MyRepublic

Siapa pun Bisa Mendapatkan Uang dari Internet dengan Menggunakan MyRepublic

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh manusia dengan menggunakan internet, seperti bermain media sosial, berkomunikasi jarak jauh, mencari info lowongan pekerjaan, hingga mencari uang. Ya, mencari uang di internet. Apakah benar bisa mencari uang di internet? Tentu, bisa! Saat ini, mencari uang dengan cara online sudah banyak dilakukan, bahkan tak sedikit yang meraih kesuksesan. Siapa pun dapat menerapkan cara ini, tak terkecuali untuk mereka yang masih awam dengan internet. Selagi ada kemauan, pasti ada jalan.

Peran Internet

Aku merupakan seorang karyawan yang bekerja pada salah satu perusahaan penyedia hosting dan domain di Indonesia. Di sini aku bertugas sebagai customer service sekaligus technical support yang harus menerima permasalahan client dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Awalnya aku ragu dengan pekerjaan ini, sebab aku termasuk orang yang jarang berbicara dengan orang lain, apalagi dengan orang yang belum dikenal. Wajar bila awalnya aku merasa ragu dengan pekerjaan ini. Sebab bekerja sebagai customer service, berarti siap menerima keluh kesah client seputar layanan, baik melalui chat maupun telepon. Mau tak mau, aku harus berbicara dengan orang lain yang belum dikenal.

Walaupun sempat ragu dengan pekerjaan ini, tetapi tidak serta-merta membuatku menyerah. Sebab mendapatkan pekerjaan di bidang teknologi merupakan keinginanku sejak dulu, bahkan sejak kecil. Selain itu, aku juga merasa tertantang untuk membiasakan diri berbicara dengan orang lain yang bahkan tidak aku kenal. Kedua alasan tersebut membuat aku bisa bertahan hingga sekarang. Kini, sudah hampir lima tahun aku menjalani pekerjaan sebagai customer service dan technical support. Banyak hal yang aku dapatkan mulai dari ilmu, kebiasaan baru yang lebih baik, pengalaman, dan masih banyak lagi.

Bekerja selama hampir lima tahun di perusahaan penyedia hosting dan domain, membuat aku sadar akan pentingnya internet. Jika diperhatikan dengan seksama, maka dapat dilihat bahwa internet sudah masuk ke semua sektor kehidupan manusia. Oleh sebab itu, tak heran bila saat ini banyak orang yang menggunakan internet. Di Indonesia saja, penggunaan internet terus naik dari tahun ke tahun. Bahkan, masyarakat di pedesaan yang menggunakan internet juga mengalami kenaikan. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), persentase pengguna internet di pedesaan pada tahun 2016 sekitar 14.23% dan meningkat menjadi 40.32% pada tahun 2020. Tak tanggung-tanggung, kenaikan persentase tersebut terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Penggunaan Internet Terus Meningkat

Meningkatnya jumlah pengguna internet merupakan bukti bahwa peran internet dalam kehidupan manusia sangat penting. Dikatakan penting karena saat ini internet sudah menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan. Menurutku, hal tersebut merupakan salah satu penyebab meningkatnya penggunaan internet di Indonesia. Terlebih, BPS mencatat adanya peningkatan penggunaan telepon seluler yang digunakan oleh masyarakat, sehingga akses internet semakin mudah. Tercatat pada tahun 2020 saja, persentase penduduk yang memiliki/menguasai telepon seluler ada sekitar 62.84%, jumlah tersebut jauh meningkat dibandingkan tahun 2010 yang hanya sekitar 38.05%.

Berdasarkan data dari website resmi Dukcapil Kemendagri, jumlah penduduk Indonesia per tanggal 31 Desember 2021 sebanyak 273,87 juta jiwa. Itu berarti ada sekitar 172,09 juta penduduk yang sudah memiliki telepon seluler. Jika dibuat perbandingan, maka akan didapatkan angka 9 : 6, yang berarti bahwa enam dari sembilan penduduk Indonesia sudah memiliki/menguasai telepon seluler. Fakta tersebut semakin membuka lebar peluang masyarakat untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Sebab dengan menggunakan telepon seluler (smartphone), masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet.

Lalu, apa saja penghasilan yang bisa didapatkan oleh masyarakat dengan menggunakan internet?

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan yang mudah dilakukan dengan menggunakan internet agar masyarakat bisa mendapatkan penghasilan.

Ojek Online

Semua orang yang memiliki motor dan smartphone bisa mendaftar sebagai pengemudi ojek online. Pada dasarnya, bekerja sebagai pengemudi ojek online sama seperti pengemudi ojek pangkalan. Hanya saja, pengemudi ojek online bisa mendapatkan penumpang dengan mudah melalui aplikasi. Semua proses antar-jemput yang dilakukan juga sudah diatur oleh aplikasi, mulai dari harga, titik penjemputan, rute perjalanan, hingga pembayarannya. Hal tersebut bisa memudahkan, baik dari sisi pengemudi maupun penumpang.

Nah, untuk menjadi pengemudi ojek online ini memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Umur minimum 18 tahun dan maksimum 65 tahun.
  • eKTP asli.
  • SIM C/D asli yang masih berlaku.
  • STNK dan SKPD asli dengan pajak yang masih aktif.
  • SKCK asli/legalisir.
  • Rekening bank.
  • Umur kendaraan maksimum 8 tahun.
  • Menggunakan CC < 250cc.
  • Kendaraan 4 Tak.
  • Bukan kendaraan motor tipe Trail, Sport, atau Touring.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar pengemudi ojek online cukup mudah, apalagi pendaftarannya gratis, tentu sangat membantu masyarakat. Dengan bekerja sebagai pengemudi ojek online, masyarakat bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan.

Jualan Online

Menurut NielsenIQ, pada tahun 2021 jumlah konsumen belanja online di Indonesia yang menggunakan marketplace, meningkat hingga mencapai 32 juta orang. Direktur Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri, mengatakan bahwa volume dan nilai transaksi belanja online juga meningkat, terlebih pada hari belanja online nasional (harbolnas). Saat harbolnas, volume transaksi belanja online meningkat hingga 7,4 kali lipat. Sedangkan nilai transaksinya meningkat hingga 56% atau mencapai Rp.18,1 triliun.

Informasi tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Caranya dengan menjadi penjual online atau berjualan online. Ada banyak marketplace yang bisa digunakan untuk berjualan online, dan biasanya marketplace tersebut tidak memungut biaya pendaftaran. Jadi, masyarakat bisa mendaftar sebagai penjual online dengan mudah.

Jualan Online

Jika tidak memiliki produk untuk dijual, maka masyarakat bisa menjadi reseller. Reseller merupakan pihak yang membeli produk dari supplier atau pemasok dalam jumlah banyak agar harganya lebih murah, lalu menyimpan produk tersebut untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu memikirkan produk yang ingin dijual.

Kalaupun masyarakat tidak memiliki modal untuk berjualan, itu bukan suatu alasan untuk tidak berjualan online. Sebab masyarakat bisa mencoba menjadi dropshipper. Dropshipper adalah pihak yang menjadi perantara dari pembeli dan pemasok. Jadi, seorang dropshipper tidak harus memiliki modal untuk membuat atau membeli produk. Hanya bermodal smartphone dan kuota internet, siapa pun bisa menjadi dropshipper.

Youtuber

Pada dasarnya, siapa pun bisa menjadi youtuber. Hanya saja, apakah bisa mendapatkan penghasilan dari youtube tanpa harus mengeluarkan biaya? Proses pendaftaran menjadi youtuber memang gratis, tetapi untuk membuat video dengan kualitas gambar yang tinggi dibutuhkan perangkat pendukung (kamera, dll) yang harganya cukup mahal. Namun, jika dianalisis lebih dalam, kualitas gambar yang tinggi bukanlah hal utama untuk mendapatkan penghasilan dari youtube. Sebenarnya hanya dengan kamera smartphone saja sudah bisa membuat video dengan viewer yang banyak, asalkan video tersebut banyak diminati. Ya, intinya adalah diminati banyak orang.

Percuma membuat video dengan kualitas gambar yang tinggi, tetapi tidak banyak diminati. Maka dari itu, lebih baik membuat video yang sederhana, tetapi banyak peminatnya. Sebab video yang banyak diminati akan mendatangkan banyak viewer dan subscriber. Nah, viewer dan subscriber inilah yang mempengaruhi banyaknya penghasilan dari youtube. Maka dari itu, jadilah youtuber dengan membuat video yang diminati banyak orang. Salah satu contoh youtuber Indonesia yang selalu membuat video dengan sederhana, tetapi banyak peminatnya adalah Alip_Ba_Ta.

Youtuber Indonesia

Alip_Ba_Ta merupakan youtuber yang kontennya menampilkan skill bermain gitar yang luar biasa. Konten yang ia buat hanya menggunakan kamera smartphone, tetapi memiliki viewer dan subscriber yang banyak. Menurut Social Blade, pendapatan dari Channel Alip_Ba_Ta sekitar $912 – $14.6K per bulan. Jika dikonversi menjadi rupiah, maka pendapatan Channel Alip_Ba_Ta sekitar 13 juta – 200 juta per bulan. Sangat menggiurkan, bukan?

Dari sini, kita bisa melihat bahwa kualitas gambar yang tinggi bukanlah hal utama yang harus dimiliki oleh seorang youtuber, melainkan skill mumpuni yang dibutuhkan. Jadi, jika seseorang memiliki skill tertentu, maka ia bisa menjadi youtuber dengan membagikan skill yang dimilikinya. Silakan bagikan kemampuan yang dimiliki melalui video yang diunggah ke youtube. Contohnya: seorang petani bisa membuat video tutorial bercocok tanam yang baik, seorang kuli bangungan bisa membuat video cara olahraga tanpa alat fitnes, seorang mahasiswa bisa membuat video cara menghitung dengan cepat, dan sebagainya. Intinya, siapa pun bisa menjadi youtuber tanpa harus memiliki peralatan yang mahal.

Blogger

Bagi siapa pun yang hobi menulis, sebaiknya tuangkan hobi tersebut melalui sebuah blog. Sebab selain untuk memuaskan hasrat menulis, kegiatan ngeblog juga bisa mendatangkan penghasilan. Seperti yang diketahui oleh banyak orang bahwa blogger bisa mendapatkan uang dari adsense. Blogger dapat mendaftarkan blog miliknya agar bisa bermitra dengan google, sehingga berkesempatan mendapatkan uang dari internet. Cara kerjanya, blog yang sudah bermitra dengan google akan menampilkan iklan yang sudah ditentukan. Nah, jika iklan itu tayang atau diklik oleh pengunjung blog, maka blogger akan mendapatkan imbalan dari google. Cara ini memang cukup sulit karena blog harus memiliki pengunjung yang banyak agar iklan sering ditayangkan dan diklik. Meskipun demikian, tak perlu khawatir karena penghasilan seorang blogger bukan hanya dari adsense saja.

Selain dari adsense, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh blogger untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah dengan mengikuti kompetisi menulis blog. Banyak hal yang bisa didapatkan dari kompetisi blog, seperti dapat melihat kemampuan diri, mendapat pengetahuan karena harus riset seputar tema kompetisi, mendapatkan pengalaman dan teman baru, belajar dari para pemenang, hingga meningkatkan personal branding. Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang blogger selain mendapatkan uang.

Blogger

Jika merasa berat dengan kompetisi blog yang memiliki banyak saingan, maka bisa mencoba cara lain untuk mendapatkan uang. Seorang blogger bisa membuka jasa penulisan review atau content placement pada blog miliknya. Jasa penulisan review sendiri merupakan kegiatan menulis di blog untuk menjelaskan suatu produk tertentu dan mendapatkan bayaran dari produsen produk yang bersangkutan. Sedangkan content placement merupakan publikasi artikel pada blog, yang mana artikel tersebut berasal dari pihak lain. Nah, pihak inilah yang nantinya akan membayar blogger tersebut.

Menjadi blogger bisa dilakukan oleh siapa pun, bahkan bagi mereka yang hanya sekadar ingin berbagi pengalaman. Menjadi blogger juga tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, terkecuali untuk perlengkapan yang dibutuhkan seperti smartphone dan kuota internet. Hanya menggunakan modal tersebut, seseorang sudah bisa menjadi blogger dengan membuat blog pada platform gratisan seperti blogspot atau wordpress. Buruan coba jadi blogger deh, gratis ini!

Jual Foto/Gambar

Siapa pun yang memiliki kemampuan membuat desain gambar, berkesempatan mendapatkan uang dari internet. Bagaimana caranya? Sangat mudah, jual saja hasil desain tersebut di internet. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk menjual desain gambar secara online. Bahkan, bisa juga untuk menjual foto, desain logo, atau animasi. Semua proses jual-beli tersebut bisa berjalan dengan mudah karena dilakukan secara online.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki kemampuan untuk mendesain gambar, masih berpeluang untuk mendapatkan uang dari hasil menjual foto. Sebab, baik atau buruknya sebuah karya itu bersifat subjektif. Bisa jadi, foto yang dianggap buruk malah mendapat penawaran harga yang tinggi. Maka dari itu, jangan ragu untuk menjual foto apa pun di internet (selagi foto tersebut tidak melanggar hak cipta dan tidak melanggar ketentuan yang berlaku pada platform yang dipilih). Salah satu contoh pemuda yang berhasil menjadi miliarder karena menjual foto di internet adalah Ghozali.

Menjual Foto Di Internet

Ghozali berhasil menjual foto selfie wajahnya sendiri yang diambil selama lima tahun berturut-turut. Awalnya, ia hanya memotret wajahnya sendiri untuk membuat video timelapse, tetapi ia juga mengunggah dan menjual foto tersebut di salah satu platform jual-beli NFT. Tak disangka, ternyata foto wajahnya yang dijual pada platform tersebut banyak diminati. Hal tersebut membuat ia berhasil mendapatkan uang hingga miliaran rupiah!

Kejadian yang dialami oleh Ghozali sudah selayaknya dijadikan motivasi agar kita semangat untuk menjual foto/gambar di internet. Sebab Ghozali membuktikan bahwa untuk menjual foto/gambar di internet tidak harus dilakukan oleh fotografer profesional. Siapa pun bisa melakukan hal tersebut, tak terkecuali untuk orang-orang yang tidak memiliki background di dunia seni sekalipun. Itulah salah satu kelebihan internet.

Masalah yang Harus Dihadapi

Meskipun ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet, bukan berarti semua itu dapat dijalankan tanpa hambatan. Masalah pasti selalu ada, demikian juga dengan usaha mendapatkan uang di internet. Setidaknya ada dua masalah besar yang harus dihadapi ketika berusaha mendapatkan uang di internet. Apa saja masalah itu?

1. Malas Belajar

Ada satu masalah klasik yang sering dijumpai untuk mencari uang di internet. Masalah tersebut muncul karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang internet, namun tidak mau mempelajarinya atau malas belajar menggunakan internet. Memang tak dapat dipungkiri, di tengah maraknya penggunaan internet di Indonesia, masih ada kelompok masyarakat tertentu yang belum melek internet. Akibatnya, mereka akan kesulitan untuk mencari uang di internet. Bahkan menggunakan internet saja mereka tidak bisa. Hal tersebut diperkeruh dengan adanya beberapa alasan lain.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada lima alasan utama yang menyebabkan masyarakat tidak menggunakan internet, yaitu:

  • Tidak memiliki perangkat (komputer, gadget) yang dapat terhubung ke internet.
  • Tidak mengetahui cara menggunakan perangkat yang dapat terhubung ke internet.
  • Kuota internet terlalu mahal.
  • Di wilayah tempat tinggal tidak ada sambungan internet.
  • Merasa tidak aman untuk menggunakan internet.
Alasan tidak Menggunakan Internet

Berdasarkan hasil survey dari APJII tersebut, salah satu penyebab masyarakat tidak menggunakan internet adalah tidak mengetahui cara menggunakan perangkat yang dapat terhubung ke internet. Sebenarnya, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan adanya kesadaran untuk mempelajari semua hal yang berhubungan dengan internet. Akan tetapi seperti yang sudah diketahui bahwa masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang malas untuk belajar mengenal internet.

2. Internet Lambat

Hasil survey dari APJII juga menunjukan bahwa 89.03% masyarakat Indonesia menggunakan handphone/tablet untuk mengakses internet. Namun, di sisi lain, dari hasil survey yang sama, APJII juga mencatat bahwa gangguan yang paling sering terjadi saat menggunakan mobile internet adalah koneksi lambat. Selain itu, koneksi internet yang putus-putus juga masih menjadi gangguan yang paling sering terjadi.

Internet Lambat

Masalah ini tentu saja dapat membuat mood seseorang untuk menggunakan internet menjadi berubah. Jangankan mencari uang di internet, untuk browsing di internet saja rasanya sangat malas. Maka dari itu, kecepatan akses internet sangat mempengaruhi penghasilan seseorang dari internet. Bayangkan saja, misalkan kamu seorang pebisnis yang sedang melakukan meeting jarak jauh (online) bersama client penting, tetapi tiba-tiba kamu keluar dari obrolan online tersebut karena koneksi internet terputus, apa yang akan terjadi?

Oleh sebab itu, memastikan kecepatan internet sangat penting untuk menunjang segala aktivitas online yang dilakukan.

Solusi untuk Masalah yang Dihadapi

Setiap masalah tentu memiliki jalan keluar, begitupun dengan masalah yang terjadi ketika mencari uang di internet. Untuk masalah malas belajar, jelas solusinya adalah rajin belajar. Sedangkan untuk masalah koneksi internet lambat, solusinya adalah mencari provider internet yang andal. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah: Bagaimana caranya agar masyarakat rajin mempelajari semua hal tentang internet? Lalu, bagaimana cara mencari provider internet yang andal?

1. Memotivasi Diri

Jika kalian tidak bisa menggunakan internet, maka belajarlah. Dan jika kalian malas untuk mempelajari internet, maka cobalah untuk memotivasi diri sendiri. Tanyakan pada hatimu, untuk apa mempelajari internet? apakah ada manfaatnya? Setelah kamu mendapatkan motivasi untuk diri sendiri, pasti kamu akan tergerak untuk mempelajari internet. Sebagai referensi untuk mendapatkan motivasi, mungkin kamu bisa menyimak cerita yang dialami oleh ibuku.

Awalnya, ibu termasuk ke dalam golongan orang yang tidak melek internet. Bahkan, ponsel yang digunakan juga hanya bisa untuk menelepon dan mengirim SMS saja. Ibu juga pernah menolak smartphone yang aku berikan kepadanya, karena alasan tidak bisa menggunakan smartphone tersebut. Pokoknya saat itu ibu sudah terlalu nyaman dengan ponsel miliknya sehingga tidak mau belajar mengoperasikan smartphone pemberianku. Namun, setelah aku tunjukan beberapa fitur canggih dari smartphone tersebut, akhirnya ibu mau belajar menggunakannya.

Aku bilang kepada ibu bahwa smartphone bisa melakukan panggilan video, sehingga ibu bisa melihat wajah ayah yang ada di luar kota. Dari sini, ibu mulai membuka diri untuk mempelajari teknologi dan internet. Aku juga terus menjelaskan berbagai fitur menarik yang terdapat di smartphone seperti menonton youtube, melihat jalanan yang macet, hingga mencari berbagai resep masakan. Hal tersebut akhirnya membuat ibu mau menerima dan mempelajari smartphone yang aku berikan.

Kini, ibu sudah menjadi orang yang melek teknologi dan internet. Bahkan, beliau sudah memanfaatkan internet untuk mendapatkan uang. Bagaimana caranya? Disela-sela waktu luang, ibu selalu menonton berbagai macam video di youtube. Salah satu video yang sering ibu tonton adalah cara membuat berbagai macam bunga dari plastik. Musabab penasaran, ibu mempraktekan video tersebut dan akhirnya berhasil membuat sebuah bunga plastik yang indah.

Motivasi Mencari Uang Di Internet

Aku yang melihat bunga plastik tersebut sangat terkesima, sehingga muncul ide untuk menjualnya. Awalnya ibu menolak, sebab bunga tersebut dibuat hanya untuk mengisi waktu luang saja. Selain itu juga ibu tidak percaya diri bila harus menjual bunga hasil karyanya itu ke orang lain. Sehingga aku harus membujuk ibu dan meyakinkannya terlebih dahulu agar mau menjual bunga tersebut. Setelah susah payah membujuk dengan berbagai macam rayuan, akhirnya ibu setuju untuk menjual bunga buatannya.

Sebagai percobaan, aku menitipkan 3 bunga plastik buatan ibu di warung pulsa milik bibi. Pikirku, laku ya sukur, tidak laku juga bukan suatu masalah. Tak disangka, ternyata bunga plastik tersebut banyak diminati sehingga ibu harus membuat beberapa bunga plastik lagi. Bahkan, ibu sampai kewalahan untuk memenuhi semua pesanan yang masuk. Alhasil, aku pun harus membantu ibu agar dapat memenuhi pesanan tersebut.

Melihat besarnya minat pembeli bunga plastik, membuat aku memiliki ide untuk menjualnya melalui marketplace. Setelah itu, aku akan mengajari ibu untuk menggunakan marketplace tersebut agar bisa mengurusi toko onlinenya sendiri. Dengan membuat toko online di marketplace, maka target pembelinya semakin luas sehingga ibu bisa mendapatkan uang yang banyak melalui internet.

Cerita yang dialami oleh ibuku ini seharusnya bisa dijadikan pelajaran untuk siapa pun yang benar-benar ingin mendapatkan uang dari internet. Kuncinya hanya satu, yaitu berusaha dengan sungguh-sungguh.

2. Mencari Provider Internet Andal

Perihal permasalahan koneksi internet yang lambat, aku sendiri menganjurkan untuk menggunakan provider internet yang andal. Sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih provider internet. Namun, aku sudah meringkasnya menjadi tiga kriteria. Apa saja itu? Berikut ini kriteria provider internet yang menurutku bisa diandalkan.

  • Cepat
    Jaringan internet yang cepat, tentu saja merupakan solusi utama yang dibutuhkan. Sebab dengan kecepatan akses yang baik, bisa membuat semangat belajar meningkat. Pengguna juga merasa nyaman ketika browsing atau menonton live streaming.
  • Tanpa Batas
    Akses internet yang tidak memiliki batasan bandwidth sangat penting agar kecepatannya tidak menurun. Sebab ada beberapa provider internet yang memiliki batasan bandwidth, sehingga membuat kecepatannya menurun ketika sudah melampaui bandwidth yang sudah ditentukan.
  • Stabil
    Pilih provider internet yang memiliki jaringan stabil, yang tidak terpengaruh oleh cuaca. Sebab koneksi internet pada provider tertentu terkadang mengalami gangguan ketika cuaca buruk. Hal ini jelas sangat merugikan dan membuat kesal pengguna.

Itulah beberapa kriteria untuk memilih provider internet yang andal. Pertanyaannya, apakah ada provider internet yang memenuhi kriteria tersebut? Jelas ada dong! Provider internet andal yang ada di Indonesia ini bernama MyRepublic.

Berkenalan dengan MyRepublic

MyRepublic adalah salah satu perusahaan penyedia layanan internet / Internet Service Provider (ISP) yang berasal dari negara Singapura. Perusahaan ini sudah berkembang pesat sehingga berhasil menjadi ISP terbesar keempat di negara tersebut. Tak heran bila MyRepublic berhasil menduduki posisi itu, sebab MyRepublic merupakan ISP pertama di Singapura yang menawarkan kecepatan hingga 100Mbps dan 1 Gbps yang mengutamakan gaming, streaming, serta downloading. Hal tersebut membuat MyRepublic banyak disukai oleh masyarakat Singapura karena mampu memberikan kecepatan yang tinggi, tetapi dengan biaya yang terjangkau. Bahkan, saat ini MyRepublic sudah melebarkan bisnisnya hingga ke mancanegara seperti New Zealand dan Indonesia.

Di Indonesia, MyRepublic melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan raksasa setempat, yaitu Sinar Mas Group. Kerja sama tersebut menghasilkan sebuah anak perusahaan yang bernama PT. Eka Mas Republik (EMR) yang resmi didirikan pada tanggal 9 September 2015. EMR menyediakan layanan fiber broadband internet dengan kecepatan tertinggi di Indonesia. Jika jaringan 4G memiliki rata-rata kecepatan download sebesar 20 Mbps, maka MyRepublic menawarkan kecepatan download hingga 500 Mbps. Wow!

Internet MyRepublic

Keberhasilan MyRepublic dalam menjalankan bisnisnya tak lepas dari Filosofi yang selalu dipegang teguh sebagai jiwa perusahaan, yaitu MyRep-MyPride. Filosofi tersebut kemudian diwujudkan dalam sebuah konsep luar biasa yang berperan sebagai arah langkah perusahaan, antara lain Winning Concept, Winning System, Winning Team. Apalagi setiap komponen yang ada di dalam ekosistem MyRepublic selalu menjalankan nilai-nilai perusahaan yang mampu membuatnya terus berkembang dengan baik. Nilai-nilai perusahaan yang disebut sebagai PRIDE, akhirnya membuat MyRepublic menjadi pilihan utama di hati masyarakat. PRIDE sendiri merupakan singkatan dari:

  • Positive attitude – Selalu berpikir dan bersikap positif.
  • Respect others – Menghargai sesama dan membina kerja sama.
  • Innovative – Terbuka, kreatif dan terus berinovasi.
  • Deliver the plan – Komitmen pada hasil sesuai rencana.
  • Excellent service – Memberikan pelayanan terbaik.

Visi

Menjadi Aset Kebanggan Bangsa Indonesia.

Misi

  1. Menyediakan jasa layanan Internet dan Pay TV yang cepat dan handal untuk keluarga dan bisnis di Indonesia.
  2. Menjalankan usaha dengan prinsip Green Company and Good Governance.
  3. Memberikan layanan terbaik dan keamanan data kepada para pelanggan.

Mengapa Harus MyRepublic?

Pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pelanggan, yaitu: “Mengapa harus memilih MyRepublic?“. Pertanyaan tersebut sangat lumrah diajukan oleh calon pelanggan agar mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan dalam memilih sebuah jasa, dalam kasus ini adalah jasa internet. Nah, MyRepublic sendiri pastinya memiliki kelebihan yang ditawarkan untuk menarik calon pelanggannya. Setidaknya ada tiga alasan utama yang mengharuskan calon pelanggan memilih MyRepublic, antara lain sebagai berikut.

Internet Cepat
Kecepatan rata-rata untuk mengunduh data pada jaringan 4G LTE hanya sekitar 20 Mbps. MyRepublic menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, yaitu hingga 500 Mbps. Kecepatan internet tanpa lemot yang ditawarkan oleh MyRepublic akan memanjakan pengguna.

Tanpa Batas
Seringnya, penggunaan internet yang cepat hanya berlaku untuk interval bandwidth tertentu. Saat bandwidth tersebut sudah habis, kecepatan internetnya akan menurun. Hal tersebut tidak berlaku untuk MyRepublic yang tidak menerapkan Fair Use Policy (pembatasan penggunaan kuota).

Koneksi Stabil
Saat menggunakan MyRepublic, pengguna akan merasakan koneksi stabil tanpa dipengaruhi oleh cuaca. Hal tersebut dikarenakan penggunaan teknologi Fiber Optik yang akan membuat koneksi menjadi stabil, sekali pun diterjang hujan dan badai yang sedang melanda.

Produk yang Ditawarkan

MyRepublic menyediakan berbagai macam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, pelanggan juga bisa memilih beberapa layanan tambahan (add on) yang telah disediakan. Perihal harga, MyRepublic mematok harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan provider lainnya. Jadi, pelanggan juga bisa memilih layanan sesuai dengan isi kantong. Lalu, apa saja paket layanan yang ditawarkan oleh MyRepublic?

Paket Internet Fiber

Paket yang menjadi andalan MyRepublic adalah Internet Fiber atau Paket Internet Rumah. Paket ini menawarkan lima pilihan, yaitu VALUE, FAST, HYPE, NOVA, dan GAMER. Setiap paket memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, terdapat juga layanan Add-On Internet seperti Magic Wi-Fi, Router Plus, Router Pro, dan IP Public Static V4.

Layan premium ini menggunakan Jaringan PRIMA yang cepat dan stabil, tetapi dengan harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan provider lain. Penerapan koneksi prioritas adaptif juga membuat pelanggan menjadi nyaman karena MyRepublic akan memberikan prioritas lebih tinggi di jam sibuk.

Jika dilihat dari sisi hardware, MyRepublic sudah menggunakan router Technicolor yang merupakan perangkat jaringan terbaik untuk internet fiber (tersedia untuk paket NOVA ke atas). Selain itu, ada satu fakta menarik lagi yang harus diketahui bahwa MyRepublic berhasil menduduki peringkat teratas di Netflix dan Steam. Hal tersebut dikarenakan koneksi internet MyRepublic yang sangat cepat hingga mencapai 300 Mbps.

Paket Internet Fiber MyRepublic

Syarat dan Ketentuan

– Harga sudah termasuk biaya admin.
– Harga sudah termasuk biaya sewa perangkat.
– Harga belum termasuk biaya PPN.
– Harga dan paket berlaku untuk area dan periode tertentu.
– Harga dan paket dapat berubah sewaktu-waktu.
– Sewa STB tambahan Rp.40.000/bln.
– Maksimal 2 STB dalam 1 lokasi.
– Persediaan terbatas.

Paket Combo Internet + TV

Paket Internet + TV ini memungkinkan pengguna untuk menonton apa pun yang disukai, baik lokal maupun internasional. Ada banyak tontonan menarik seperti Film Box Office, drama, sport, lifestyle, kartun hingga siaran edukasi. MyRepublic menghadirkan lebih dari 70 channel dengan kualitas HD maupun SD yang akan memanjakan semua penggunanya.

Terdapat lima paket yang bisa dipilih oleh pengguna, antara lain VALUE COMBO TV 74 CH, FAST COMBO TV 77 CH, HYPE COMBO TV 77 CH, NOVA COMBO TV 77 CH, dan GAMER COMBO TV 77 CH. Selain itu, pelanggan juga bisa merasakan layanan add on yang ditawarkan, seperti Movie, Entertainment, serta Knowledge & Lifestyle.

MyRepublic Kombo Internet dan TV

Syarat dan Ketentuan

– Harga sudah termasuk biaya admin
– Harga sudah termasuk biaya sewa perangkat
– Harga belum termasuk biaya PPN
– Harga dan paket berlaku untuk area dan periode tertentu
– Harga dan paket dapat berubah sewaktu-waktu
– Sewa STB tambahan Rp.40.000/bln
– Maksimal 2 STB dalam 1 lokasi
– Persediaan terbatas

Paket Internet Bisnis SME

Paket ini menyediakan layanan yang bisa disesuaikan dengan skala usaha dan berbagai kebutuhan menggunakan teknologi fiber broadband terkini. MyRepublic menghadirkan kecepatan internet yang simetris dengan perbandingan download dan upload sebesar 1:1. Pengguna juga akan didukung oleh tim customer support berpengalaman yang siap membantu selama 24 jam, sehingga semua masalah yang terjadi dapat diatasi dengan cepat.

Paket bisnis terdiri dari dua layanan, yaitu Paket Internet dan Paket TV. Ada lima Paket Internet, yaitu Business 50, Business 100, Business 300, Businesspro 150, dan Businesspro 500. Semua layanan tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan bisnis yang sedang dijalani. Dengan internet yang cepat dan stabil, tentu saja akan memudahkan semua urusan bisnis yang dihadapi.

Internet Bisnis MyRepublic

Sedangkan untuk paket TV tersedia 74 Channels dan SmarTV+ SOHO dengan kategori Movies, Kids, Entertainment, Music, Knowledge, Religious, News, FTA International, Lifestyle, dan Local TV. Terdapat juga layanan Add-On TV berupa channel Galaxy Premium HD, IMC HD, dan Zee Bioskop HD. Pengguna bisa menonton hiburan tanpa batas dengan menggunakan layanan MyRepublic.

TV Bisnis MyRepublic

Syarat dan Ketentuan

– Layanan dan paket hanya berlaku di area tertentu.
– Harga sudah termasuk sewa perangkat dan biaya admin.
– Harga belum termasuk biaya PPN dan materai.
– Diskon 50% biaya instalasi perdana paket Business 50/100/300 Rp 500.000 ke Rp 250.000, dan paket Business Pro 150/500 dari Rp 2.000.000 ke Rp 1.000.000.
– Perangkat Access Point paket Business Pro 150/500 akan menjadi milik pelanggan setelah 12 bulan.
– Paket dan channel dapat berubah sewaktu-waktu.
– Minimum kontrak 12 bulan. Pemutusan sebelum akhir masa kontrak akan dikenakan penalti sebesar Rp. 1.000.000.
– Gunakan kabel untuk kecepatan maksimal.

Kesimpulan

Peran internet dalam kehidupan sangat penting, salah satunya untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan penghasilan. Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan melalui internet, antara lain menjadi pengemudi ojek online, jualan online, youtuber, blogger, dan menjual foto/gambar secara online. Siapa pun bisa mendapatkan penghasilan melalui internet asalkan berani melawan masalah yang dihadapi.

Setidaknya ada dua masalah yang harus dihadapi oleh para pejuang cuan online, yaitu malas belajar dan internet yang lambat. Masyarakat yang belum melek internet akan dihadapkan oleh rasa malas untuk mempelajari internet, sedangkan untuk yang sudah melek internet pun akan mengalami masalah berupa koneksi internet yang lambat.

Meskipun demikian, para pejuang cuan online tak perlu khawatir. Sebab setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Pun dengan dua masalah di atas. Cara mengatasi rasa malas untuk mempelajari internet adalah dengan mencari tahu motivasi diri untuk meningkatkan rasa semangat. Sedangkan untuk masalah internet lambat, bisa diatasi dengan menggunakan provider yang andal seperti MyRepublic.

MyRepublic menyediakan layanan internet yang cepat dan stabil, sangat cocok untuk dijadikan teman dalam mencari penghasilan di internet. Ada banyak paket yang ditawarkan, mulai dari Paket Internet Rumah, hingga Paket Internet + TV Bisnis. Semua itu bisa dipilih sesuai kebutuhan pelanggan. Internet MyRepublic menggunakan Jaringan PRIMA sehingga bisa tetap cepat dan stabil walaupun cuaca sedang buruk.

Memiliki motivasi yang besar dan jaringan internet yang cepat merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan uang dari internet. Maka dari itu, carilah motivasi diri agar semangat dalam mempelajari internet, serta gunakan layanan dari MyRepublic agar mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

#paketinternetterbaik

#paketinternetrumah

#mudahpakaiprima

#jaringanprima

Sumber

  • https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html
  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021
  • https://apjii.or.id/survei
  • https://kc.umn.ac.id/4023/1/BAB%20II.pdf

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top