yang dibuat, Soul in a Box melakukan standarisasi agar bisa mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Saat ini sertifikat halal tersebut sudah berhasil dikantongi dengan nomor 00340091971118 dan Halal Assurance System (HAS) Status dengan nomor HS1A8924/112018/JTK.

Sertifikat Halal Soul in a Box

Perlu diketahui bahwa Halal Assurance System (HAS) 23000 atau Sistem Jaminan Halal (SJH) merupakan sistem sertifikasi halal suatu produk. Jadi, melalui sistem inilah suatu produk ditentukan status kehalalannya. Penjelasan lebih detail mengenai HAS 23000 atau SJH diungkapkan oleh Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si. yaitu sebagai berikut.

SJH merupakan sistem manajemen terintegrasi yang disusun, diterapkan dan dipelihara untuk mengatur bahan, proses produksi, produk, sumber daya manusia, dan prosedur dalam rangka menjaga kesinambungan proses produksi halal sesuai dengan persyaratan LPPOM MUI.

Setidaknya ada 11 kriteria yang harus dipenuhi suatu produk agar mendapatkan sertifikat halal yang dilakukan melalui HAS 23000. Kriteria tersebut antara lain:

  1. Kebijakan halal yang merupakan komitmen tertulis untuk menghasilkan produk halal secara konsisten. Kebijakan halal ini harus ditetapkan dan didiseminasikan kepada pihak yang berkepentingan.
  2. membentuk tim manajemen halal yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, implementasi, evaluasi, dan perbaikan sistem jaminan halal di perusahaan.
  3. Demi mencapai tingkat kompetensi yang diinginkan, pelaku usaha harus mengikuti pelatihan peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.
  4. Terkait dengan bahan yang mencakup bahan baku, bahan tambahan, bahan penolong, kemasan, pelumas, sanitizer, dan media validasi hasil pencucian.
  5. Fasilitas produk yang mencakup bangunan, ruangan, mesin, dan peralatan pembantu yang digunakan untuk menghasilkan produk.
  6. Produk yang didaftarkan berupa produk retail, non retail, produk akhir atau produk antara. Sedangkan penamaannya harus sesuai dengan syariah. Karakteristiknya tidak memiliki kecenderungan bau atau rasa yang mengarah kepada produk haram. Bentuk produk atau kemasan tidak menggambarkan sifat erotis, vulgar, atau porno.
  7. Prosedur tertulis aktivitas kritis yang dapat mempengaruhi status kehalalan produk. Secara umum aktivitas kritis tersebut mencakup penggunaan bahan, pembelian bahan, formulasi dan pengembangan bahan, pemeriksaan bahan, produksi, pencucian fasilitas produksi, penyimpanan bahan, dan transportasi bahan.
  8. Adanya prosedur tertulis dari perusahaan untuk menjamin bahwa produk tersebut dapat ditelusuri bahan-bahan yang sesuai dengan LPPOM MUI dan diproduksi pada fasilitas yang memenuhi kriteria.
  9. Terdapat prosedur tertulis untuk memusnahkan produk yang tidak memenuhi kriteria halal, agar tidak dijual kepada konsumen yang membutuhkan sertifikasi halal. Jika produk yang tidak memenuhi kriteria halal terlanjur dijual, maka produk tersebut harus ditarik kembali.
  10. Perusahaan harus melakukan audit internal minimal 2 kali dalam setahun. Jika terdapat kekurangan dalam audit tersebut, perusahaan harus mencari penyebabnya dan memperbaikinya.
  11. Perusahaan harus melakukan kaji ulang manajemen yang dilakukan minimal 2 kali dalam setahun.

Soul in a Box sudah memenuhi semua kriteria tersebut sehingga berhasil mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Maka dari itu, tak perlu ragu lagi untuk menyantap makanan dari Soul in a Box.

Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga (SLHSJ)

Komitmen untuk menyajikan hidangan yang berkualitas kembali ditunjukan oleh Soul in a Box dengan mendapatkan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga (SLHSJ). SLHSJ merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan untuk para pelaku usaha dibidang makanan. Sertifikat tersebut digunakan sebagai bentuk pengawasan dari pemerintah untuk melindungi konsumen dan menurunkan risiko gangguan kesehatan.

Proses pembuatan sertifikat ini sangat ketat karena akan dijadikan sebagai acuan dalam melihat kualitas kebersihan pada makanan yang akan disajikan untuk konsumen. Ada beberapa faktor yang diawasi ketika membuat sertifikat ini, antara lain makanan, orang, tempat, proses pengolahan, dan perlengkapan pengolahan makanan. Produsen yang berhasil mendapatkan SLHSJ berarti sudah memenuhi standar kebersihan dari segala aspek sehingga dapat dikatakan bahwa makanannya higienis.

Sertifikat Laik Higiene Santitasi Soul in a Box

Sebenarnya semua pelaku usaha dibidang makanan harus memiliki SLHSJ sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No.1096/2011. Selain itu, peraturan tersebut juga mengharuskan produsen untuk mempekerjakan Tenaga Penjamah Makanan, yaitu tenaga kerja yang berhubungan langsung dalam proses pengolahan.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum perusahaan dapat memiliki SLHSJ. Persyaratan tersebut antara lain Surat Permohonan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga, Fotocopy KTP, Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas, Foto diri, Surat Pernyataan Kesanggupan sebagai Penanggung Jawab, denah lokasi produsen, denah bangunan, dan Surat Izin Tetangga/Izin Gangguan (HO), sertifikat/ijazah tenaga yang memiliki pengetahuan tentang higiene sanitasi makanan, Surat Rekomendasi dari Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI), Berita Acara Pemeriksaan (BAP) hasil inspeksi sanitasi dan hasil laboratorium jasaboga dari Tim Pemeriksa.

Tahapan untuk mendapatkan SLHSJ tidak mudah karena sangat ketat dan benar-benar diawasi dengan baik. Adapun tahapan untuk mendapatkan SLHSJ adalah sebagai berikut.

  1. Produsen mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas Kesehatan dengan membawa dokumen persyaratan administratif.
  2. Setelah mendapatkan permohonan dan persyaratan dengan lengkap, Kepala Dinas Kesehatan kemudian membentuk Tim Pemeriksa Uji Kelaikan Jasaboga.
  3. Tim Pemeriksa Uji Kelaikan Jasaboga mendatangi tempat produsen kemudian melakukan pemeriksaan kelaikan bangunan, ketenagaan, peralatan, dan bahan makanan baik fisik, kimia, maupun bakteriologis serta mengawasi seluruh rangkaian proses produksi makanan.
  4. Pemeriksaan sampel makanan pada laboratorium yang memiliki kemampuan.
  5. Tim Pemeriksa Uji Kelaikan Jasaboga melaporkan hasil pemeriksaan kepada Kepala Dinas Kesehatan yang telah menugaskannya dalam berita acara kelaikan fisik, berita acara sampel makanan, dan surat rekomendasi laik higiene sanitasi.
  6. Setelah pemohon dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Tim Pemeriksa Uji Kelaikan, maka Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga dapat diberikan.

Sertifikat ISO 22000

Jika sebuah perusahan di bidang makanan ingin bersaing secara global maka perusahaan tersebut harus memperhatikan mutu produk, keamanan pangan, dan ketertelusuran, baik dalam proses produksi maupun keseluruhan rantai produksi. Menanggapi permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah standarisasi yang disebut sebagai sistem jaminan mutu. Saat ini sistem jaminan mutu yang umum digunakan dalam industri pangan adalah HACCP dan ISO 9001, namun terdapat juga sistem jaminan mutu baru seperti ISO 22000.

Sebenarnya ISO 9001 dan ISO 22000 tidak jauh berbeda, hanya ada beberapa hal saja yang membedakan keduanya, antara lain perencanaan, realisasi produk, validasi, verifikasi, dan perbaikan sistem. Selebihnya, kedua sistem tersebut sama. ISO 22000 sendiri merupakan standar sistem manajemen keamanan pangan global untuk seluruh rantai pasokan makanan, dari mulai petani, pengolah, hingga transportasi penjualan yang diterapkan oleh organisasi dalam berbagai ukuran. Secara sederhana, ISO 22000 merupakan suatu standar yang berisi persyaratan sistem manajemen keamanan pangan terhadap pengendalian dalam sistem dan proses produksi produk makanan dan minuman.

Sertifikat ISO 22000 Soul in a Box

Tujuan dibuatnya ISO 22000 ini adalah untuk menyinkronkan semua persyaratan sistem manajemen keamanan pangan untuk usaha yang bergerak di bidang makanan. Secara khusus untuk diaplikasikan oleh organisasi yang menghendaki sistem ini secara terfokus, koheren, dan terintegrasi melebihi sistem yang sudah ditentukan oleh undang-undang. Sedangkan tujuan dari sertifikasi ISO 22000 yaitu untuk memberikan keamanan pangan dalam seluruh rantai pasokan yang meliputi:

  1. Hubungan dari pengolahan sampai pendistribusian makanan
  2. Sebuah sistem manajemen
  3. Pengendalian bahaya makanan (sistem persyaratan HACCP)
  4. Pemantauan terus-menerus dan perbaikan proses.

Saat ini Soul in a Box sudah mengantongi Sertifikat ISO 22000 yang artinya sudah memenuhi standarisasi terhadap sistem manajemen keamanan pangan global. Sehingga dapat dipastikan bahwa makanan yang diproduksi terjamin keamanannya. Sebab pada dasarnya ISO 22000 memiliki prinsip pokok yaitu: komunikasi interaktif, sistem manajemen, program persyaratan dasar, dan prinsip HAACP.

Sertifikat CHSE

Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) merupakan program Kemenparekraf untuk para pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang mencakup:

  1. Usaha pariwisata meliputi hotel/homestay, transportasi wisata, MICE (Meeting, Incentives, Conferencing, Exhibitions), dan rumah makan/restoran.
  2. Destinasi wisata meliputi destinasi wisata yang berada di desa, kabupaten, maupun provinsi.
  3. Lingkungan masyarakat meliputi lingkup administratif seperti RW, RT, Desa, atau Dusun yang merupakan bagian dari daerah wisata atau berdekatan dengan daerah wisata.
  4. Usaha/Fasilitas lain yang terkait meliputi tempat penjualan cenderamata, pusat informasi wisata, toilet umum, dan fasilitas lain yang berhubungan dengan pariwisata.
Sertifikat CHSE Soul in a Box

Pada dasarnya sertifikat CHSE merupakan bukti bahwa pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif sudah melakukan proses dan memenuhi jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke tempat tersebut, sekalipun saat ini sedang terjadi wabah covid-19.

Soul in a Box mengantongi sertifikat CHSE agar para konsumen merasa tenang, nyaman, dan tidak khawatir dengan isu kesehatan, ketika sedang menikmati hidangan yang disajikan. Sertifikat ini juga merupakan salah satu bukti bahwa Soul in a Box selalu meningkatkan kualitas masakannya, baik dari segi rasa, kebersihan, maupun kenyamanan konsumen.

Menu Soul in a Box

Menu yang ditawarkan oleh Soul in a Box cukup banyak sehingga konsumen dapat memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pilihan menu yang banyak ini, jelas sangat menguntungkan bagi para konsumen. Sebab, jika ada konsumen yang tidak diperbolehkan untuk menyantap makanan tertentu (entar karena faktor kesehatan atau yang lainnya), maka konsumen tersebut dapat memilih makanan lain yang telah disediakan.

Pilihan Menu Soul in a Box

Menu yang banyak ini juga dapat disesuaikan dengan acara tertentu, seperti snack untuk seminar, prasmanan untuk acara pernikahan, nasi kotak untuk rapat atau meeting di perusahaan, hingga tumpeng untuk acara keagamaan. Semua menu tersebut dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu Mealbox, Paket Sehat, dan Event. Lalu, apa saja detail dari menu-menu tersebut? Berikut ulasannya.

Mealbox

Mealbox atau nasi kotak saat ini masih digemari oleh masyarakat Indonesia untuk mengisi perut para peserta dalam acara tertentu. Soul in a Box tahu betul hal tersebut, sehingga membuat Menu Mealbox ini. Sesuai namanya, mealbox atau nasi kotak disajikan pada wadah berbentuk kotak, biasanya wadah tersebut terbuat dari kertas tebal atau plastik. Perihal kebersihan, para konsumen tidak perlu khawatir karena saat ini Soul in a Box sudah mengantongi Sertifikat ISO 22000 dan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi sehingga produk yang dibuat sangat terjamin keamanannya. Menu Mealbox ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk Personal dan Corporate.

Personal

Menu Mealbox Personal sangat cocok untuk para konsumen dan keluarga di rumah, bisa juga disantap ketika sedang beristirahat bersama teman-teman di kantor. Paket Personal ini terdiri dari sayuran segar, protein yang bervariasi, dan berbagai jenis karbo. Sehingga dapat dipastikan bahwa asupan gizi konsumen dapat terpenuhi. Selain itu, tidak ada minimal order untuk paket ini, sehingga konsumen dapat membeli berapapun juga. Ditambah, ada subsidi ongkir untuk pengiriman di beberapa wilayah Jakarta.

Corporate

Menu Mealbox Corporate dapat disajikan dalam acara kantor seperti meeting, seminar, presentasi, dan sebagainya. Paket ini memiliki tiga varian yaitu Regular, Premium, dan Deluxe. Setiap varian memiliki lauk yang berbeda-beda sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera agar tidak merasa bosan. Penyajian yang baik dan berkelas tentu akan membuat konsumen bisa percaya dengan produk dari Soul in a Box ini. Soal rasa, jangan ditanya! Tentu sangat nikmat.

Paket Sehat

Masa pandemi yang sedang terjadi dapat dijadikan pelajaran bahwa kesehatan sangat penting. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kesehatan agar tidak sakit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan memakan makanan yang sehat. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut, Soul in a Box menghadirkan Menu Paket Sehat. Menu ini akan memenuhi asupan gizi, karbo, protein, dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga konsumen tidak mudah sakit. Saat ini menu Paket Sehat terbagi ke dalam dua kategori, yaitu Isoman dan Diet.

Isoman

Kebutuhan makanan sehat di masa pandemi seperti saat ini sangat penting, terutama untuk mereka yang terpapar covid-19 dan sedang menjalani isoman. Maka dari itu, Soul in a Box hadir untuk menyediakan Paket Isoman. Ada tiga pilihan di dalam paket ini, yaitu Isoman, Recovery, dan Immunity. Masakan yang ada di dalam Paket Isoman sudah disesuaikan agar bisa mengurangi gejala covid-19 seperti batuk, pilek, dan pusing. Sebab paket ini dilengkapi dengan berbagai snack sehat, madu, multivitamin, dan susu.

Diet

Makanan yang dibuat oleh Soul in a Box bukan hanya bersih, tetapi juga sehat. Bahkan terdapat paket sehat untuk diet, lo! Paket Diet ini dapat menurunkan berat badan hingga 4-6 kg selama program 14 hari. Menu Paket Diet ini rata-rata memiliki 500 kalor. Selain itu, terdapat juga paket makan siang dan makan malam agar konsumen tidak perlu repot memasak makanan dietnya sendiri. Makanan akan diantarkan sampai ke rumah yang sangat memanjakan konsumen. Ongkos kirimnya juga gratis untuk pengantaran di wilayah Jakarta.

Event

Soul in a Box menyediakan paket Event yang dapat digunakan untuk memesan makanan dalam jumlah banyak. Paket ini biasanya dipilih untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam mengisi acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, reuni, seminar, dan sebagainya. Menu makanan yang ada di dalam paket ini dapat disesuaikan dengan selera dan budget yang dimiliki. Konsumen yang ingin memilih paket Event setidaknya harus melakukan pemesanan H-2 hari kerja sebelum acara. Paket Event dibagi menjadi 4, yaitu Snack, Tumpeng Mini, Prasmanan, dan Hampers.

Snack

Paket Snack biasa digunakan dalam berbagai acara, biasanya disajikan sebelum hidangan utama. Ada banyak pilihan jajanan dengan beragam cita rasa yang bisa memanjakan lidah sehingga konsumen tidak merasa bosan. Jika ingin memesan paket ini minimal pemesanan sebanyak 25 dengan harga mulai dari Rp.13.000/porsi. Paket Snack sangat cocok digunakan untuk acara training, workshop, meeting seminar dan lain sebagainya.

Tumpeng Mini

Tumpeng merupakan makanan yang hampir selalu ada disetiap acara masyarakat Indonesia, baik dalam acara keagamaan, pembangunan, hingga syukuran. Soul in a Box menyediakan Paket Tumpeng Mini yang dilengkapi dengan lauk lengkap dan menggugah selera. Konsumen bisa membeli paket ini dengan minimal order 25 pax. Harga Paket Tumpeng Mini cukup terjangkau yaitu Rp. 35.000/pax. Sangat murah untuk ukuran tumpeng dengan rasa yang sangat nikmat.

Prasmanan

Soul in a Box menyediakan Paket Prasmanan dengan menu lengkap seperti menu Indonesia, Chinese, Oriental, dan Japanese. Dengan pilihan menu sebanyak itu, tentunya dapat disesuaikan dengan selera yang diinginkan. Paket ini biasa disajikan dalam acara pernikahan atau acara besar lainnya. Selain makanan, Soul in a Box juga mempersiapkan waiters untuk membantu acara. Harganya mulai dari Rp.50.000/pax dengan minimal order 100 pax.

Hampers

Pembagian hampers dalam acara tertentu seperti lebaran, syukuran, dan lain sebagainya, merupakan sesuatu yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun untuk membuat hampers membutuhkan bahan-bahan dan tenaga tambahan yang tentunya sangat merepotkan. Di sinilah peran Soul in a Box hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut. Soul in a Box menyediakan Paket Hampers dengan harga Rp.270.000 untuk 5 orang dan dapat disesuaikan dengan menu yang diinginkan.

Kelebihan Soul in a Box

Jika ditanya tempat makan atau penyedia catering yang direkomendasikan di daerah Jakarta, maka jawabannya adalah Soul in a Box. Sebab Soul in a Box memiliki banyak kelebihan yang akan membuat para konsumen dapat menikmati makanan melalui rasa yang luar biasa. Selain itu, Soul in a Box juga sangat mengutamakan kebersihan sehingga mendapatkan beberapa sertifikat di bidang tersebut. Lalu, sebenarnya apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Soul in a Box. Berikut ini kelebihan dari Soul in a Box.

Halal

Label halal merupakan salah satu hal yang sangat dipertimbangkan oleh masyarakat Indonesia dalam membeli sebuah produk. Sebab mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam yang mana diwajibkan untuk memakan makanan yang halal. Soul in a Box sudah mengantongi sertifikat Halal dari MUI sehingga para konsumen tidak perlu khawatir dengan makanan yang disantap. Seperti yang sudah dijelaskan dalam QS. Al Baqarah ayat 168 “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu“.

Higienis

Selain rasa yang nikmat, Soul in a Box juga selalu menyajikan masakan yang sehat. Sebab kesehatan konsumen merupakan hal penting yang harus dipenuhi. Dalam rangka menyajikan masakan yang sehat dan sesuai dengan standar kebersihan, Soul in a Box berhasil lolos dalam beberapa sertifikasi. Keberhasilan tersebut membuat perusahaan penyedia catering ini mengantongi beberapa sertifikat, yaitu Sertifikat Laik Higiene Sanitasi, Sertifikat ISO 22000, dan Sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability).

Variatif

Menyantap makanan yang enak sekalipun akan terasa membosankan jika menunya hanya itu saja. Maka dari itu, Soul in a Box menyiasati masalah tersebut dengan membuat berbagai menu yang dapat dipilih. Bukan hanya nikmat, tetapi juga menu yang kreatif dan variatif. Menu yang tidak akan membuat lidah merasa bosan untuk menyantapnya. Bahkan, para konsumen dapat memilih jenis makanan dari berbagai negara seperti makanan Indonesia, Chinese, Japanese, dan Oriental. Jika boleh berpendapat, inilah tempat penyedia catering di Jakarta yang menyediakan banyak menu di dalamnya.

Referensi

https://www.soulinabox.co.id/

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/26508

https://www.halalmui.org/mui14/main/detail/yuk-kenali-kriteria-sistem-jaminan-halal-lppom-mui

https://www.ukmindonesia.id/baca-izin/9

https://dkp.jatengprov.go.id/index.php/artikel/bp2mhpsemarang/penerapan-haccp–iso-22000-dalam-keamanan-pangan

https://www.suara.com/news/2021/10/21/204809/mengenal-pengertian-chse-yang-jadi-standar-baru-industri-pariwisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top